Mengenal Museum Siola Surabaya, Paduan Antara Wisata Edukasi dan Selfie

thesilent1.com – Alamat: Jalan Tunjungan Nomor 1, Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60275Map: Klik DisiniJam Buka: 09.00-21.00 WIB (Selasa-Minggu)No. Telp:–WhatsApp:–

Harga Tiket Masuk

HTM: GratisParkir Motor: Rp. 3.000Parkir Mobil: Rp. 5.000

Surabaya adalah salah satu Kota di Jawa Timur yang menyimpan segudang aset bersejarah. Banyak sekali kisah bersejarah yang terjadi di Surabaya dan tak sedikit para pejuang gugur, sehingga tercetuslah sebutan Kota Pahlawan.

Banyak sekali tempat di Surabaya yang menjadi wisata bersejarah pada masa perang kemerdekaan dan kolonialisme, salah satunya adalah Gedung Siola. Gedung Siola dulunya merupakan sebuah bangunan yang dijadikan sebagai pusat perkulakan.

Namun saat ini bangunan tersebut beralihfungsi menjadi sebuah museum. Yap, kini bangunan yang berada di kawasan Tunjungan tersebut diberinama Museum Surabaya. Museum Surabaya Siola adalah satu diantara tempat yang menyimpan segudang benda-benda bersejarah.

Saat ini Museum Surabaya Siola menjelma menjadi sebuah destinasi wisata sejarah yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya menyuguhkan cerita masa lampau yang ditampilkan dengan berbagai macam bentuk, Museum Surabaya Siola juga menjadi tempat incaran untuk berburu foto.

Bagi pengunjung yang ingin mendatangi Museum Surabaya Siola ini maka tidak harus membayar tiket masuk alias gratis. Siapa saja boleh masuk kedalam Museum Surabaya Siola, karena tempat ini terbuka untuk semua kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Manjajal Museum Surabaya untuk dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekanmu sepertinya tidak ada salahnya. Selain bisa mempelajari sejarah Kota Pahlawan, kamu pun akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Jalan Menuju Lokasi

Jika tertarik ingin mengunjungi Museum Surabaya Siola maka kamu bisa datang langsung ke Jalan Tunjungan Nomor 1, Genteng. Lokasi daripada museum ini sangat strategis karena berada di tengah kota dan dekat sekali dengan Tugu Pahlawan.

Jarak Museum Surabaya dengan Tugu Pahlawan hanya sekitar 1,1 kilometer atau bisa berjalan kaki selama 5 menit. Karena lokasinya yang strategis sehingga kamu bisa menyambangi tempat ini baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi publik.

Fasilitas

Museum Surabaya kini telah menjelma menjadi sebuah tempat wisata sejarah sekaligus selfie yang cukup difavoritkan oleh banyak orang, khususnya para milenials. Namun bukan hanya itu saja, namun disini kamu juga akan menemukan deretan fasilitas penunjang yang bakal membuat momen kunjunganmu menjadi lebih nyaman.

Meskipun letaknya berada di pinggir jalan, namun Gedung Museum Surabaya Siola ini dilengkapi oleh area parkir kendaraan. Didalamnya kamu juga bisa menemukan aneka pameran benda-benda penting dan bersejarah yang berkaitan dengan Kota Pahlawan.

Kemudian disini para pengunjung juga bisa memanfaatkan toilet jika diperlukan. Lalu tak jarang juga pengunjung yang memanfaatkan display benda-benda bersejarah didalam museum ini untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

Sejarah Singkat

Museum Surabaya dulunya merupakan bangunan milik seorang investor dari Inggris. Dimana pada masa itu bangunan ini dimanfaatkan sebagai pusat toko yang menjajakan segala macam barang.

Beberapa waktu kemudian Gedung Siola dijadikan sebagai tempat penjualan toko koper merk Chiyoda. Namun kemudian toko tersebut terpaksa harus tutup karena kekalahan Negara Jepang pada Perang Dunia II.

Pada masa kemerdekaan, gedung tersebut kemudian disewakan kepada sejumlah pengusaha seperti Ing Wibisono, Soemitro, Ang dan Ong Liem. Mereka patungan untuk menyewa gedung tersebut yang kemudian diberinama Siola.

Hingga akhirnya Gedung Siola terlahir sebagai pusat perbelanjaan atau mall pertama yang hadir di Kota Pahlawan. Selama 28 tahun lamanya, Gedung Siola menjadi pusat perbelanjaan populer di Surabaya. Namun pada tahun 1998, semua aktivitas bisnis di Gedung Siola ditutup.

Tiba pada masa pemerintahan Tri Rismaharini tepatnya tahun 2015, Gedung Siola dibuka kembali namun beralihfungsi menjadi sebuah museum. Namun lantai atas dari gedung ini masih dimanfaatkan sebagai kantor Pemerintah Kota.

Koleksi Benda Sejarah

Ya namanya juga museum, sudah pasti lah didalamnya kamu akan menemukan banyak sekali benda-benda bersejarah. Tercatat Museum Surabaya Siola ini mempunyai lebih dari 1.000 koleksi benda-benda bersejarah dengan berbagai macam bentuk.

Benda bersejarah pertama yang bisa kamu temukan disini ialah kumpulan figura foto Walikota Surabaya mulai dari tahun 1916 sampai tahun sekarang yakni masa pemerintahan A Meyroos hingga Tri Rismaharini.

Area ini pun juga menjadi spot foto favorit para pengunjung. Selain berfoto kamu juga bisa jadi belajar dan mengetahui siapa saja orang yang telah berjasa membangun Kota Surabaya menjadi seperti sekarang ini.

Selain itu di museum ini juga banyak tersimpan barang-barang memorabilia dari para tokoh penting Surabaya, seperti replika biola Wage Rudolf Supratman, Piona Antik Musisi Legendaris Gombloh sampai display transportasi lawas Kota Surabaya diantaranya ada angguna, bajaj dan becak malam.

Kemudian di Museum Surabaya ini juga banyak banget koleksi benda kesenian, bersejarah, alat kedokteran yang dipajang dengan amat rapih. Disana juga ada sebuah lukisan yang menggambarkan Gedung Siola pada zaman dahulu, lho.

Di sisi lainnya kamu juga akan menemukan berbagai kesenian dan kebudayaan khas Jawa Timur seperti wayang, pakaian adat, sampai replika dapur rumah kuno. Lalu tak ketinggalan ada juga koleksi dokumen-dokumen kuno yang ditulis menggunakan bahasa Belanda.

Menulusuri lebih dalam lagi ruang demi ruang di Museum Surabaya ini kamu akan menjumpai koleksi barang-barang jaman dahulu seperti radio, telepon, televisi, uang kertas kuno dan masih banyak peralatan elektronik lainnya.

Gimana? Museum Surabaya Siola ini ternyata menyimpan segudang memorabilia Kota Pahlawan yang memang seharusnya kamu ketahui dan pelajari, bukan? Selain belajar sejarah, disini kamu juga bisa mendapatkan bonus berupa objek atau latar belakang foto yang instagenic, kan?