Penyebab Stretch Mark Pada Payudara, Wanita Wajib Tahu

thesilent1.com

Perubahan kulit selama masa pubertas adalah alasan paling umum terjadinya stretch mark pada payudara.

“Strech mark terjadi ketika kulit Anda meregang dengan cepat saat payudara Anda berkembang. Kami juga melihat stretch mark payudara pada wanita hamil saat payudara mereka membesar,” kata Akhtar.

2. Kondisi komorbid

Komorbiditas adalah dua atau lebih kondisi medis yang terjadi bersama-sama atau tepat setelah satu sama lain.

“Beberapa orang yang mengalami stretch mark di payudara juga memiliki kondisi lain, seperti obesitas atau sindrom Cushing (gangguan yang disebabkan oleh terlalu banyak hormon stres kortisol),” kata Akhtar.

3. Efek obat-obatan

Stretch mark pada payudara bisa terjadi karena efek konsumsi obat yang dapat memicu peregangan pada kulit. Obat-obatan ini termasuk penggunaan kortikosteroid sistemik jangka panjang.

Bagaimana mengatasi strecth mark?

Untuk mengatasi strecth mark pada payudara, Anda harus mencari cara untuk meningkatkan kadar kolagen dan hidrasi kulit. Namun, hal itu tentu waktu lama.

“Semakin cepat Anda menemui dokter kulit bersertifikat – ketika stretch mark masih baru dan berwarna keunguan atau merah muda – semakin mudah untuk mengobatinya,” kata Akhtar.

Metode mengatasi strect mark biasanya dilakukan dalam dua cara, yaitu pemberian obat topikal atau laser.

Dokter kulit terkadang meresepkan obat topikal seperti berikut:

  • Minyak kelapa.
  • Produk yang mengandung Centella asiatica.
  • Asam glikolat.
  • Krim stretch mark yang mengandung ekstrak bawang, seperti Mederma.
  • Vitamin C (asam askorbat).

Sementara itu, perawatan laser dianggap lebih efeketif dan cepat dalam mengatasi strect mark. Namun, metode pengobatan ini membutuhkan ongkos yang mahal.

Ada berbagai macam laser yang biasa digunakan untuk mengatasi strecth mark, yaitu laser pewarna laser ablatif, laser karbon dioksida, dan laser YAG.

“Laser pewarna adalah laser terbaik untuk stretch mark baru,” kata Dr. Akhtar.

Laser tersebut diberikan pad abagian kulit yang bewarna kemerahan dan perubahan warna keunguan. Jenis laser ini sangat aman digunakan, bahkan untuk bayi.

Mencegah Strecth Mark

Untuk mencegah strecth mark, pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik dan, bila memungkinkan, hindari perubahan berat badan yang tiba-tiba.

Untuk menghidrasi kulit agar terbebas dari strecth mark, Anda bisa menggunakan minyak kelapa dan produk yang mengandung asam hialuronat.

“Memijat dan melembabkan area yang rawan mengalami strecth mark busa menjadi langkah jitu untuk mencegahnya,” kata Dr. Akhtar.