Microsoft Hapus Penangguhan Pengaman Windows 11 di VirtualBox

thesilent1.com – NESABAMEDIA.COM – Microsoft telah menghapus penangguhan pengamanan Windows 11, setelah Oracle mendapatkan perbaikan atas masalah VirtualBox yang diketahui menyebabkan kesalahan dan kegagalan mesin virtual untuk dijalankan, ketika Hyper-V atau Windows Hypervisor dipasang.

Penangguhan pengamanan itu sebelumnya mencegah pengguna untuk meningkatkan ke Windows 11 guna melindungi sistem mereka dari potensi masalah ketika memutakhirkan perangkat, dalam hal ini adalah ketidakstabilan perangkat lunak yang disebabkan oleh masalah kompatibilitas antara Windows dan VirtualBox.

“Oracle telah menyelesaikan masalah ini di VirtualBox versi 6.1.28 dan yang lebih baru. Untuk menghapus penangguhan pengaman pada perangkat, anda harus memperbarui ke VirtualBox 6.1.28 atau yang lebih baru,” tulis Microsoft dalam catatan yang ditambahkan ke dasbor kesehatan Windows akhir pekan lalu.

Microsoft juga memberikan tambahan, bahwa apabila tidak ada perlindungan lain yang digunakan di perangkat pengguna, maka dibutuhkan waktu sampai dengan 48 jam sebelum pembaruan ke Windows 11 versi 21H2 ditawarkan.

Pihak Microsoft sebelumnya memberlakukan penangguhan blok pembaruan ke semua perangkat yang menjalankan VirtualBox sejak hari pertama peluncuran Windows 11. Ini menyusul adanya sejumlah laporan dari pengguna mengenai masalah kompatibilitas dengan perangkat lunak virtualisasi Oracle.

Pengguna yang mencoba memperbarui sistem yang terdampak, akan menerima pesan error bertuliskan: “VirtualBox. PC anda memerlukan versi terbaru dari aplikasi ini. Klik pelajari lebih lanjut untuk informasi mengenai cara memperbarui aplikasi ini.”

Sejak saat itu, pengguna yang menjalankan VirtualBox di perangkat mereka, tidak bisa meningkatkan ke versi Windows 11 meskipun mereka memiliki hardware dan software yang memenuhi syarat minimal pemasangan.

Microsoft menambahkan, apabila ada pengguna yang tidak memiliki VirtualBox namun masih mendapatkan peringatan error seperti di atas, kemungkinan itu disebabkan karena adanya aplikasi yang masih terkait atau dibundel dengan VirtualBox. Jadi cara untuk memperbaikinya pun sama, yakni dengan meningkatkan versi VirtualBox ke yang lebih baru atau mencopot aplikasi tersebut.

Masalah kompatibilitas antara Oracle VirtualBox dengan Windows 11 berada di belakang perlindungan terakhir yang dihapus untuk Windows 11 versi 21H2.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.