Jonatan Christie Beberkan Penyebab Kegagalan Tampil di Final India Open 2023

thesilent1.com – Dalam babak semifinal India Open 2023 , tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berhadapan dengan Viktor Axelsen asal Denmark. Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie gagal tampil ke babak final India Open 2023 .

Jonatan Christie bertemu Viktor Axelsen di K.D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India pada Sabtu, 21 Januari 2023. tunggal putra Indonesia itu kalah dua set langsung dari Viktor Axelsen.

Jonatan Chrisite harus mengakui keunggulan wakil Denmark. Pebulu tangkis unggulan keempat itu harus memupus asa untuk ke partai puncak usai kalah dari Viktor Axelsen dua gim langsung 6-21 dan 12-21.

Jonatan Christie membeberkan penyebab dia gagal ke babak final India Open 2023 . Menurutnya Viktor Axelsen tampil lebih baik dan mampu menjaga momentum. Ia mengatakan bahwa banyak melakukan kesalahan yang berujung poin buat lawannya itu.

“Saya akui Viktor memang jauh lebih baik. Untuk bisa mendapatkan satu poin saja, sangat susah. Hari ini dia memang tampil terbaik,” kata Jonatan Christie , dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Minggu, 22 Januari 2023.

“Sementara saya memang banyak melakukan kesalahan,” kata dia menambahkan.

Lebih lanjut, Jonatan Christie menyebut bahwa mampu menjaga momentum sangat diperlukan ketika berhadapan dengan Viktor Axelsen. Jonatan mengatakan memiliki momentum untuk membalikkan keadaan di gim kedua namun gagal.

“Bertemu Viktor itu harus bisa menjaga momentum. Tadi saya di gim kedua sempat mendapat momentum dan menyamakan angka. Tapi saat ada bola yang sebenarnya enak, malah tidak bisa saya matikan, momentum itu kembali hilang,” katanya.

Bagi Jonatan Christe, tampil di semifinal India Open 2023 merupakan pencapaian lebih baik pada turnamen pembuka musim ini. Sebelumnya, tunggal putra Indonesia itu tampil di Super 1.000 Malaysia Open pada 10-15 Januari 2023.

Langkah Jonatan di Malaysia dijegal pebulu tangkis asal Jepang, Kenta Nishimoto. Ketika itu, dia terhenti di babak kedua usai kalah dengan skor 15-21, 17-21.

Jadwal turnamen yang selanjutnya akan diikuti Jonatan Christie yaitu Indonesia Masters. Ia sepenuhnya mengalihkan fokus jelang turnamen tersebut.

“Saya fokus ke turnamen Indonesia Masters. Saya akan recovery dulu, apalagi sampai Jakarta pada Senin, 23 Januari dan Selasa, 24 Januari sudah turun bertanding. Saya harus bersiap lagi,” ujar Jonatan Chrisite memungkasi.

Harapan Indonesia meraih gelar di India Open 2023 pupus. Pasalnya wakil Indonesia gagal melaju ke babak final turnamen tersebut.

Selain Jonatan Christie , wakil Indonesia lain yaitu Anthony Sinisuka Ginting juga harus mengakui keunggulan lawan. Ginting bertemu Kunlavut Vitidsarn di babak semifinal.

Pada persaingan babak semifinal di New Delhi, Ginting ditundukkan dalam dua gim langsung 25-27, 21-15 meski sudah berjuang keras dan berupaya mengeluarkan kemampuan terbaik.***