Performanya Pantas Dilirik, Chery Tiggo 8 Pro Bisa Senggol Fortuner

thesilent1.com – BANDUNG – Chery telah memperkenalkan dirinya untuk kembali ke pasar Indonesia, pada awal tahun ini. Kini mereka sedang dalam persiapan meluncurkan model andalannya, yaitu Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Tapi, akan ada perbedaan untuk Tiggo 8 Pro saat diluncurkan nanti.

Saat pertama diperkenalkan, Tiggo 8 Pro dibawa versi dengan mesin 1.6 liter turbo. Namun baru-baru ini PT Chery Sales Indonesia (CSI) justru menghadirkan Tiggo 8 Pro bermesin 2.0 liter turbo, bersamaan dengan agenda media test drive yang kami ikuti. Masuk ke segmen apa nantinya SUV (sport utility vehicle) ini?

“Ada perubahan strategi yang tadinya 1.6 turbo dulu. Sekarang kami hadirkan yang 2.0 dulu, 1.6 turbo nanti menyusul. Produk ini memang unik. Kami menawarkan sesuatu yang unik kepada konsumen dibandingkan produk yang sudah eksis di market. Mesin bertenaga tapi punya desain yang fashionable. Sementara yang ada sekarang ini, yang diesel memang betul punya performa tapi fashionable-nya belum ada. Nah ini mengakomodir keduanya, itu yang coba diambil Tiggo 8 Pro,” tutur Irwan Nugraha, Product Manager CSI saat ditemui di Bandung, hari Rabu (19/10).

Tiggo 8 Pro 2.0 TGDI (turbo gasoline direct injection) ini bisa dibilang tak ada lawan. Dalam artian, tidak ada pesaing yang menawarkan mesin serupa dengan bahan bakar bensin. Apalagi dengan embel-embel premium. Bak memicu segmen baru. Data spesifikasi mesinnya, menghasilkan tenaga 250 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 390 Nm pada 1.750 – 4.000 rpm. Torsinya besar untuk ukuran mobil bensin.

Misalnya diadu dengan Hyundai Santa Fe 2.5 liter (varian bensin), Tiggo 8 Pro 2.0 unggul catatan performanya. Lebih pas dijajarkan dengan Santa Fe 2.2 diesel yang punya tenaga 199 hp dan torsi 441 Nm. Begitu juga dengan Fortuner bensin dengan kapasitas 2.694 cc tanpa sokongan turbocharger. Menghasilkan tenaga maksimal 160 hp dan torsi puncak 242 Nm. Sedang untuk diesel diwakili Fortuner 2.8 VRZ, resultan daya 200 hp dan momen puntir maksimal 499 Nm.

“Kami kan datang belakangan, jadi mau coba challenge dengan menawarkan SUV premium plus hal unik itu tadi (performa-red). Kalau misal kami menawarkan yang sama saja, itu tidak akan menarik bagi customer,” imbuh Irwan.

Tiggo 8 Pro 2.0 TGDI mengandalkan transmisi dual clutch 7-speed untuk mengirim daya ke penggerak roda depan. Kombinasi mesin dan transmisi, menjanjikan tarikan yang responsif. Pihak pabrikan mengklaim figur akselerasi, butuh 7 detik untuk menyentuh 100 km/jam dari kondisi diam. CSI juga menyebut bobot mesin tergolong ringan. Meskipun tidak dipaparkan berapa angkanya.

Bicara soal performa, Tiggo 8 Pro 2.0 TGDI jelas bisa jadi ancaman bagi Toyota Fortuner. Maupun bagi SUV dengan monokok sekelas lainnya. Apalagi dari segi harga. Meski belum diluncurkan produk dan banderolnya, Tiggo 8 Pro bermesin 2.0 turbo diprediksi bermain di angka Rp 500 – 560 jutaan dan punya tawaran dua varian. Sementara harga Toyota Fortuner 2.7 GR Sport Rp 588,65 juta dan varian 2.8 VRZ ditawarkan Rp 606 juta.

Belum lagi imbuh banyak fitur serta nuansa premium dari Tiggo 8 Pro. Termasuk di antaranya fitur safety dengan ADAS (advanced driver assistance systems), wireless charger, pengaturan kursi depan elektrik, panoramic sunroof, cluster instrumen digital dan power tailgate.

“Chery percaya dan yakin bahwa Tiggo 8 Pro dengan teknologi yang dirancang melalui riset yang mendalam mampu menjawab kebutuhan pasar premium yang terus mencari kesempurnaan pengalaman berkendara. Baik dari sisi fungsi maupun lifestyle. Di sinilah Chery hadir dengan berbagai inovasi teknologi, salah satunya teknologi 2.0T GDI yang mampu mewujudkan kemewahan dari kecanggihan performa mesin yang bertenaga,” ujar Tao Yong, President Director PT Chery Sales Indonesia.

Rencananya, Chery Tiggo 8 Pro dan 7 Pro bakal meluncur berbarengan dalam waktu dekat. Belum dibeberkan kepastian tanggalnya. Pantau terus informasinya di .com.(ARDIANTOMI / WH)