Microsoft: TLS 1.0 dan 1.1 Dinonaktifkan Explorer dan EdgeHTML

thesilent1.com – NESABAMEDIA.COM – Microsoft akan segera menonaktifkan TSL (Transport Layer Security Protocol) 1.0 dan 1.1 di Internet Explorer dan EdgeHTML, di mana menjadi tenaga utama dari WebView Control. Rencana untuk menonaktifkan kedua fitur ini di platform berbeda, akan dimulai pada 13 September 2022 mendatang, Kamis (18/08).

Microsoft kini telah kembali memberikan pengumuman mereka terkait akan menonaktifkan layanan dari TSL 1.0 dan 1.1 di Explorer dan EdgeHTML. Rasanya, pengumuman ini tidka begitu mengagetkan karea perusahaan telah lama mewanti-wanti hal ini.

Sejak tahun 2018 kemarin, tepatnya pada bulan Oktober 2018 Microsoft telah memberikan pengumuman yang sama bahwa layanan TSL 1.0 dan 1.1 di Explorer dan EdgeHTM akan segera dinonaktifkan. Namun, langkah ini tertunda sejak pandemi COVID-19 mulai meningkat.

Microsoft pada akhirnya menunda dan belum memberikan informasi yang jelas mengenai penonaktifan layanan mereka. Hingga kini, baru saja Microsoft memberikan pengumuman mengenai hal yang sama, di mana akan menonaktifkan TSL 1.0 dan 1.1 di Explorer dan EdgeHTM pada bulan September mendatang.

Melalui Windows Message Center, Microsoft memberikan pesan mereka terkait penutupan TSL 1.0 dan 1.1 di Explorer dan EdgeHTM yang akan dimulai pada 13 September 2022. Sebelumnya, Microsoft menyatakan bahwa Admin IT masih diberikan akses untuk menonaktifkan TSL 1.0 dan 1.1 dengan menggunakan grup khusus, yang disebut dengan Group Policy Editor.

Mengenai akan hal ini, sebenarnya pihak Microsoft tidak memberhentikan semua layanan dari TSL 1.0 dan 1.1 di Explorer dan EdgeHTM. Pengguna masih diberikan akses untuk dapat mengakses layanan ini, secara terbuka memang memerlukan waktu karena Microsoft sendiri masih membutuhkan TSL 1.0 dan 1.1 untuk menjalankan kompabilitas yang masih menggunakan WebView.

Jadi, meskipun pada tanggal 13 September nanti layanan TSL 1.0 dan 1.1 di Explorer dan EdgeHTM akan dinonaktifkan, pengguna masih dapat mengaksesnya dengan mudah melalui Internet Options > Advanced Inside Internet Explorer.

Hal yang sama juga berlaku untuk pengguna TSL 1.0 dan 1.1 di Edge Chronium. Secara terbuka, layanan ini yang akan dinonaktifkan tidak memiliki dampak apa pun di Edge Chronium karena telah lama diberhentikan sejak 2020 lalu.

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.