Tutup Penjualan 2022, Toyota Memimpin Pasar Otomotif Nasional dengan Dukungan Produk Mobil Hybrid

thesilent1.com – Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi, Toyota menutup penjualan tahun lalu dengan volume penjualan sebesar 331.410 unit secara wholesales. Atau naik 12,1 persen dari 2021. Sehingga PT TAM memimpin pasar otomotif Indonesia dengan market share 31,6 persen.

Toyota menilai pertumbuhan ini dipengaruhi oleh kembali pulihnya perekonomian nasional dan adanya peningkatan daya beli masyarakat setelah pandemi COVID-19 yang melanda dua tahun berada dalam kondisi semakin teratasi.

“Sejalan dengan semakin membaiknya perekonomian nasional dan peningkatan daya beli masyarakat, hasilnya memberikan dampak positif terhadap kinerja penjualan industri otomotif, termasuk Toyota,” jelas Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM).

“Hasil ini tentu akan menjadi basis bagi Toyota dalam melakukan pengembangan teknologi yang selaras dengan kebutuhan mobilitas masyarakat serta lebih ramah lingkungan,” komentar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Secara komposisi, penjualan Toyota pada 2022 didominasi segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6 persen.

Beberapa jajaran MPV dan SUV Toyota seperti Toyota Avanza, New Toyota Kijang Innova, dan All-New Toyota Kijang Innova Zenix, serta Toyota Rush masih menjadi pilihan utama masyarakat. Ketiga produk yang disebut terlebih dulu memimpin sebagai mobil paling laku dari Toyota tahun ini.

Hal itu tercermin dari angka penjualan Toyota Avanza pada 2022 yang berhasil mencapai 60.619 unit, meningkat 49 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021 sebesar 40.777 unit.

Apabila digabung dengan Toyota Veloz, angka penjualan Toyota Avanza dan Toyota Veloz mencapai 92.641 unit. Selain itu, Toyota Kijang Innova yang baru saja ditingkatkan generasinya menjadi All-New Toyota Kijang Innova Zenix, berhasil mencatatkan penjualan total 46.933 unit. Jika digabung, total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52 persen pasar MPV nasional.

Segmen kendaraan elektrifikasi juga menunjukkan tren yang semakin positif tahun ini. Total penjualannya secara wholesales telah mencapai 4.463 unit, naik signifikan 130 persen dari 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit.