Short Escape Ke Malaysia Bareng Temen? Cek Rincian Budget Liburannya Disini!

thesilent1.com

Malaysia, Destinasi Yang Cocok Untuk Pemula Sepertimu

Saat ini berwisata ke Luar Negeri adalah hal biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bukan tidak tertarik dengan keindahan alam yang dimiliki oleh Nusantaranya sendiri, namun itu dilakukan karena semata-mata ingin mencari tantangan baru.

Dengan berlibur ke Negara orang akan melatih kita untuk meghargai culturenya, memperoleh pengetahuan, serta belajar mandiri. Cara orang berpergian ke luar negeri pun berbeda-beda, ada yang menggunakan travel tour maupun solo traveling.

Namun jika ingin merasakan challange yang lebih, ada baiknya untuk memilih berpergian tanpa travel tour. Karena sensasi liburannya berasa dan tantangannya dapet banget. Apabila kamu seorang pemula dan ingin mencoba berlibur ke negara lain, mungkin bisa mencoba ke Malaysia dulu.

Selain karena jaraknya yang dekat, culture di Malaysia juga tidak terlalu berbeda jauh dari Indonesia. Karena mayoritas warga disana pun muslim, untuk mendapatkan makanan halal pun tidak akan sulit. Cost life di Malaysia pun tidak begitu jauh dengan di Jakarta.

Solo traveling di Malaysia pun tidak ada masalah, karena jalanan disini mudah di akses. Namun, jika dirasa kurang berani dan merasa kosong, ajaklah serta teman2mu untuk ikut berlibur. Dengan begitu, budget liburan akan lebih hemat.

Cek Kira-kira Berapa Budget Kebutuhan Liburanmu Nanti

1. Transportasi: Jika berasal dari Jakarta, ada beberapa maskpai yang bisa dipilih dari mulai airlines budget hingga premium. Untuk pemula sepertimu, pilihlah maskapai budget saja untuk menghemat pengeluaran. Contohnya ada Malindo Airways dengan tarif sebesar 399rb, itu berarti PP hanya 800ribu kurang.

2. Akomodasi: Kuala Lumpur adalah salah satu kota yang sering di kunjugi wisatawan. Budget untuk menginap di kota ini berkisar antara 100ribu-300ribu. Untuk 3 Hari 2 Malam, berarti kamu harus menyiapkan kocek sekitar 300ribu.

3. Transportasi Lokal: Untuk berkeliling Kuala Lumpur atau mengunjungi beberapa kota lainnya, kamu bisa mengandalkan transportasi umum yang ada. Sistem transportasi di Malaysia juga sudah cukup terintergrasi dan tepat waktu. Anggaran untuk menaiki beberapa transportasi umum disini mungkin kamu akan menghabiskan uang sebanyak 200ribu.

4. Konsumsi: Karena harga makanan di Malaysia tidak begitu jauh dengan di Indonesia, budget untuk konsumsi selama liburanmu cukup terjangkau. Sekali makan kamu bisa cukup mengeluarkan kocek sekitar 10ribu-20ribuan saja. Sehingga jika dihitung satu harinya mungkin sekitar 100ribu dan ditotal selama 3 hari adalah 300ribu.

5. Tempat Wisata: Sebelumnya, kamu harus bikin daftar dulu, kira2 tempat mana saja yang akan dikunjungi selama disana. Dengan begitu, kamu sudah bisa menyiapkan kira2 berapa budget yang harus dipersiapkan. Untuk poin ini mungkin kamu bisa menyiapkan dana sekitar 150ribu.

Sehingga jika ditotal, kebutuhan liburan ke Malaysia ditaksir akan menghabiskan anggaran sekitar 1,750juta saja. Rincian diatas masih perhitungan kasar dan mungkin ada tambahan lainnya,namun setidaknya dengan budget segitu pun kamu bisa berangkat.

Menginap Di Kawasan Ini, Dompet Aman!

• Bukit Bintang: Kuala Lumpur merupakan salah satu kota yang menjadi pusat keramaian, sehingga banyak sekali penginapan2 yang berjejeran. Salah satu kawasan yang bisa dikunjungi adalah Bukit Bintang ini adalah lokasi paling favorit untuk para backpacker. Lokasinya dekat dengan akses transportasi, tempat wisata, pusat kuliner, hingga belanja. Beberapa yang paling recommended ada Classic Inn, Oscar Guest House, dan Sunshine Bedz KL.

