Perebutan gelar tim terbaik Free Fire dimulai

thesilent1.com – Perusahaan pengembang dan penerbit game Free Fire, Garena, resmi memulai turnamen Free Fire Master League (FFML) Season 7, Jumat.

Sebanyak 18 tim esports Free Fire terbaik akan bertarung dalam kompetisi esport tertinggi di Indonesia itu dengan skema dan tantangan baru.

Dalam keterangan tertulisnya, Garena menyebutkan tim terbaik akan mendapatkan hadiah utama dari total prize pool sebesar Rp1,2 miliar dan hak untuk berkompetisi di turnamen Free Fire SEA Invitational (FFSI).

Mengusung kompetisi yang lebih inklusif, FFML Season 7 dimulai melalui babak Qualifier yang melibatkan Region Qualifier dan In-game Qualifier.

Hal itu merupakan bagian dari komitmen Garena untuk selalu menghadirkan turnamen esports yang berkelanjutan dan terbuka.

Perubahan skema yang dilakukan pada tahun ini juga diharapkan dapat mendorong tingkat kompetitif dan meningkatkan kualitas talenta esports Free Fire di Tanah Air.

Kompetisi FFML akan dimulai dengan League Phase dengan pertandingan pada 3 Maret 2023. Pada fase ini, 18 tim akan dibagi ke dalam tiga grup yang berisi enam tim.

Sebanyak dua grup akan saling berhadapan di setiap Matchday menggunakan skema Best of Six (BO6). Setiap pekannya, akan ada 3 Matchday sepanjang Jumat, Sabtu, dan Minggu. Setiap Matchday sepanjang League Phase akan dilangsungkan di Studio Sepat 72.

Bertanding selama lima pekan hingga 2 April 2023, 18 tim akan saling beradu untuk menjadi yang terbaik dan mengamankan posisi 12 besar agar bisa melaju ke babak Grand Finals.

Selain itu, semua tim juga akan memperebutkan total prize pool sebesar Rp960 juta untuk di babak ini. Pemuncak klasemen pada akhir League Phase akan mendapatkan hadiah bagian terbesar, yaitu senilai Rp400 juta.

Berikut 18 tim yang akan bertanding di FFML Season 7.

  • Lolos dari FFML Season VI Divisi 1 (11 tim), yaitu SES Alfaink, EVOS Divine, ECHO Esports, ONIC Olympus, RRQ, First Raiders Eclipse, G-Arsy Aphrodite, Bulls Esports, MBR Epsilon, Morph Team, MPO Espors
  • Lolos dari FFML Season VI Divisi 2 (tiga tim), yaitu Bigetron Delta, First Raiders Storm, Tiger Wong Esports
  • Lolos dari Babak Qualifier, yaitu Kagendra, Dewa United Esports, Genesis Dogma SF, Opi Griffin

Sebanyak 12 tim terbaik dari babak League Phase akan melaju ke babak Grand Finals pada pertengahan April 2023.

Pada pertandingan puncak tersebut, semua tim akan bertanding pada 1 Matchday, dengan skema pertandingan Best of Six (Bo6). Tim yang mampu memuncaki klasemen di babak ini akan dinobatkan sebagai Juara FFML Season 7.

Sang juara akan mendapatkan bagian terbesar dari total prize pool senilai Rp240 juta di babak Grand Finals.

Selain itu, tim juara bersama tim lain di empat besar juga akan berpartisipasi di Free Fire SEA Invitational 2023 pada Mei 2023.

Dalam kompetisi tersebut, mereka akan bertarung melawan tim dari wilayah MCPS, Vietnam, Thailand, Eropa, MEA, Taiwan, dan Pakistan di turnamen Free Fire SEA Invitational (FFSI) pada Mei 2023.

Rangkaian kompetisi FFML Season 7 akan ditayangkan melalui kanal YouTube, Facebook, dan TikTok Free Fire Esports ID di setiap akhir pekan sepanjang 3 Maret 2023 hingga 2 April 2023. Setiap pertandingan akan dimulai pada pukul 16.00 WIB.