Sandiaga Uno Ungkap Ada 3 Tren Bisnis yang Dipercepat Akibat dari Pandemi Covid-19

thesilent1.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkap bahwa digitalisasi, data revolusi dan kesehatan menjadi tren yang dipercepat dengan adanya pandemi Covid-19. Sandi melihat, kedepannya ini akan menjadi tren besar di masa depan.

Sandi melihat bahwa UMKM di bidang pangan sedang sangat menggiurkan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi, orientasi kewirausahaan dengan proaktif serta adaptasi agar UMKM dapat mampu bertahan.

Dalam video YouTube bertajuk “Membangun Bisnis yang Tahan Banting | Festival UMKM kumparan”, Sandi mengajak anak muda untuk mengambil kesempatan ini dan tidak menyia-nyiakan peluang.

“Cari peluangnya dan cetaklah pemenang,” ujar Sandi.

Sandi menuturkan bahwa di tengah krisis 1997-1998, bersama sahabat-sahabatnya, Sandi membangun usaha yang hari ini bisa mencetak 30.000 lapangan pekerjaan. Sandi pun menyarankan agar orang-orang yang baru memulai usaha, berjualanlah di ekosistem yang dimiliki saat ini, seperti WhatsApp Group keluarga, teman-teman sekolah dulu dan perkumpulan lainnya. Dengan demikian, kita harus saling membantu dan saling peduli.

Kemudian, mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus beradaptasi dengan kondisi yang sekarang. Bisa dengan memulai jualan dengan open pre-order agar cashflow berjalan.