JANGAN Lakukan! Ini Kebiasaan yang Bikin Susah Kaya

thesilent1.com – Kebiasaan yang kita lakukan menentukan masa depan kita. Hati-hati dengan kebiasaan yang bisa bikin susah kaya dan menjauhkan kita dari keberhasilan.

Jangan sampai salah satu dari kebiasaan berikut ini menghancurkan hidup Anda. Simak pembahasannya dalam artikel Finansialku kali ini. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Definisi Kebiasaan

Kebiasaan adalah perilaku yang dilakukan secara rutin dan berulang. Kamus online Merriam-Webster mendefinisikan kebiasaan sebagai berikut:

    Mode perilaku yang diperoleh yang telah menjadi hampir atau sepenuhnya tidak disadari

    Disposisi yang berlaku atau karakter pikiran dan perasaan seseorang.

    Kecenderungan menetap atau perilaku perilaku yang biasa

    Pola perilaku yang diperoleh dengan pengulangan yang sering atau paparan fisiologis yang menunjukkan dirinya dalam keteraturan atau peningkatan fasilitas kinerja

Dari pengertian di atas, kebiasaan bisa diartikan sebagai perilaku yang hampir atau sepenuhnya tidak disadari dan karena mereka sering diulang, kita menjadi ‘lebih baik’ dalam melakukannya.

Salah satu contohnya seperti seorang siswa yang selalu diberi soal latihan matematika. Semakin sering ia berlatih dan menjadi biasa mengerjakan soal dengan pola yang berulang, maka ia akan semakin baik dalam mengerjakannya, bahkan bisa semakin cepat dalam menemukan jawabannya.

Dapat dikatakan bahwa kebiasaan menentukan karakter, pikiran dan perasaan kita serta perilaku yang biasa kita lakukan.

Kebiasaan juga dapat dianggap sebagai penghubung antara stimulus dan respons. Ini berfungsi sebagai koneksi mental antara pemicu pikiran atau peristiwa (stimulus) dan tanggapan kita terhadap pemicu tersebut (tanggapan).

[Baca Juga: 12 Cara Menghindari Stres akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents]

Dengan melakukan pengulangan secara terus-menerus (kontinu), ini akan membentuk kebiasaan dan mempengaruhi semua keputusan dan tindakan selanjutnya.

Jika kegiatan yang dilakukan cukup sering mengalami pengulangan, kebiasaan ini menjadi hampir permanen (tidak dapat diubah) kecuali kita mengambil tindakan secara sadar untuk mengubahnya.

Sebagai contoh, keadaan stres bisa memicu stimulus seseorang untuk makan secara berlebihan. Stres secara fisik, emosional atau mental dan dipicu oleh hal-hal rasa tidak percaya diri terhadap penampilan, mengalami kelelahan secara berlebihan dalam kurun waktu yang cukup lama, ada masalah keluarga atau dengan pasangan, mengalami tekanan di tempat kerja dan lain sebagainya.

Banyak orang yang menganggapi rasa stresnya tersebut dengan makan dan secara tidak sadar karena ia terus mengalami stres, ia mengalihkan perhatiannya dengan makan.

Seiring waktu, hal itu bisa menjadi begitu kuat sehingga respons otomatis atau kebiasaan kita terhadap stres adalah makan.

Dalam psikologi, ini dikenal sebagai pengkondisian klasik, seperti yang ditunjukkan Teori Pavlov dengan objek anjing yang ia lakukan dalam penelitiannya. Anjing-anjing dalam penelitian yang ia lakukan belajar mengaitkan nada yang mereka dengan dengan makanan dan akan mengeluarkan air liur setiap kali mereka mendengar nada, apakah ada makanan atau tidak.

Kebiasaan Bikin Susah Kaya

Hanya dengan menyadari bahwa kebiasaan tersebut akan membuat hidup Anda semakin buruk atau membawa pada kegagalan dalam hidup, Anda bisa keluar dari kebiasaan itu dan mematahkan respon yang salah terhadap sebuah stimulus yang datang pada diri Anda sendiri.

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang biasanya secara tidak sadar dilakukan dan berdampak pada kegagalan, terutama bikin Anda susah kaya.

Apa saja itu kebiasaan yang bikin susah kaya?

#1 Menggunakan Kartu Kredit di Luar Batas Kemampuan Bayar

Tak ada salahnya menggunakan fasilitas kartu kredit. Banyak fasilitas yang ditawarkan dari kartu kredit dari setiap bank tertentu yang jika digunakan secara bijak, Anda mendapatkan keuntungan darinya.

Kesalahan yang terjadi ketika seseorang terjerumus pada utang kartu kredit adalah mereka tidak menggunakan kartu kredit tersebut secara bijak.

Mereka tidak memiliki perencanaan yang benar dan menggunakan kartu kredit untuk semua pembayaran tanpa menyadari batas kemampuan bayar yang bisa ia lakukan.

