Windows 11 Bakal Dapatkan Dukungan Widget Pihak Ketiga

thesilent1.com – NESABAMEDIA.COM – Windows 11 semuanya adalah tentang peningkatan berbasis WinUI dan juga membawa kembali fitur lama bernama Widget, yang mirip dengan gadget yang ada di Windows Vista. Jika anda sebelumnya pernah menggunakan Windows 7 atau Windows Vista, maka anda akan sangat familiar dengan fitur ini.

Sayangnya Widget yang ada di Windows 11 tidak semuanya berbasis yang ada di konsep Windows Vista atau Windows 7. Saat ini, Widgets di Windows 11 tidak bisa disematkan ke desktop dan hanya akan bisa muncul di papan widgets saja. Selain itu, opsi widget yang ada di versi Build Windows saat ini hanyalah sebuah aplikasi Widget dan feed News & Interest.

Sumber nesabamedia.com sebelumnya mengungkap bahwa Microsoft berencana untuk menambahkan dukungan untuk widget pihak ketiga. Ternyata, fitur ini akan disertakan pada Windows 11 versi 22H2. Dukungan widget pihak ketiga akan memungkinkan anda untuk menyesuaikan papan widget sesuai dengan keinginan anda.

Awalnya, Windows 11 versi 22H2 hanya akan mendukung widget pihak ketiga, dengan dukungan pihak ketiga yang diluncurkan ke versi asli sistem operasi nantinya. Perlu dicatat bahwa saat ini belum ditemukan API yang terkait dengan keberadaan widget pihak ketiga tersebut dalam build Pratinjau atau Stabil saat ini. Ini berarti bahwa hadirnya versi pratinjau dari dukungan tersebut masih baru akan ada beberapa minggu atau bulan berikutnya.

Fitur Widget pihak ketiga di Windows 11 akan membutuhkan versi terbaru dari Windows Web Experience Pack dan pengembang akan bisa menerbitkan widget mereka di Microsoft Store. Karena Windows 11 menggunakan Web Experience Packs untuk papan widget, Microsoft juga akan memperkenalkan dukungan pihak ketiga untuk versi lama dari sistem operasi.

Langkah ini secara substansial akan meningkatkan panel Widget, tetapi belum jelas apakah raksasa teknologi itu akan mengizinkan aplikasi yang tidak terdaftar di Microsoft Store. Sepertinya akan banyak pengembang yang mulai bekerja dengan Microsoft pada Widget baru untuk Windows 11, kemungkinan dalam waktu yang sangat dekat karena Microsoft sendiri ingin fitur ini bisa siap sebelum musim panas 2022.

Papan Widget ini akan dipindahkan ke bagian samping layar, sebagai bagian dari pembaruan Sun Valley 2, dan pengguna akan bisa untuk melihat pembaruan cuaca secara langsung di Taskbar, mirip dengan widget News and Interest untuk Windows 10.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.