Juara bertahan Nadal harus tersingkir dari Australian Open

thesilent1.com – Juara bertahan Rafael Nadal harus tersingkir dari Australian Open 2023, setelah ia mengalami cedera dan kemudian takluk 4-6, 4-6, 5-7 dari petenis AS MacKenzie McDonald, Rabu, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Pada pertandingan putaran kedua itu, Nadal terlihat mengalami cedera pada pinggang kirinya saat hendak melakukan backhand di set kedua. Ia kemudian membutuhkan perawatan dan harus mengambil medical time out saat tertinggal 4-6, 3-5.

Sambil menahan nyeri, ia kembali untuk meneruskan permainan. Namun cedera tersebut berdampak besar kepada Nadal, khususnya saat melakukan backhand. McDonald pun memaksimalkan situasi yang menguntungkannya itu untuk mengamankan kemenangan pada pertandingan yang total berlangsung selama dua jam 32 menit tersebut.

“Merupakan hal yang berat untuk terlibat secara mental dengan hal ini, namun saya menemukan cara untuk mengeluarkan diri,” kata McDonald seperti dikutip AFP.

“Ia merupakan juara yang luar biasa. Ia tidak pernah menyerah apapun yang terjadi. Saya berusaha untuk tetap fokus pada apa yang saya coba lakukan, dan ia seperti sedikit kehilangan ritme, dan saya dapat memanfaatkannya,” tambahnya.

Dengan kekalahan ini, ambisi Nadal untuk merebut gelar ketiganya di Melbourne Park pun sirna. Kekalahan itu juga menandai tersingkirnya Nadal di fase paling awal Australian Open sejak 2016.

Ini adalah akhir perjalanan yang menyakitkan bagi Nadal, terutama setelah ia tampil luar biasa pada 2022. Pada final Australian Open tahun lalu, Nadal bangkit dari tertinggal dua set saat melawan Daniil Medvedev untuk mengunci gelar juara, dan kemudian meraih gelar French Open ke-14nya pada Juni.

Namun pertarungan berat dan melelahkan di perempat final Wimbledon membuat ia mengalami cedera abdomen, yang kemudian mengganggunya sepanjang sisa musim lalu.

Sementara itu, petenis peringkat 65 dunia McDonald akan bertemu pemenang pertandingan antara Yoshihito Nishioka asal Jepang dan petenis kualifikasi asal Ceko Dalibor Svrcina, pada pertandingan putaran ketiga yang akan dimainkan pada Jumat (20/1).