PM Malaysia Anwar Ibrahim: Kalau Mau Kaya, Jadilah Pengusaha, Bukan Menteri

thesilent1.com – Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim pada Minggu (22/1/2023) menegaskan, pemerintahnya akan selalu memastikan tata pemerintahan yang baik dengan menghindari korupsi.

Anwar menjamin sumpahnya memberantas korupsi saat pidato acara open house Tahun Baru Imlek yang diselenggarakan Balai Pertemuan Tionghoa Kuala Lumpur dan Selangor (KLSCAH).

Dia mengatakan, semua pihak dalam pemerintahnya yang bersatu telah diberikan instruksi jelas tentang hal tersebut.

“Kami membuat aturan yang jelas–jika ingin kuat (stabil) dan mendapat dukungan rakyat, pemimpin harus menolak korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan,” ujarnya, dikutip dari Minggu (22/1/2023).

“Dalam hal ini saya tegas, kalau mau kaya, keluarlah jadi pengusaha, bukan menteri; karena jika Anda melakukannya (kaya dengan jadi menteri), negara akan hancur,“ tambahnya.

Anwar melanjutkan, dalam kaitannya ia memperkenalkan program Malaysia Madani.

Ia yakin potensi besar Malaysia hanya bisa dioptimalkan jika prinsip integritas ditegakkan dan tidak ada praktik korupsi, kemudian para pemimpin atau menteri tidak berlomba-lomba mengumpulkan kekayaan.

“Malaysia adalah negara kaya dengan segudang kemampuan, tapi jika kepemimpinannya masih dengan cara lama, negara akan hancur.”

“Namun, selama dua bulan ini, saya melihat semua menteri secara konsisten menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik–tidak ada korupsi dalam urusan dan administrasi kementerian masing-masing,” imbuhnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.