SPYSHOT: Porsche Tertangkap Tengah Uji Taycan Versi Ekstrem di Nurburgring

thesilent1.com – NURBURG – Porsche Taycan memiliki performa tinggi sebagai mobil elektrik. Pabrikan tampaknya tak puas. Soalnya mereka kedapatan tengah menguji prototipe yang diyakini merupakan Taycan dengan performa lebih tinggi. Berbeda dengan model sebelumnya, ia mendapatkan peningkatan aerodinamika melalui pengubahan desain dan penambahan komponen.

Mobil tersebut tampak sedang dijajal di trek di Nurburgring, Jerman oleh Lars Kern, driver pabrikan Porsche. Di mana secara desain punya profil lebih rendah dari Taycan yang dijual saat ini. Meski tampangnya tertutup sedikit jubah kamuflase, terlihat bumper diubah. Sedikit menggemuk di bawah dan memiliki sirip vertikal di samping. Ini tentunya akan mempengaruhi aerodinamika dan downforce. Sementara di belakang terpasang spoiler masif.

Kabinnya sendiri masih terkover rapat, hanya terungkap roll cage dan jok racing yang dugaannya dipasang untuk kebutuhan pengujian saja. Kemudian di samping tampak sistem pengereman lebih mumpuni, dugaannya berbahan keramik karbon yang mempunyai ketahanan panas tinggi. Ia diapit kaliper besar berwarna kuning menonjol di balik velg opsional 21 inci Cross Turismo yang dapat ditemukan pada Porsche Tecquipment.

Lantas apa yang bakal didapatkan pembelinya? Rumornya jantung mekanis terbenam bakal menghasilkan tenaga mencapai 1.000 hp. Artinya catatan waktunya bakal lebih cepat dari Taycan Turbo S yang dijual duluan. Di mana secara data Turbo S mengandalkan motor elektrik ganda berpenggerak all-wheel drive yang mampu menghasilkan 751 hp dan torsi 1.050 Nm. Kemampuan melesat dari posisi diam ke 100 kilometer per jam tercatat hanya 2,8 detik dengan kecepatan puncak 260 kilometer per jam.

Tak hanya Taycan berperforma lebih tinggi, Porsche sebenarnya juga tengah menyiapkan facelift Taycan versi sedan maupun wagonnya. Kedua unit tersebut turut tertangkap kamera tengah diuji di jalan. Ubahannya sendiri kemungkinan minor pada rupa luar. Meski dalam spyshot keduanya memakai sepatu berbeda. Tapi perangkat tersebut sudah tersedia di layanan personalisasi. Tepatnya 20 inci Sport Aero untuk versi sedan dan 20 inci Taycan Turbo Aero untuk unit wagon.

Antisipasinya terjadi peningkatan pada performa maupun teknologi tertanam, seperti software yang mengatur kendaraan. Seperti diketahui sebelumnya, Porsche pada awal tahun telah melakukan pembaruan perangkat lunak untuk meningkatkan pengaturan termal dan mengizinkan Taycan dapat dicharger lebih sering dalam waktu singkat.

Terlepas dari itu, publik baru bisa melihat wujud aslinya pada awal 2024, sebelum masuk generasi berikutnya pada 2027.(MUHAMMAD HAFID / WH)

Sumber: Autocar