Siapkan Berbagai Strategi, Hankook Siap Raih Target Positif Tahun Depan

thesilent1.com – Pasar ban Tanah Air yang ramai pemain, tak hentikan PT Hankook Tire terus optimis. Mereka menargetkan penjualan domestiknya tumbuh 10 persen pada 2020. Berbagai strategi pun dilakukan serta disiapkan pabrikan ban asal Korea Selatan itu.

Langkah signifikan, didirikannya PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI). Perusahaan yang masih satu atap dengan PT Hankook Tire Indonesia (HTI) ini, memfokuskan bisnisnya pada pendistribusian. Siasat ini tentunya bisa membantu Hankook dalam mencapai target yang dicanangkan. Lantaran Hankook bisa memahami keinginan pelanggan lebih baik.

“Tahun ini ada perubahan dari segi perusahaan. Kami memisahkan diri dari manufacturing, jadi Hankook Tire Sales Indonesia. Untuk strategi tetap sama seperti tahun lalu, kami terus maintain konsumen,” ucap Apriyanto Yuwono, National Sales Manager Hankook Indonesia di Jakarta, Selasa (17/12).

Banyaknya varian yang ditawarkan, diyakini dapat menggairahkan minat pasar. Berangkat dari pemikiran itu, Hankook turut menawarkan banyak produk. Awal tahun ini saja, sudah meluncurkan banyak model anyar, seperti Ventus Prime3, Kinergy Eco2, Optimo, Dynapro AT2 dan Dynapro MT2. Mereka ditujukan untuk segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), yang tengah digemari masyarakat. Pasar Sport Utility Vehicle (SUV) pun tak luput dari perhatian, dengan menelurkan Dynapro AT2 (all-terrain). Ban ini merupakan pengembangan dari tipe Dynapro AT yang lebih dulu dipasarkan. Seluruh ban ditawarkan dalam berbagai ukuran.

Apalagi Hankook memprediksi adanya perubahan tren pemilihan dimensi ke depan. Menurut Apriyanto, penjualan sebelumnya lebih dikuasai 14 dan 15 inci. Tahun depan cenderung lebih besar, 17 inci ke atas. Ini disebabkan banyak faktor, mulai dari berkembangnya segmen SUV dan ramainya dunia modifikasi. Banyak pemilik mobil yang tertarik mengubah penampilan tunggangannya, terutama kaki-kaki. “Penjualan tahun depan bisa 35 persen ukuran ban 14 inci ke bawah, 35 persen 15 inci sampai 16 inci, dan 30 persen 17 inci ke atas,” ungkapnya.

Upaya lainnya, mendekatkan diri dengan pembeli melalui jaringan yang tersebar luas. Saat ini Hankook memiliki 22 distributor resmi di seluruh Indonesia. Tak hanya di area barat, daerah di timur seperti Papua dan Ternate juga sudah terkover. Konsumen jadi semakin mudah menjangkau produk.

Sebagai informasi, pabrikan karet hitam ini memiliki kemampuan memproduksi ban hingga 11-12 juta unit per tahun. Sebagain besar atau 90 persennya diklaim sebagai barang ekspor ke beberapa negara. Sementara sisanya ditujukan untuk domestik. (Hfd/Tom)