Jangan Lupa Bawa Pulang, 10 Oleh-Oleh Khas Kendal Yang Paling Wajib Dibeli

thesilent1.com – Bertandang ke Jawa Tengah tak melulu harus berbicara tentang keindahan alam Semarang. Kabupaten Kendal juga patut buat diperhitungkan sebagai destinasi wisata selanjutnya saat berkunjung ke Jateng.

Dibandingkan Semarang, Kendal yang dikenal sebagai wilayah religius bertajuk Beribadat (Bersih, Indah, Barokah, damai, aman dan tertib) ini geliat pariwisatanya juga tidak kalah pamor loh.

Walau tak sepopuler Semarang tetangganya, namun sebagai salah satu kota wisata, Kendal juga menyediakan berbagai macam buah tangan yang menarik buat dijadikan oleh-oleh.

Jadi, jika Sahabat JejakPiknik punya rencana bertandang ke kota Santri ini, jangan lupa bawa pulang oleh-oleh khas Kendal berikut ya!

1. Kerupuk Petis

Berkunjung ke kota Santri, kerupuk petis menjadi selalu oleh-oleh andalan yang paling sering dibawa pulang oleh para wisatawan selain dari bandeng.

Kerupuk ini bahan dasarnya terbuat dari petis udang, tepung pati, ketumbar, vetsin, garam serta bawang putih. Selain memiliki aroma menggoda dan tekstur renyah, penganan tersebut juga cocok menemani berbagai hidangan ataupun cemilan.

Kerupuk petis sendiri umumnya dibanderol seharga Rp.6.000/bungkus. Dan beberapa merk paling terkenal diantaranya ada cap keris, rajawali dan abadi.

Selain harganya dibanderol dengan sangat terjangkau, untuk mendapatkan kerupuk petis ini juga terbilang mudah karena hampir ditemui di semua toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

2. Kerupuk Rambak

Meski kerupuk rambak mudah ditemui di sejumlah tempat di Indonesia, namun cemilan khas Kendal, Jateng ini rasanya lebih gurih dan pastinya tidak membuat tenggorokan sakit.

Untuk membuat kerupuk rambak ini di butuhkan kulit kerbau berkualitas serta aneka bumbu pilihan khas Kendal.

Kerupuk bercita rasa gurih dan renyah ini konon katanya merupakan cemilan favorit Presiden Soeharto dan juga Joko Widodo loh.

Kerupuk rambak sendiri sangat mudah ditemui di desa Penanggulan, Pegandon, Kota Kendal, Jateng. Satu bungkusnya biasanya dibandrol mulai dari Rp.40.000-Rp.80.000, tergantung ukuran beratnya.

3. Kerupuk Tayammum

Kerupuk Tayammum (Goreng Wedi), makanan ringan yang diolah tanpa menggunakan minyak goreng ini juga masuk dalam jajaran oleh-oleh khas Kendal.

Bahan baku kerupuk tersebut terbuat dari adonan tepung tapioka, garam, terasi, penyedap rasa serta pewarna makanan.

Cemilan ringan satu ini juga sangat mudah ditemui di beberapa kota di Indonesia seperti di Demak dan Kediri namun dengan nama kerupuk pasir atau useg.

Dan di Kendal sendiri, kerupuk tayammum sangat mudah ditemui baik di warung atau pusat oleh-oleh. Mengenai harga, hanya berkisar Rp.6.000-Rp.7.000 untuk yang mentah sementara bila sudah digoreng kisaran Rp.11.000-Rp.12.000/kg.

4. Emping Bandeng

Bila pada umumnya emping kerap dibuat dari melinjo, namun tidak dengan di kota Kendal. Di daerah tersebut keripik ini bahannya justru menggunakan ikan bandeng.

Rasanya yang gurih dan sangat nikmat, cocok untuk dijadikan sebagai hidangan pendamping makanan ataupun cemilan saat sedang bersantai.

Emping bandeng tersebut termasuk salah satu makanan yang paling mudah ditemukan di toko atau pusat oleh-oleh di Kendal dan harganya pun terbilang relatif terjangkau.

