SOIna: Pemerintah berperan beri ruang bagi atlet berkebutuhan khusus

thesilent1.com – Ketua Umum Special Olympics Indonesia (SOIna) Warsito Ellwein menilai peran semua pihak, tak terkecuali pemerintah, kepada para atlet bertalenta khusus (disabilitas intelektual), penting guna memberikan mereka ruang dan kesempatan untuk berjaya di bidang olahraga.

“Penting bagi kita semua untuk memberikan ruang seluas-luasnya kepada anak-anak bertalenta khusus untuk berprestasi,” kata Warsito di sela Gala Dinner dan Charity SOIna di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Warsito mengatakan keikutsertaan para atlet ini di ajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin, Jerman, pada 17-25 Juni mendatang, diharapkan mampu didukung penuh oleh pemerintah dan masyarakat.

“SOWSG merupakan sebuah momen. Momentum ini dipakai untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak dan mendukung mereka agar dapat berprestasi di Indonesia dan dunia. Untuk itu, kami membawa tema ‘Akulah Bintang Dunia’ pada malam ini,” ujarnya.

Sependapat, Ketua Dewan Pembina SOIna Ganjar Pranowo mengatakan acara penggalangan dana ini dapat memberikan semangat para atlet yang akan berkompetisi di SOWSG Berlin.

“Tugas kita adalah pastikan anak-anak kita bisa berangkat dan sampai di sana. Bagaimana pengurus SOIna juga siap dengan segala cara agar mereka bisa berangkat dan memberikan kebanggaan untuk dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat Indonesia sebagai supporter,” kata Ganjar.

“Semoga banyak cerita dan semangat untuk kita semua, banyak cerita yang menyentuh, dan betapa hebatnya mereka jika kesempatan itu diberikan,” imbuhnya.

Sementara itu, malam penggalangan dana yang digelar di Museum Nasional Jakarta turut dihadiri oleh sejumlah petinggi negara. Beberapa di antaranya adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas.

Sebagai informasi, Special Olympics sendiri merupakan gerakan yang berusaha memberikan kepada anak-anak bertalenta khusus atau disabilitas intelektual untuk turut mengharumkan nama bangsa melalui olahraga.

Kontingen Indonesia sejauh ini telah menorehkan berbagai prestasi di ajang SOWSG selama bertahun-tahun. Beberapa di antaranya adalah di tahun 2007, 2011, 2015, dan 2019.