Jelang Agenda Halving, Akankah Harga Litecoin (LTC) Sanggup Kembali Jadi US$100?

thesilent1.com – Litecoin (LTC), yang juga memiliki julukan sebagai ‘perak bagi emasnya Bitcoin‘, terlihat semakin menguat tahun ini. Alhasil, harga Litecoin lagi-lagi berhasil bergerak mendekati angka tiga digit.

Belakangan ini, Litecoin juga telah menunjukkan banyak progres. Selain itu, sejumlah analis juga berpendapat bahwa LTC bisa jadi bakal mengungguli Bitcoin dalam hal performa harga.

Jaringan Litecoin telah mencatatkan sejumlah tonggak pencapaian on-chain bulan ini. Di samping itu, mereka juga telah memproses transaksi yang ke 141 juta, dan lebih dari US$1 triliun telah dipindahkan ke jaringannya berkat meningkatnya jumlah pembayaran menggunakan Litecoin.

Menurut data dari BitInfoCharts, jumlah transaksi jaringan Litecoin terpantau tetap stabil dan konstan selama setahun terakhir dengan jumlah sekitar 100.000 per harinya.

Litecoin Alami Peningkatan dari Sisi Teknikal dan Fundamental

Sementara itu, hash rate jaringan Litecoin juga telah mencapai titik tertingginya sepanjang masa (ATH) pada minggu lalu, menyentuh angka 670 TH/s (terahash per detik). Saat ini, hash rate-nya sebesar 659 TH/s, atau telah meningkat sebanyak 85% selama 12 bulan terakhir. Sedangkan, mining difficulty yang berfungsi mengukur tingkat persaingan antar miner juga sudah mendekati level puncaknya.

Selanjutnya, nilai transaksi jaringannya juga telah naik hampir dua kali lipat selama dua minggu terakhir ini. Menurut BitInfoCharts, jumlahnya telah meningkat dari sekitar US$20.000 per hari pada 11 Januari, menjadi US$46.000 per hari pada 23 Januari.

Menurut analis senior dari Messari, Tom Dunleavy, LTC sebenarnya sudah berhasil unggul dari Bitcoin (BTC) dan juga Ethereum (ETH) selama tiga bulan terakhir berdasarkan time frame satu tahun.

Pergerakan positif semacam itu kemungkinan besar terjadi karena agenda halving Litecoin yang menurut jadwal akan tayang pada 3 Agustus 2023 mendatang, atau 190 hari lagi. Selama siklus yang terakhir kali, LTC sempat memimpin pasar saat mendekati agenda halving tepatnya pada bulan Agustus 2019. Agenda ini nantinya akan mengurangi block reward yang awalnya 12,5 LTC menjadi 6,25 LTC.

Prospek Harga Litecoin (LTC)

Nyatanya, seluruh narasi positif ini telah berdampak pada harga Litecoin selama beberapa minggu terakhir. Sekarang, aset ini sedang diperdagangkan pada harga US$91,06 setelah mengalami kenaikan 3,3% pada hari itu. Sedangkan, Bitcoin secara komparatif hanya mencatatkan 1,7% selama 24 jam terakhir.

Litecoin berhasil mencetak harga US$92 pada 23 Januari dan saat ini sedang berada di jalur yang tepat untuk mencapai US$100 selama minggu depan atau lebih jika reli pasar terus berlanjut. Luar biasanya lagi, harga LTC tercatat telah membukukan kenaikan sebesar 31% sejak awal tahun ini.

Aset kripto ini sekarang sedang diperdagangkan pada level tertingginya selama delapan bulan terakhir. Sedangkan, terakhir kalinya ia berhasil mengukir harga US$100 yaitu pada awal Mei 2022 lalu. Di samping itu, apabila kita perhatikan dari time frame yang lebih panjang, Litecoin mampu memberikan gambaran yang lebih bullish untuk harga LTC dan juga aksi harganya di masa depan.

Bagaimana pendapat Anda tentang performa harga Litecoin sebelum agenda halving yang akan datang? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.