Jelang The Merge Ethereum, Total Value Locked Ethereum Classic (ETC) Naik Dua Kali Lipat

thesilent1.com – Total value locked (TVL) Ethereum Classic sukses mengalami kenaikan lebih dari 100%. Aksi kenaikan ini diakibatkan oleh adanya kucuran likuiditas yang semakin masif dalam rangka mengantisipasi The Merge Ethereum.

Dalam dua bulan terakhir saja, Ethereum Classic (ETC) telah berhasil menyabet predikat sebagai salah satu aset kripto dengan performa terbaik.

Pada bulan Juli lalu, nilai TVL blockchain ini meningkat sebesar 158%. Menurut Be[In]Crypto Research, berdasarkan data dari DeFiLlama, pada tanggal 1 Juli, TVL ETC berkisar di angka US$93.213. Setelah itu, nilainya melonjak tajam menjadi US$241.388 pada tanggal 31 Juli.

Sejarah Singkat Ethereum Classic

Ketika pertama kali memulai debutnya pada tahun 2015, Ethereum Classic awalnya dikenal sebagai Ethereum.

Pembentukan proyek ini digagas oleh Vitalik Buterin dan Ethereum Foundation.

Proyek ini berdiri sebagai respons terhadap tragedi peretasan yang terjadi pada decentralized autonomous organization (DAO) pada tahun 2016 lalu.

Sehubungan dengan itu, tragedi ini kemudian menyebabkan pemecahan pada blockchain sendiri. Di mana blockchain Ethereum yang sekarang kita kenal telah melalui proses fork dan menghasilkan Ethereum Classic.

Sebagai salah satu yang bersifat open-source, blockchain ini dapat berfungsi untuk membangun aplikasi terdistribusi serta smart contract.

Apa Penyebab Meningkatnya TVL ETC Kali Ini?

Lonjakan TVL Ethereum Classic pada bulan Juli mendapat dorongan dari aksi peningkatan value locked pada decentralized applications (dApps) di ekosistemnya sendiri.

Decentralized exchange (DEX) HebeSwap, yang memiliki TVL terbanyak di Ethereum Classic, telah naik lebih dari 60% dalam sebulan terakhir.

Sementara itu, ada lagi DEX lainnya, yaitu ETCswap, yang juga telah berkontribusi besar dalam peningkatan TVL secara umum.

Selanjutnya, pada metrik terbaru, kita bisa menyaksikan bahwa terdapat beberapa chain yang mengalami kenaikan lebih unggul di antara yang lainnya. Di antaranya; yaitu Dogecoin, Lachain, Crab, Ubiq, dan Polis.

Price Reaction ETC

ETC mulai diperdagangkan pada level US$14,93 pada tanggal 1 Juli. Kemudian, berhasil mencapai titik tertinggi bulanannya di harga US$44,97; sebelum akhirnya menguji titik terendah bulanan di area US$13,48. Terakhir, ETC menutup bulan Juli dengan harga di kisaran US$36,45.

Secara keseluruhan, kondisi ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 144% antara harga pembukaan dan penutupan ETC di bulan Juli.

Mau baca analisis Bitcoin (BTC) terbaru dari Be[In]Crypto? Klik di sini!