Riset Nansen: Investor Pemula Beli Token SHIB

thesilent1.com – Nansen, perusahaan analisa data on-chain, mengungkap mayoritas investor pemula dari berbagai negara memilih untuk beli token SHIB sebagai aset kripto pertama.

Nansen menerbitkan laporan yang menyatakan investor pemula telah membeli Shiba Inu sebesar US$56 juta sejak tahun 2022, dilansir dari Watcher Guru.

Investor Pemula Suka Beli Token SHIB

SHIB mengalahkan Bitcoin (BTC), aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. Ether (ETH), aset kripto yang mengusung smart contract, tidak mampu menyaingi popularitas Shiba Inu.

SHIB telah dibeli oleh 12 ribu alamat baru yang digolongkan sebagai investor pemula pertama kali. Sebab itu, SHIB adalah token yang paling sering dibeli investor pemula sebelum mengkaji industri kripto dengan lebih seksama.

Mayoritas investor kripto baru memilih SHIB dikarenakan harganya yang dipandang murah meriah serta dapat dibeli melalui bursa-bursa kripto terpopuler.

SHIB diperdagangkan pada harga kurang dari satu sen, yakni US$0,000012 menurut data CoinGecko. Hal tersebut membuat SHIB menjadi salah satu token termurah di seluruh pasar aset kripto.

Volume perdagangan SHIB sebagian besar terjadi melalui bursa desentralistik Uniswap dan Shiba Swap, dengan pasangan perdagangan wrapped Ether (WETH) dan SHIB.

Investor yang merogoh kocek US$10 dapat membeli hampir satu juta token SHIB sehingga investor merasa memiliki simpanan yang besar. Tetapi, SHIB kini telah merosot 85,9 persen dari harga tertinggi yang dicapai pada bulan Oktober 2021.

Selain itu, token Shiba Inu sering menjadi sorotan media sehingga menarik bagi investor pemula yang masih mempelajari industri kripto. Kanal media mainstream meliput soal SHIB dan membuat investor pemula ingin terlibat dalam pergerakan harga kripto memecoin tersebut.

Semasa bull run pasar kripto tahun 2021, kisah investor SHIB dengan modal awal US$1 ribu yang lalu menuai cuan besar menjadi anekdot yang mampu menarik investor untuk berkecimpung di industri kripto.

Sebab itu, mayoritas investor baru memilih SHIB dikarenakan harganya yang sangat rendah. Investor SHIB meyakini, bila token tersebut berhasil mencapai harga US$0,01, simpanan SHIB mereka dapat bernilai jutaan dolar AS.

Tetapi, agar harga SHIB mencapai US$0,01 membutuhkan usaha yang hampir mustahil. Burning atau pemusnahan token SHIB pun belum berhasil memberikan dampak yang besar terhadap harga SHIB. [ed]