Anda bisa memanfaatkan setiap keuntungan dari fasilitas yang diberikan dari penggunaan kartu kredit, namun penggunaannya perlu didasarkan pada kebutuhan Anda, bukan keinginan Anda.

Oleh sebab itu, Anda perlu perencanaan dalam memiliki anggaran bulanan Anda. Daftarkan setiap kebutuhan Anda setiap bulannya.

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

Tahukah Anda bahwa setiap jenjang usia memiliki perbedaan dalam cara perencanaan keuangan mereka?

Segera miliki ebook perencanaan keuangan sesuai usia Anda dari Finansialku:

    Panduan Perencanaan Keuangan bagi Pemula untuk Usia 20-an

    Panduan Perencanaan Keuangan bagi Pemula untuk Usia 30-an

Jika Anda tidak ingin terlilit utang dan hidup Anda tidak tenang karena dikejar-kejar oleh debt collector, segera perbaiki kebiasaan buruk ini dengan menggunakan kartu kredit secara bijak dan sesuai kemampuan pembayaran Anda.

#2 Tidak Membuat Anggaran Bulanan

Anggaran bulanan memiliki fungsi sangat signifikan dalam perencanaan keuangan, termasuk perencanaan keuangan pribadi Anda.

Misalnya, Anda perlu menyiapkan dana pendidikan anak Anda ketika masuk sekolah nanti. Tentu biaya masuk sekolah nilainya cukup tinggi, dibanding bulan-bulan setelahnya, atau ketika harus registrasi ulang.

Jika daftar ini tidak masuk dalam anggaran pada bulan tertentu, alhasil Anda bisa kebingungan ketika saat Anda harus melakukan pembayaran atau pelunasan uang sekolah.

Tanpa adanya anggaran keuangan, tentu setiap tujuan keuangan kita tidak akan tercapai.

[Baca Juga: Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan? Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga]

Apakah tujuan keuangan Anda pada tahun ini, atau 2 tahun ke depan?

Kira-kira kapan Anda ingin mewujudkan impian Anda untuk memiliki rumah sendiri dengan pasangan Anda?

Atau lebaran tahun depan, kira-kira Anda akan berlibur kemana ya?

Tentu setiap impian dan tujuan tersebut memerlukan biaya dan perlu masuk dalam anggaran yang dipersiapkan.

Untuk memudahkan Anda melakukan pencatatan anggaran dengan mudah dan praktis, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku.

Dengan Aplikasi Finansialku, Anda akan sangat terbantu tidak hanya untuk mencatat anggaran bulanan, tetapi juga dalam pencatatan arus keuangan pribadi harian.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati fitur perencanaan dana liburan atau dana membeli barang tertentu yang Anda perlukan, termasuk dana pendidikan buah hati Anda.

Tertarik untuk menggunakannya? Gunakan free trial Aplikasi Finansialku selama 30 hari, dan rasakan manfaat seluruh fiturnya.

Jika Anda ingin berlangganan, Anda disarankan untuk bisa berlangganan selama 1 tahun, selain untuk menghemat biaya registrasi, Anda bisa berkesempatan mendapatkan keuntungan tambahan berupa kursus online secara gratis mengenai perencanaan keuangan selama 1 tahun yang dipandu oleh Konsultan Perencana Keuangan Profesional Finansialku.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah kebiasaan baru yang baik dengan mencatat anggaran bulanan dan merapikan alokasi dana Anda untuk mencapai tujuan keuangan sesuai impian Anda.

#3 Mengeluarkan Biaya Lebih pada Hobi yang Tidak Produktif

Setiap orang memiliki hobi atau kesenangan masing-masing, entah itu pada otomotif seperti kendaraan bermotor, koleksi barang-barang antik, hobi memelihara hewan atau pet grooming dan lain sebagainya.

Tidak ada salahnya memiliki hobi dan mengeluarkan biaya untuk hal yang Anda senangi, selain untuk melepas kepenatan dari rutinitas, Anda mendapatkan energi dalam melakukan hobi Anda.

Tapi, jika hobi Anda terus menerus menyedot isi dompet Anda namun tidak ada timbal balik atau menghasilkan sesuatu profit yang produktif, rasanya ini akan menjadi kebiasaan yang bikin susah kaya.

Memiliki hobi boleh-boleh saja, tapi jika ini menjadi tidak produktif dan menghasilkan, Anda perlu berpikir ulang untuk membuatnya semakin produktif.

[Baca Juga: Inilah 3 Skill Yang Perlu Dimiliki Untuk Menjadi Trader Saham Sukses!]

Anda bukan lagi anak-anak yang mengoleksi mainan dan meminta uang jajan kepada orangtua.

Anda perlu membiayai hidup Anda sendiri, bukan?

Gunakan kreativitas Anda untuk menyalurkan hobi Anda untuk bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan bagi dompet Anda dan arus finansial Anda.

