Potensi Ganjar Diusung Capres oleh KIB, Zulhas: Sangat Prospek

thesilent1.com – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki prospek untuk diusung menjadi capres tahun 2024 oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Hal ini diungkapkan Zulkifli Hasan ketika menemui pengacara kondang Hotman Paris Hutapea di kawasan Kepala Gading, Jakarta, Sabtu (3/12/2022).

“(Pengusungan Ganjar oleh KIB), prospek. Sangat prospek,” ucap Zulkifli Hasan sambil tertawa, Sabtu.

Pria yang karib disapa Zulhas ini mengungkapkan, nama Ganjar Pranowo sudah diputuskan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPW) PAN Jawa Tengah saat melangsungkan acara peluncuran bakal calon legislatif (Bacaleg) PAN se-Jawa Tengah di Kota Semarang.

DPW PAN Jawa Tengah sepakat untuk merekomendasikan Ganjar sebagai capres. Kesepakatan ini kemudian disampaikan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

“PAN Jateng itu sudah memutuskan, putus satu calon yaitu Pak Ganjar capresnya. KIB, Belum (memutuskan). Jawa tengahnya sudah putus Ganjar,” ucap Zulhas.

Kemudian, usulan atau aspirasi DPW PAN Jawa Tengah ini disampaikan Zulhas kepada KIB.

“Nanti di DPP akan diputuskan. Setelah itu kita kan ke KIB dong, (kita bilang), ‘KIB ini ada aspirasi begini, gimana?’ Gitu,” jelas dia.

Sebelumnya, Zulhas mengaku mempertimbangkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) yang diusung KIB. Apalagi menurutnya, nama Ganjar unggul di semua survei.

Pertimbangan untuk mendapat Ganjar sebagai Capres ini juga bertujuan untuk menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) lewat KIB.

“Tentunya DPP PAN akan mempertimbangkan dengan cermat aspirasi tersebut, apalagi memang hasil sejumlah survei Gubernur Jateng Ganjar Pranowo itu selalu menempati posisi teratas 3 Capres 2024,” ujar Zulhas.

Tak hanya Ganjar, ia pun akan mempertimbangkan nama-nama lain, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Erick diketahui kerap hadir di acara-acara PAN.

Pria yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan RI pun mengakui, nama Erick Thohir mencuat sebagai Cawapres di DPW PAN untuk Pilpres 2024.

“Nama Erick Thohir sebagai cawapres 2024 juga mengemuka di sejumlah DPW PAN dan selalu nyantol namanya pak Erick, kami pertimbangan matang semuanya,” tukas Zulhas.