Teaser Sudah Muncul, Cek Fakta Terkini Toyota Innova Zenix 2023

thesilent1.com

Toyota merilis teaser yang diduga kuat Innova Zenix

Toyota Astra Motor sebentar lagi merilis generasi lanjutan, Innova Zenix 2023, November mendatang. Namanya full model change, sudah pasti seluruh sektor disentuh ulang. Dari informasi dan kasak-kusuk yang perlahan terkuak, akhirnya membentuk sejumlah fakta terbaru. Apalagi pabrikan sudah merilis foto teaser muka terbaru di akun resmi Instagram. Adapun isi teksnya: The Crossing Edge is Coming. Ini penanda segera mengaspal di Indonesia.

Fakta pertama. Toyota menggunakan mesin terbaru bernama Dynamic Force. Kubikasinya sama dengan model lawas 2,0 liter. Namun lewat racikan baru, tenaga jauh lebih kuat. Varian reguler berkode M20A-FKS 1.986 cc, 4 silinder, 16 valve, DOHC. Rasio kompresi 1:13. Kemudian resultan pembakaran empat piston memberi dorongan torsi puncak sebesar 205 Nm di 4.800 rpm. Sedangkan lonjakan daya tersalur 126 kW (172 PS) sejak 6.600 rpm. Efisiensi termal mencapai 40 persen.

Lalu varian hybrid juga sama, menggunakan Dynamic Force seri M20A. Namun ada perumusan sedikit berbeda. Tapi rasio kompresi menjadi 1:14. Lewat sistem pengabutan D-4S, tenaga dihasilkan dari mesin bensin di Innova Zenix Hybrid mungkin berkisar 107 kW (146 PS di 6.000 rpm). Momen puntir maksimal diraih 180 Nm pada 4.400 rpm. Efisiensi termal 41 persen. Spesifikasi ini berdasar Toyota global.

Untuk fakta kedua, distribusi tenaga di seluruh varian, tidak lagi pakai girboks matik biasa, melainkan CVT ke roda depan alias FWD. Kemudian konsumen di Indonesia tidak diberi opsi penyalur manual lima percepatan. Penggunaan transmisi jenis ini sama seperti milik Voxy. Sejauh ini memang tidak ada masalah. Namun, Innova lama merupakan kendaraan serba-bisa yang kuat diajak mengarungi medan terjal di bumi Nusantara. Dengan gerak depan, mesti diuji lebih lanjut.

Di varian atas, Innova Zenix bakal tersemat teknologi keselamatan generasi terbaru (ADAS), Toyota Safety Sense. Sistem mengandalkan sensor dan radar. Terkandung sejumlah fitur keselamatan utama antara lain: Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dan Automatic High Beam (AHB). Terus, T Intouch juga terpasang. Perangkat dapat memberikan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari. Sistem menghubungkan pengguna ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan benefit layanan tertentu. Selain fakta di atas, ada rumor juga soal rentang varian dan harga, sebagai berikut:

Angka itu sebatas estimasi yang banyak bertebaran di jejaring sosial. Tapi biasanya saat rumor dan peluncuran unit anyar Toyota tak berbeda jauh. Tunggu sebentar lagi untuk detail spesifikasi dan komparasi dengan model lain. (Alx/Odi)