Misalnya, jika Anda pecinta kopi, mungkin Anda bisa mengembangkan hobi Anda sambil membuka kedai kopi yang Anda rintis sendiri.

Jika Anda pecinta hewan peliharaan, Anda bisa menggunakan peluang ini untuk membuka usaha pet grooming seperti salon hewan peliharaan, tempat penitipan hewan dan lain sebagainya.

Intinya adalah gunakan hobi Anda untuk sesuatu yang lebih produktif, di samping kenikmatan tersendiri dalam melakukan kesenangan Anda tersebut.

Bagi Anda yang melakukan bisnis, pisahkan laporan keuangan pribadi dan keuangan bisnis Anda dengan Aplikasi Jurnal Keuangan Pribadi & Bisnis dari Finansialku yang dapat memudahkah Anda dalam pencatatannya.

#4 Tidak Menabung untuk Investasi

Sejak kecil kita diajarkan betapa pentingnya menabung.

Secara logika, kita tentu memandang bahwa kegiatan menabung itu sangat positif, namun seringkali pengertian tersebut tidak menjadi sebuah kebiasaan yang tertanam dalam diri kebanyakan orang.

Bagaimanakah cara Anda dalam menabung?

Apakah Anda menabung dari sisa uang bulanan yang sudah dibelanjakan atau Anda memprioritaskan dari awal?

Ajaran nenek moyang kita mengatakan bahwa, “sisihkanlah penghasilanmu untuk ditabung.”

Kata sisihkan bermakna bahwa tabungan hanyalah sisa dari uang yang telah dialokasikan dari kebutuhan bulanan.

Tapi, jika kita melihat betapa pentingnya mempersiapkan hari tua, tentu kita harus memprioritaskannya bukan?

Sadar tidak sadar, inilah yang bisa menjadi kebiasaan bikin susah kaya, di mana kita tidak memprioritaskan menabung demi masa depan atau hari tua.

Boro-boro menabung, apalagi untuk berinvestasi. Padahal, investasi adalah sebuah kendaraan yang dapat kita gunakan untuk menuju kebebasan finansial di hari tua.

Sudahkah Anda memprioritaskan tabungan Anda untuk mempersiapkan dana hari tua melalui investasi pilihan Anda?

Banyak orang yang ingin memiliki keberhasilan finansial dan bermimpi untuk memiliki kebebasan finansial namun mereka takut dengan risiko yang harus mereka tanggung.

Investasi adalah salah satu kendaraan yang mampu membawa Anda pada kebebasan finansial, asalkan Anda tidak takut dengan risiko.

Mulai prioritaskan menabung dan mulailah berinvestasi! Minimalkan risiko dalam berinvestasi dengan belajar lewat rangkaian ebook investasi dari Finansialku yang dapat Anda unduh di bawah ini:

    Panduan Berinvestasi Saham

    Panduan Berinvestasi Emas

    Panduan Berinvestasi Reksa Dana

Tak perlu takut untuk berinvestasi, segera miliki panduan dalam berinvestasi melalui ebook dari Finansialku di atas dan siapkan dana hari tua Anda dari sekarang!

Miliki Masa Depan yang Gemilang melalui Kebiasaan Positif yang Membangun Diri

Apa yang akan Anda lakukan hari ini akan berimbas pada esok hari, demikian juga kebiasaan Anda saat ini, tentu akan sangat menentukan masa depan Anda kelak.

Jangan biarkan diri Anda terhanyut dalam penyesalan karena kebiasaan buruk yang membuat Anda susah kaya di atas menghambat Anda untuk sukses dan menjauhkan diri Anda dari setiap impian yang ingin Anda capai.

Ubah kebiasaan Anda, sedikit demi sedikit dan lihat diri Ada dua hingga 3 tahun ke depan bahkan 10 tahun ke depan di mana Anda mendapati diri mengalami perubahan yang semakin baik, terutama dalam hal finansial dan setiap mimpi Anda dapat tercapai.

Apakah Anda sedang berusaha mengubah kebiasaan buruk yang membuat Anda susah kaya? Tentu Anda sudah menyadarinya dan sedang dalam proses untuk memiliki kebiasaan yang lebih baik.

Berikan tanggapan dan komentar Anda tentang cara Anda melakukan perubahan dari setiap kebiasaan buruk tersebut melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai perencanaan keuangan pribadi, keluarga ataupun bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda.

Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Tom Corley. 26 April 2018. 10 Poor Money Habits That Are Leaving You Broke. Propertyupdate.com.au – https://goo.gl/CVXtAV

    Thomas C. Corley. 2 Oktober 2015. My 5-Year Study of Rich and Poor People Found 4 Types of Habits that Will Keep You from Getting Rich. Businessinsider.com – https://goo.gl/QtN2su

Sumber Gambar:

    Kebiasaan bikin susah kaya – https://goo.gl/h1Jdij

    Kebiasaan – https://goo.gl/WyVCmm

    Hobi produktif – https://goo.gl/iPuYzC