• China Town: Kawasan China Town juga banyak nih dipilih oleh para pelancong, tepatnya di lorong Jalan Petaling Street. Disini pilihan dan jenis penginapannya cukup bervariasi. Wilayah ini juga dekat dengan Terminal Bersepadu Selatan serta tempat2 makan. Ada Hotel China Town Inn, Allexis Hotel, dan juga Matahari Lodge.

• Sentral: Berikutnya kamu juga bisa mengunjungi kawasan Sentral. Disini juga banyak sekali akomodasi aman, nyaman, dan terjangkau untuk dipilih sebagai tempat bermalam. Tarif per malamnya mulai dari 150ribu-300ribu. Kamu bisa melihat beberapa review dari hotel seperti Pod’s The Backpacker Home KL, Briekfields Park Hotel, dan Hotel Grand Crescent.

• Batu Caves: Batu Caves merupakan salah satu kawasan yang banyak terdapat juga berbagai penginapan murah. Walaupun harganya murah2 namun fasilitas yang diberikan cukup lengkap lho. Untuk bisa menginap disini, kamu hanya perlu menyiapkan kocek minimal 150ribuan saja per malamnya.

Jangan Khawatir, Kamu Bisa Pakai Ini Untuk Keliling KL

1. LRT: Kereta ini juga sering digunakan oleh para wisatawan untuk menjelajah Kuala Lumpur. Jalur yang digunakan oleh LRT ini ada dua yaitu Kelana Jaya dan Sri Petaling atau Laluan Ampang. Jalur LRT dan KL Monorail ini sudah terintegrasi sehingga cara menggunakan dan mendapatkan tiketnya pun sama.

2. KLIA Express: Kereta ini terdiri dari dua jenis yaitu KLIA Airport Express dan KLIA Transit. Sesampainya di Ariport, kamu bisa menggunakan transportasi ini untuk menuju KL Sentral. Setelah sampai di KL Sentral, lanjutkan perjalanan menggunakan KL Monorail atau LRT.

3. MRT: Tak berbeda jauh dengan tiga transportasi diatas, MRT nya Kuala Lumpur ini juga bisa kamu manfaatkan untuk keliling kota. Namun, jalur yang tersedia saat ini baru ada satu yaitu MRT Sungai Buloh-Kajang. Penggunaan dan tata cara pembelian tiketnya pun sama dengan LRT dan KLIA.

4. Bus Go-KL: Sebagai seorang pelancong cerdas, kamu harus bisa memanfaatkan fasilitas yang ada, salah satunya adalah Bus Go-KL. Kamu bisa menggunakan Bus ini secara gratis untuk menjelajah Kuala Lumpur, karena transportasi ini memang dikhususkan untuk wisatawan. Sebelum naik, pelajari dulu petanya yang ada di Halte Bus Go-KL.

Lakukan Tips Ini Agar Liburanmu Tidak Boros

• Walaupun penginapan murah di KL jumlahnya banyak, namun untuk bisa mendapatkan harga paling kompetetif, kamu bisa memilih jenis Dormitorty sebagai tempat bermalammu. Solusi ini adalah salah satu yang sering dipilh oleh para backpacker. Bahkan jika beruntung, kamu bisa mendapatkan dormitory dengan tarif per malam di bawah 100ribu.

• Membeli cinderamata atau oleh2 untuk orang-orang dirumah adalah hal yang wajar dan selalu dilakukan oleh setiap wisatawan. Jika berbelanja oleh2, pastikan kalau kamu membelinya dengan harga terjangkau. Belilah oleh-oleh ditempat grosiran, contohnya di Central Market dan China Town. Disini kalian bisa tawar-menawar harga, sehingga memungkinkan kamu membeli oleh2 banyak dengan kocek yang murah.

• Saat berkunjung ke KL, jangan melulu ingin makan ditempat2 mahal dan mewah. Sesekali pergilah ke pinggiran jalan untuk menikmati street food. Street food KL itu enak2, murah, dan higienis kok. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat seperti food truck di area Petronas, street food di China Town, dan food court di Central Market.Tak lebih dari 25ribu, kamu bisa makan enak dan kenyang disana.

• Membawa botol minum adalah salah satu tips wajib jika berkunjung ke negara yang menyediakan water tap. Bawalah botol minum dalam kondisi kosong dari rumah, sehingga sesampainya di Airport kamu bisa langsung mengisinya. Begitupun jika kamu sedang jalan2 dan kehabisan minum, langsung saja menuju water tap yang ada di tempat2 umum.

Ternyata liburan ke luar negeri itu tidak semahal yang dibayangkan kan? Jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat, dikhawatirkan ada pengeluaran tak terduga selama liburan.