Menggunakan Windows 8.1 di 2023, Bagaimana Rasanya?

thesilent1.com – Microsoft beberapa bulan kemarin telah merilis sebuah pengumuman resmi mereka untuk menghentikan dukungan sistem operasi lawas mereka yaitu Windows 8.1, di mana perusahaan sudah tidak memberikan pembarun sistem keamanan apalagi fitur terbaru. Lantas, bagaimana dengan pengguna yang masih menggunakannya?

Memang, tidak menutup kemungkinan pengguna Windows sekarang telah menggunakan versi sistem operasi terbaru. Namun, masih ada juga beberapa pengguna yang masih menggunakan versi OS lawas seperti Windows 7 dan Windows 8, hingga kini masih tercatat bahwa pengguna Windows 7 dan Windows 8 masih cukup banyak.

Ada banyak faktor yang mewakilkan, salah satunya ketidakmampuan pengguna untuk Upgrade ke perangkat dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Bagaimana pun juga, dengan dihentikannya pembaruan dari Windows 8.1, namun ternyata sistem ini masih cukup solid dengan menawarkan performa yang kencang.

Windows 8.1 dengan akses HDD masih cukup solid untuk digunakan, sayangnya dukungan sistem operasi yang dihentikan ini tentu memberikan efek yang cukup sulit jika disandingkan dengan fitur lain dari versi terbaru Windows.

Berbicara mengenai performa misalnya, karena Windows 8.1 tidak memberikan permintaan spesifikasi yang tinggi serta komponen yang lebih sederhana membuat sistem operasi ini lebih kencang untuk masalah performa. Bahkan lebih baik ketimbang Windows 10 dan 11, karena OS ini lebih ringan dan Task Manager yang hanya memproses sedikit beban.

Berikutnya ialah dukungan aplikasi, meskipun ada banyak perusahaan yang telah menghentikan dukungan mereka di Windows 8.1, tetapi beberapa perusahaan masih memperpanjang akses dukungan mereka agar bisa digunakan di Windows 8.1. Misalnya saja akses browsing yang bisa menggunakan Mozilla Firefox, serta akses sosial media yang bisa menggunakan Telegram.

Namun untuk anda yang terbiasa dengan Google Chrome atau Edge Chromiu, cukup disayangkan karena Windows 8.1 sudah tidak mendukung untuk menggunakannya, setidaknya layanan Firefox masih bisa digunakan sebagai peralihan hingga Agustus nanti.

Overall, Windows 8.1 bisa dikatakan terbatas karena akses aplikasi seperti Microsoft Office hanya mendukung hingga ke versi 2016 saja. Selain itu, Windows 8.1 sudah tidak mendukungnya, termasuk Windows 365.

Terakhir ialah sistem keamanan, untuk anda yang suka menggunakan PC di rumah seperti memainkan game ringan, browsing sosial media dan menyimpan film di penyimpanan lokal maka Windows 8.1 ini masih terbilang oke. Karena memang penggunaannya tidak berat, karema Firefox masih memberikan dukungan maka anda bisa dikatakan lebih aman, di mana browser memiliki kemampuan keamanan data yang tinggi.

Sayangnya, anda harus beralih ke versi OS terbaru jika Firefox telah menutup dukungan mereka di Windows 8.1 karena tentu masalah keamanan akan jauh lebih besar.

Kesimpulannya ialah pengguna Windows 8.1 untuk penggunaan standar masih sangat kami rekomednasikan, dukungan Firefox yang masih panjang dan performa yang ringan memberikan akses OS ini untuk dapat memainkan beberapa game hiburan ringan. Tetapi, sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan oleh mereka yang sering mengakses data-data di situs web atau database.

EDITOR: HUDALIL MUSTAKIM

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.