Mengenal 10 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

thesilent1.com – Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sering diandalkan untuk menyerang rasa kantuk.

Ternyata, kopi tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa kantuk tetapi juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah manfaat kopi untuk kesehatan yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Manfaat kopi untuk kesehatan

Kopi memiliki kandungan kafein yang akan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kopi untuk kesehatan yang disarikan dari Healthline dan Medical News Today.

  • Meningkatkan suasana hati dan fungsi otak

Kafein yang ada pada kopi bisa meningkatkan suasana hati dan fungsi otak karena memiliki kemampuan untuk memblokir efek adenosine yang membuat tubuh terasa lelah.

Kafein di dalam kopi juga akan meningkatkan kinerja dopamin dan norepinefrin yang akan memperbaiki suasana hati.

  • Meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak

Banyak yang tidak tahu bahwa salah satu manfaat minum kopi adalah meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak karena kafein bisa membantu kinerja sistem saraf pusat.

  • Meningkatkan energi

Minum kopi sebelum berolahraga sudah terbukti bisa meningkatkan performa karena kafein akan membakar lemak sebagai energi. Dengan begitu, kontraksi otot akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes

Mengonsumsi setidaknya segelas kopi sehari selama 4 tahun bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Sedangkan risiko penyakit jantung bisa dikurangi hingga 15 persen ketika mengonsumsi tiga hingga 5 cangkir kopi setiap hari.

Namun, manfaat kopi ini hanya bisa dirasakan pada beberapa orang karena beberapa yang lainnya malah akan mengalami kenaikan kolesterol sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

  • Mengurangi risiko kerusakan hati

Konsumsi kopi bisa mencegah risiko kerusakan hati dengan memperlambat perkembangan penyakit itu sendiri. Selain itu, minum kopi juga bisa mengurangi risiko kematian dini karena kerusakan hati dan meningkatkan respon tubuh terhadap pengobatan yang dilakukan.

  • Mengurangi risiko kanker hati

Risiko kanker hati bisa dikurangi jika setidaknya mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari. Kondisi ini tidak terbatas pada manfaat kopi hitam saja, karena hampir semua jenis kopi akan memberikan efek yang sama.

  • Mengurangi risiko kanker kulit

Risiko kanker kulit juga bisa dicegah jika minum kopi setidaknya 4 cangkir setiap hari.

  • Mengurangi risiko penyakit Parkinson

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein yang terkandung di dalam kopi bisa melindungi tubuh dari risiko terkena penyakit Parkinson. Risiko ini bisa dikurangi jika minum kopi setidaknya empat cangkir setiap hari.

Namun, manfaat ini masih perlu dikaji ulang karena beberapa penelitian menemukan hasil yang berbeda.

  • Mencegah asam urat

Risiko asam urat bisa dicegah dengan minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari. Disebutkan bahwa risiko asam urat bisa diturunkan hingga 40 persen pada laki-laki dan 57 persen pada perempuan.

  • Menyehatkan usus

Kafein pada kopi juga akan mendukung kinerja bakteri baik yang ada di dalam usus sehingga akan menyehatkan usus.

Meskipun ada beberapa manfaat kopi untuk kesehatan, konsumsi kopi tidak boleh berlebihan karena akan memicu beberapa efek samping, seperti insomnia dan ketergantungan kafein.

Disarankan juga untuk membatasi konsumsi kopi dan tidak melebihi 5 cangkir kopi per hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.