Keluyuran ke Jawa Tengah, Kunjungi 10 Pantai di Jepara Ini!

thesilent1.com – Jepara merupakan kabupaten yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah. Kabupaten yang berada di sisi paling utara Provinsi Jawa Tengah dan menyimpan cerita sejarah, karena merupakan tempat kelahiran dari salah satu pahlawan wanita Indonesia, Raden Adjeng Kartini. Itu sebabnya Jepara memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik.

Selain wisata sejarah, Jepara juga dikenal dengan wisata baharinya. Apalagi sejak Karimun Jawa, pulau kecil di Kabupaten Jepara, menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Jawa. Sudah tahu apa saja pantai di Jepara? Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan 10 pantai di Jepara yang asyik untuk dikunjungi. Simak ulasannya sampai habis, ya!

1. Pantai Kartini

* sumber: camerawisata.com

Pantai yang satu ini, menggunakan nama Raden Adjeng Kartini sebagai icon-nya. Pantai Kartini menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi ketika keluyuran ke Jepara. Letak Pantai Kartini tidak jauh dari pusat kota Jepara. Dekat pantai ini juga terdapat Pelabuhan Kartini Jepara yang merupakan gerbang menuju Pulau Karimun Jawa.

Pantai Kartini memiliki luas sekitar 3,5 hektar dengan pasir putih yang membentang. Di sini tak hanya dikenal dengan pantai yang memesona saja, melainkan ada pula wahana edukasi, salah satunya adalah Kura-kura Ocean Park. Ketika tiba di Pantai Kartini, kamu dapat melihat patung kura-kura raksasa yang merupakan bangunan Kura-Kura Ocean Park.

    Alamat: Bulu, Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

    Operasional: 08.00 – 18.00 WIB

    Tiket Masuk: Rp5.000/orang

2. Pantai Blebak

* sumber: ahmadsururi56.blogspot.com

Pantai Blebak merupakan salah satu pantai berpasir putih di Jepara yang memesona. Pantai berpasir putih dengan air laut yang tenang khas pantai di pesisir utara, sangat menenangkan. Pantai Blebak lebih sepi jika dibandingkan dengan Pantai Kartini. Di sini, kamu dapat melihat pemandangan matahari terbenam di balik tenangnya air laut.

Meski Pantai Blebak masih sepi, tetapi fasilitas yang diberikan terbilang lengkap. Sudah terdapat sentra kuliner, penginapan, hingga wahana bermain. Pantai Blebak cukup mudah diakses dari pusat kota Jepara, tepatnya berjarak sekitar 10 km ke arah utara.

    Alamat: Sekuro, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

    Operasional: 24 jam

    Tiket Masuk: Gratis

3. Pantai Pailus

Tak jauh dari Pantai Blebak, ada Pantai Pailus yang dapat dibilang masih alami. Pantai ini sangat sepi dan belum dilengkapi dengan sentra kuliner. Untuk mencapai Pantai Pailus, dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dengan jarak kurang lebih 13 km ke arah utara Kabupaten Jepara.

Jika Pantai Blebak dikenal dengan sunset yang memukau, maka di Pantai Pailus kamu dapat menikmati sunrise yang cantik dan menenangkan. Pantai yang menghadap ke sisi timur ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi untuk menikmati pesona matahari terbit.

    Alamat: Karanggondang, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

    Operasional: 24 jam

    Tiket Masuk: Gratis

4. Pantai Ngelom

* sumber: www.anekawisataseru.net

Sama halnya dengan Pantai Blebak dan Pantai Pailus, Pantai Ngelom juga terbilang masih sepi pengunjung. Pantai ini belum banyak diketahui wisatawan. Padahal Pantai Ngelom memiliki pesona yang unik dan berbeda dengan pantai lainnya di Kabupaten Jepara.

Pantai Ngelom dihiasi dengan batu karang yang terhampar di tepi pantai. Batu karang yang cukup tajam itu akan terlihat jelas jika air laut sedang surut. Pemandangan lebih cantik lagi dengan adanya pohon yang terletak di tengah pantai. Pantai cantik ini letaknya berdekatan dengan Jepara Ourland Park.

    Alamat: Bandengan, Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

    Operasional: 07.00 – 16.30 WIB

    Tiket Masuk: Gratis

5. Pantai Bandengan

Pantai yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Jepara. Letak Pantai Bandengan tak jauh dari Pantai Ngelom. Pantai ini memiliki pasir putih bersih nan lembut yang terbentang luas di sepanjang garis pantai. Tak hanya itu saja, Pantai Bandengan menjadi spot untuk menikmati sunset dan sunrise.

Pantai Bandengan menyediakan beragam water sports. Kamu bisa mencoba wahana banana boat, jetski, water flying dish, water jetpack, dan bermain kano. Wahana di darat, kamu bisa mencoba mengitari tepi pantai menggunakan ATV. Jika ingin berenang, kamu bisa menyewa pelampung agar lebih aman.

    Alamat: Bandengan, Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

    Operasional: 24 jam

    Tiket Masuk: Rp5.000/orang

6. Pantai Empu Rancak

* sumber: jejakpiknik.com

Pantai Empu Rancak terletak tak jauh dari Pantai Pailus, menjadi pantai yang kental dengan nuansa Jawa Jepara. Saat masuk ke area pantai, terdapat gapura dengan ukiran khas Jepara. Serta terdapat gazebo, bangku taman, payung-payung dengan motif khas Jawa. Mushollanya pun didesain menyerupai Masjid Agung Demak dengan menara Kudus.

Pantai Empu Rancak memiliki pasir putih dan kebersihan yang sangat terjaga. Begitu juga dengan pesona terumbu karang yang menghiasi pinggir pantai yang sangat cantik dan terjaga. Air laut Pantai Empu Rancak sangat tenang, jadi kamu bisa puas bermain air di pantai ini.

    Alamat: Karanggondang, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

    Operasional: 24 jam

    Tiket Masuk: Gratis

7. Pulau Panjang

* sumber: www.rayadventure.com