Kenaikan Suku Bunga The Fed Pekan Ini Diperkirakan 75 Basis Poin

thesilent1.com – — Para ekonom di Amerika Serikat (AS) berharap pembuat kebijakan moneter Federal Reserve atau The Fed menyetujui kenaikan suku bunga keempat berturut-turut pada pertemuan minggu ini. Perkiaraan mereka, suku bunga akan naik 75 basis poin sehingga membawa suku bunga acuan bank sentral ke level 3,75%-4%.

“Keputusan pada November adalah kunci. Saya akan kecewa jika mereka tidak mencapai 75 basis poin,” jelas kepala ekonom AS di UBS, Jonathan Pingle.

Pengumuman kenaikan suku bunga yang kelima sepanjang tahun ini akan disampaikan ketua The Fed, Jerome Powell, pada Rabu 2 November 2022 waktu AS. Pengumuman ini adalah hasil dari rapat FOMC yang digelar pada 1-2 November.

Pasar mengharapkan akan ada sinyal perubahan kebijakan dan berharap Powell menggunakan konferensi persnya untuk mengisyaratkan bahwa laju kenaikan suku bunga yang lebih kecil segera datang.

Pekan lalu Wall Street Journal memberitakan bahwa beberapa pejabat Fed tidak tertarik mempertahankan kenaikan suku bunga sebesar 75 basis seperti yang telah mereka putuskan dalam tiga kenaikan suku bunga sebelumnya.

Presiden The Fed San Francisco, Mary Daly, mengatakan bahwa The Fed harus mulai berbicara tentang memperlambat laju kenaikan suku bunga dan ini dianggap sebagai sinyal perlambatan oleh pasar saham dan obligasi.

“Tidak ada yang ingin terlambat untuk pivot party, jadi petunjuknya sudah cukup,” jelas kepala ekonom di Pantheon Macroeconomics, Ian Shepherdson.

Kepala ekonom di Wilmington Trust, Luke Tilley, memperkirakan Powell akan memberi sinyal kenaikan suku bunga yang lebih kecil di bulan Desember berdasarkan data inflasi upah yang diterbitkan sebelumnya.

“Ada perlambatan yang jelas dalam pertumbuhan upah sektor swasta,” kata Tilley.

Namun sinyal Powell untuk memberikan sinyal penurunan nampaknya mendapat tentangan dari anggota komitenya. Data inflasi pada September menjadi dasar bagi pejabat Fed untuk tetap mempertahankan kenaikan suku bunga 75 basis poin.

Kekhawatiran lain adalah Powell perlu mempertimbangkan laporan ketenagakerjaan dan inflasi sebelum pertemuan kebijakan Fed berikutnya pada 13-14 Desember.

Secara umum, The Fed menginginkan kondisi keuangan tetap ketat untuk menekan inflasi yang masih berada di atas 8%.

The Fed Kemungkinan Naikkan Suku Bunga 75 Basis Poin Bulan Depan

In “Regulasi”

Pasar Kripto Bersiap Menunggu Kebijakan The Fed soal Kenaikan Suku Bunga

In “Bitcoin”

The Fed Naikkan Suku Bunga Acuan, Bitcoin Naik 5%

In “Analisis Pasar”