5. Getuk Goreng

Bagi Sahabat JejakPiknik penggemar jajanan tradisional berbahan dasar singkong, maka getuk goreng khas Kendal adalah salah satu makanan paling wajib buat dibawa pulang.

Sesuai namanya, jajanan tradisional ini bahannya terbuat dari ubi yang sudah diolah menjadi getuk kemudian digoreng. Sahabat JejakPiknik penasaran kan seperti apa rasanya?

Nah, jika penasaran Sahabat JejakPiknik silahkan berkunjung ke Getuk Goreng Bu Ana di jln.raya Timur Kaliwungu, Sebrang Lor, Kutoharjo, Kendal.

Selain dijual dengan harga sangat terjangkau, getuk goreng Bu Ana ini juga bisa Sahabat JejakPiknik dapatkan secara online.

6. Batik Kendal

Berbicara tentang buah tangan dari Kendal, tak selamanya harus berupa makanan, mungkin membeli batik khas daerah tersebut juga bisa menjadi ide bagus.

Walau mudah ditemui di daerah lain namun batik khas Kendal ini tidak kalah cantik, karena coraknya dibuat dengan motif flora dan juga fauna.

Meski kehadiran batik khas Kendal sudah semakin jarang ditemui namun masih ada beberapa pengrajin yang melestarikannya.

Dan mengenai harganya, bisa dibilang cukup terjangkau tergantung dari jenisnya, motif serta tingkat kesulitan pembuatannya.

7. Gerabah

Selain kain batik, gerabah khas Kendal juga menjadi salah satu souvenir paling laris diburu oleh kalangan wisatawan.

Gerabah khas Kendal yang banyak diproduksi di kelurahan Langenharjo ini bentuknya ada bermacam-macam mulai dari kendil, layah, tungku, pot bunga sampai berupa muntu.

Disamping bentuknya yang beragam, gerabah juga menjadi salah satu buah tangan yang pas buat dijadikan hiasan di rumah ataupun dibagikan untuk orang-orang tersayang sebagai oleh-oleh.

Aneka macam gerabah ini sangat mudah didapatkan di daerah Langenharjo dan harganya bervariasi, tergantung jenis serta tingkat kesulitan dalam membuatnya.

8. Payung Kertas

Payung kertas tidak hanya mudah ditemukan di Jepang saja namun kerajinan ini juga banyak ditemui di kota Kendal, Jawa Tengah.

Kerajinan ini bahannya terbuat dari kertas bekas bungkus semen dengan rangka kayu yang kemudian disulap menjadi sebuah payung cantik.

Payung kertas khas Kendal ini biasanya paling sering digunakan sebagai pelengkap aktifitas kesenian atau aksesoris tari.

Payung kertas paling mudah ditemukan di desa Kutoharjo, Kaliwungu atau daerah Lebon, kecamatan Boja. Dan harganya hanya kisaran 70-90 ribuan saja.

9. Keripik Buah

Buah tangan selanjutnya yang cukup rekomendasi buat dibawa pulang saat berkunjung dari kota Kendal adalah aneka keripik buah.

Aneka keripik khas Kendal ini bahan dasarnya terbuat dari berbagai macam buah segar ada nangka, nanas, apel, pisang, salak dan lain sebagainya.

Selain mantap untuk dijadikan cemilan saat dalam perjalanan pulang, keripik buah tersebut juga cocok buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari kota Kendal.

Untuk menemukannya tidak sulit, karena banyak dijual di toko oleh-oleh dan harganya sangat terjangkau hanya 10 ribuan saja per bungkus.

10. Kaos Khas Kendal

Nah, buah tangan terakhir ini, tak hanya Sahabat JejakPiknik yang suka, si penerima juga pasti akan sangat senang mendapatkannya.

Selain didesain dengan gambar unik, bahannya juga sangat nyaman jadi akan cocok untuk dijadikankoleksi pribadi atau buat oleh-oleh.

Kaos khas Kendal sendiri tidak sulit didapatkan karena banyak toko souvenir yang menjualnya dan harganya dibanderol mulai Rp.99.000 per pieces.

Nah, sudah tahu kan apa saja oleh-oleh khas kota Kendal. Sahabat jejakPiknik sudah tentukan mana yang ingin dibawa pulang?