Perawatan Lansia di Rumah, Jadi Cara Pemerataan Kesehatan Masyarakat

thesilent1.com – Tangerang Sebagai salah satu bentuk pemerataan kesehatan masyarakat di wilayah kerja, Puskesmas di Kota Tangerang, Banten rutin menggelar pendampingan kesehatan lansia lewat Home Care Lansia. Setiap minggu layanan ini mendatangi para lansia secara door to door atau dari rumah ke rumah.

Pada Sabtu, 22 Oktober 2022, Home Care Lansia berlangsung di wilayah RT 01 RW 02, Kelurahan Cikokol. Kepala Puskesmas Cikokol, dr Achmad R Miftah menjelaskan setiap pasien atau lansia mendapat layanan Home Care Lansia setiap sebulan sekali.

Enam+

“Layanan ini untuk lansia yang memang membutuhkan bantuan kesehatan tapi tidak bisa berkunjung ke Puskesmas langsung, karena terhambat kondisi kesehatan. Kalau masih bisa berkunjung ke Puskesmas disarakan untuk bisa langsung datang saja,” ujar dr Achmad.

Dia juga menjelaskan, dalam Home Care Lansia petugas melalukan pemeriksaan tanda-tanda vital pada lansia. Seperti tekanan darah, nadi, suhu, pernapasan hingga pemeriksaan fisik terkait keluhan lansia tersebut.

Tak jarang, kata dr Achmad, petugas kesehatan juga melakukan pemeriksaan laboratoirum sederhana bila diperlukan.

“Seperti gula darah, asam urat hingga kolesterol. Secara obat-obatan juga disiapkan Puskesmas sesuai kebutuhan lansia tersebut,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Layanan dari RS Datangi Rumah Pasien

Selain puskesmas, kini rumah sakit juga terus berinovasi. Rumah sakit kini bisa memberikan perawatan ke rumah pasien. Salah satunya yakni perawatan pasca-operasi bypass jantung.

Muryanah (66) lansia warga Koang Karawaci, Kota Tangerang, Banten yang melakukan perawatan pasca-operasi bypass jantung. Ia perlu tindakan operasi bypass jantung pada 22 September 2022 lalu usai adanya gangguan pada katup jantung.

“Awalnya itu gejalanya batuk-batuk tidak berhenti, bolak balik rumah sakit katanya gangguan pada paru. Pas ke Siloam Hospital ini baru kelihatan kalau gangguan pada katup jantung, dan itu harus operasi bypass,” katanya.

Setelah menjalani operasi, sepekan setelahnya Muryanah telah mendapatkan tiga kali kunjungan dokter lewat program Siloam Home Care.

Kunjungan pertama dan kedua tim medis yang terdiri dari dokter umum dan perawat melakukan tindakan layanan post op CABG meliputi EKG, cek lab dan perawatan luka. Sedangkan kunjungan ketiga layanan laboratorium melalui tindakan pengambilan sampel darah pasien.

Enam+

Sejumlah Layanan Lain RS ke Rumah

Selain perawatan pascaoperasi, Siloam Home Care mencakup sejumlah layanan seperti post stroke, perawatan luka, rehabilitasi medis, pascapersalinan, check up, tes COVID-19 dan isoman, catering sehat seperti disampaikan Nursing & Homecare Senior General Manager Siloam Hospitals Grup, Riny Chandra.

Dijelaskannya petugas kesehatan atau tim layanan Siloam Home Care terdiri dari tenaga kesehatan profesional yang terampil sesuai standar rumah sakit sekaligus mengedepankan mutu dan keselamatan pasien. Layanan ini bisa diperoleh dengan mendaftar melalui website siloam atau aplikasi MySiloam.

“Dengan kualitas yang kami kedepankan ini, masyarakat dapat mendapatkan layanan preventative termasuk layanan rehabilitative yang terdapat di 41 unit rumah sakit Siloam dan dapat diakses setiap hari,” kata Riny.