Ridwan Kamil Masuk Golkar, Pacul PDI-P: Tak Usah Komentari Rumah Tangga Orang

thesilent1.com – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI-P Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengaku tak bisa berkomentar soal merapatnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Partai Golkar .

Menurut dia, hal ini tak bisa dikomentari lantaran merupakan hak setiap warga negara untuk memilih partai politik.

“PDI-P itu kalau ada tokoh gabung ke partai itu hak tokoh tersebut, kan begitu lho. Kalau saya komentari pergabungan itu berarti komentari rumah tangga orang, rumah tangga Golkar,” kata Pacul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Untuk itu, Pacul mempersilakan siapa pun memilih dan bergabung dengan partai politik pilihannya.

Ia menegaskan, PDI-P tak akan mengganggu rumah tangga partai lain.

“Bahwa dulu RK juga bareng sama Nasdem ya monggo, sekarang mau bareng sama Golkar ya Monggo kan begitu. Jadi tidak usah kita komentari rumah tangga orang,” ujar dia.

Pacul kemudian mengingatkan bahwa kewenangannya untuk berkomentar yaitu seputar kebijakan publik.

Terlebih, soal hukum dan keamanan yang menjadi tugas pokok dan fungsinya sebagai Ketua Komisi III DPR.

“Kecuali kalau ada kebijakan publik yang menggangu, nah ini boleh (berkomentar) boleh tanya saya, apalagi kalau pelanggaran UU ya,” ujar Pacul.

Ridwan Kamil diumumkan sebagai kader Golkar pada Rabu sore nanti.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily menyatakan, Ridwan dijadwalkan bertemu Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar Rabu sore.

“Insya Allah nanti mungkin Pak Emil akan menyampaikan sikapnya bergabung dengan Partai Golkar. Soal apa alasan beliau (gabung Golkar) nanti bisa ditanyakan,” kata Ace di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.