Lenovo Rilis Laptop Gaming Legion Pro 7 dan 7i, Pakai AI untuk Genjot FPS

thesilent1.com – Lenovo mengumumkan laptop gaming terbarunya dari seri Legion dalam pameran Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Amerika Serikat. Produk yang diperkenalkan adalah Lenovo Legion Pro 7i dan Legion Pro 7.

Lenovo mengungkapkan bahwa dua laptopnya kali ini dibekali chipset khusus yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) bernama “Lenovo LA AI Chip”. Chip tersebut diklaim menjadi chip khusus pertama di dunia laptop gaming.

Cara kerja dari chipset ini nantinya menerapkan algoritma software machine learning untuk kinerja sistem, sehingga membuat perangkat bekerja secara optimal. Chip tersebut juga mengandalkan teknologi software machine learning pada Lenovo Vantage untuk memantau frame per second (FPS) laptop saat bermain game.

Kombinasi antara chip AI khusus dan teknologi software tersebut juga memungkinkan perangkat memiliki Thermal Design Power (TDP) 15 persen lebih tinggi. Laptop Legion Pro 7i, yang menjadi model tertinggi dari produk yang dikenalkan, juga dibekali software gerless hardtracking bernama Tobii Horizon.

Fungsi software tersebut nantinya dapat menawarkan pengalaman imersif kepada pengguna saat memainkan sejumlah gama favorit mereka.

“Lenovo Legion kini tengah merintis jalan baru menuju puncak performa laptop gaming dengan memanfaatkan teknologi chip yang ditenagai oleh AI dan machine learning untuk mendorong frame rate lebih tinggi lagi,” jelas Ouyang Jun, Lenovo’s Vice President and General Manager of the Consumer Business Segment, Intelligent Device Group dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Sabtu (14/5/2023).

“(Sehingga) memberikan para gamer keunggulan yang dibutuhkan untuk menang. Perangkat Legion terbaru Lenovo menetapkan standar baru dalam performa yang lebih tinggi dan juga cerdas untuk gaming”, pungkas Jun.

Spesifikasi Lenovo Legion Pro 7i

Legion Pro 7i memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan memupuni dibandingkan Legion Pro 7. Sebagai model tertinggi, laptop ini dibekali dua pilihan CPU Intel Core, yakni i9-13900HX dan i7-13700HX. Chipset tersebut mengandalkan tiga varian pengolah grafis, antara lain Nvidia GeForce RTX seri 4090, 4080, dan 4070.

Chip Intel Core tersebut juga akan dipadu dengan RAM berjenis DDR5 sebesar 32 GB yang menawarkan kecepatan clock 6GHz. Untuk media penyimpanannya, tersedia ruang seluas 2TB.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Windows 11 Pro dan Windows 11 Home dan ditopang oleh baterai berkapasitas 99,9 Whr yang mendukung pengisian daya “Super Rapid Charge. Pengisian daya diklaim dapat penuh (0-100 persen) dalam waktu 60 menit atau 1 jam.

Sementara pada aspek layar, perangkat dibekali layar IPS seluas 16 inci dengan menawarkanr resolusi WQXGA (2.560×1.600 piksel), rasio layar 16:10, tingkat kecerahan 100 nits, 100 persen RGB, dibekali teknologi DisplayHDR 400, Dolby Vision, dan sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland dan X-Rite Pantone.

Dengan ukuran bodi 363,4 x 262,15 x 21,95 dan bobot seberat 2,8 kg, varian warna yang dihadirkan hanya satu, yakni Onyx Grey. Fitur pendukung lainnya adalah kamera depan untuk melakukan konferensi video, port USB-C, USB-A, HDMI 2.1, speaker Harman Super Linear, dual-microphonei, Bluetooth 5.1, dan Wi-Fi 6E.

Spesifikasi Lenovo Legion Pro 7

Meskipun varian laptop ini menjadi model paling bontot, spesifikasi yang dihadirkan tidak terlalu berbeda dengan versi Legion Pro 7i. Misalnya sama-sama dibekali layar IPS berdiagonal 16 inci dengan resolusi WQXGA, hingga kompak mengantongi sertifikasi TUV Rheinland dan X-Rite Pantone.

Perbedaannya hanya terletak pada prosesor yang diandalkan. Legion Pro 7 ditenagai dengan prosesor dari AMD Ryzen 9 7945HX dan hadir dengan varian pengolah grafis yang lebih sedikit, hanya dua, yaitu Nvdia GeForce RTX 4090 dan RTX 4080 saja.

Chipset dipadankan dengan RAM 32 GB yang memiliki kecepatan clock 6GHz. Sistem operasi yang dijalankan adalah Windoes 11 Pro dan WIndows 11 Pro dan ditopang baterai berkapasitas 99,9Whr. Pengisian daya cepat yang didukung diklaim dapat terisi penuh dalam waktu 60 menit.

Perbedaan lainnya, port USB-A yang dimiliki hanya terdiri dua slot saja, berbeda dengan Legion Pro 7i yang memiliki tiga slot USB-A (USB 3.2 Gen 1). Fitur dan varian warna yang dihadirkan juga serupa.

Keduanya juga dibekali speaker Harman Super Linear, dual microphone, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.1, dan menawarkan pilihan warna Onyx Grey.

Spesifikasi Legion Tower 7i, Legion Tower 5

Selain laptop, Lenovo juga mengenalkan PC Legion Tower 7i dan Legion Tower 5. Legion Tower 7i tersebut dibekali CPU Intel Core i9 K-series dan KF-series dari generasi ke-13 dengan pengolah grafis dari Nvidia GeForce RTX 4090.

Perangkat tersebut juga dbekali beberapa varian RAM dan media penyimpanan. Varian RAM yang dihadrikan adalah 8/16/32/64 GB dan media penyimpanan 1 TB, 2TB, hingga 4TB. Sstem operasi yang dijalankan adalah Windows 11 Pro.

Slot port yang tersedia adalah USB-A 3.2 Gen 2, USB 2.0, jack audio. Fitur lainya Wi-Fi 6E (802.11 ax) dan Bluetooth 5.2. Varian warna yang dihadirkan adalah Storm Grey.

Sementara itu, Legion Tower 5 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 9 7900 degan mengandalkan dua varian pengolah grafis, yaitu Nvdia GeForce RTX 4070 atau AMD Radeon RX7800X.

Prosesor tersebud dipadu dengan RAM 8/16/32 GB dengan storage seluas 256/512 GB hingga 1/2 TB. Legion Tower 5 juga kompak hadir dengan satu warna, Storm Grey.

Mengingat perangkat ini diperkenalkan di acara CES 2023 di Amerika Serikat, artinya baru diluncurkan secara global, jadi harga dari perangkat di atas belum terungkap. Belum diketahui juga kapan laptop dan PC gaming terbaru bikinan Lenovo tersebut bakal diluncurkan di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.