Liburan Hemat Ke Semarang Tapi Tetap Seru, Ini Dia Tipsnya !

thesilent1.com

Semarang merupakan sebuah kabupaten sekaligus ibu kota kedua dari Jawa Tengah setelah Yogyakarta. Meski ketenaran Semarang tidak se- eksis Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, dan Malang namun kota ini mempunyai kekayaan wisata beragam dan tak kalah menarik lho.

Dari wisata alam, air, pegunungan, sejarah, keluarga, pemandian, religi, hingga kuliner. Kota lumpia ini juga memiliki aneka ragam kebudayaan yang merupakan percampuran antara budaya Eropa dan Asia Timur.

Dengan potensi wisata yang sangat kaya rasanya sayang jika kota ini terlewat dari list tujuan liburan para traveler. Banyak yang bisa di explore dari kota ini dan akan menambah daftar panjang pengalaman trip mu keliling Indonesia.

Sama seperti kota-kota di Jawa lainnya, living cost di Semarang juga cukup terjangkau dan murah, cocok untuk kantong para backpacker. Bisa dinikmati bareng temen, keluarga, maupun sendiri atau solo traveler.

Nah buat kalian yang tertarik untuk liburan ke Semarang dengan cara backpacking, sebelumnya simak dulu yuk tips backpacker ala kami !

1. Membuat Itinerary

Sebelum memulai serangkain kegiatan liburan, sebaiknya susunlah terlebih dahulu sebuah itinerary. Itinerary adalah sebuah rencana liburan supaya dapat memudahkanmu dalam menjalani perjalanan wisata.

Itinerary biasanya terdiri dari jadwal perjalanan, wisata tujuan, hingga estimasi budget yang dibutuhkan dari awal sampai akhir liburan. Gunanya agar liburanmu lebih terorganisir, sehingga waktunya lebih efektif dan efisien.

2. Naik Transportasi Ekonomi

Saat ini untuk bisa menuju ke Semarang akses dan transportasinya cukup mudah ditemui. Pilihan transportasinya macam-macam. Tapi jika berniat liburan ala backpacker, sebaiknya pilihlah transportasi paling ekonomis.

Jika kamu berasal dari Jakarta atau kota-kota di Pulau Jawa, untuk sampai di Semarang sebaiknya naik kereta api kelas ekonomi menuju Stasiun Semarang Poncol. Walaupun kelas ekonomi tapi fasilitasnya cukup memadai kok, perjalananmu akan tetap nyaman sampai tujuan akhir. Dan lagi transportasi ini lebih terjangkau ketimbang naik Pesawat.

3. Cari Penginapan Murah

Tak hanya transportasi saja yang ekonomis, penginapan pun herus begitu juga. Mencari hotel maupun hostel murah di Semarang gampang kok. Kamu bisa akses di beberapa situs booking online penginapan seperti Airy Rooms, Pegipegi, booking.com.

Sebaiknya pesanlah penginapan dekat pusat kota dan terjangkau ke beberapa tempat wisata. Agar kamu tidak perlu menghabiskan banyak ongkos untuk naik transportasi umum.

4. Naik Transportasi Umum

Saat akan keliling kota Semarang, ada baiknya jika kamu gunakan fasilitas transportasi umum. Selain lebih hemat, kamu dapat berinteraksi dengan warga lokal.

Semarang memiliki pilihan moda transportasi umum cukup banyak, seperti bus Trans Semarang dan bus lokal yang melayani 15 rute ke berbagai daerah di seluruh kota Semarang. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai rute, jadwal, ataupun tiket, kamu bisa akses di website resmi yang tersedia.

5. Berkunjung Ke Tempat Wisata Murah

Wisata di Semarang ngga kalah kece lho dari Bromo Milky Way, Blue Fire nya Kawah Ijen Banyuwangi, serta pulau-pulau di Karimunjawa, yang pemandangannya kayak di luar negeri.

Semarang juga punya Brown Canyon loh, wisata ini belakangan ini lagi hits karena mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Selain Brown Canyon, masih banyak lagi wisata murah meriah dan gratis yang bisa kamu kunjungi di Semarang, seperti Lawang Sewu, Kota Lama, Masjid Agung, Kawasan Simpang Lima, Wisata Bandungan, dan berbagai museum bersejarah. Harga tiket masuknya mulai dari gratis sampai dibawah 10ribu.

Itulah beberapa tips backpacker-an ke Kota Semarang yang murah dan hemat. Jika kamu berencana berlibur di tahun 2022 ini pilihlah waktu low season. Semoga tips tadi efektif dalam menjaga kantongmu agar tidak jebol ya ! Selamat berlibur !