Inilah 8 Pantai di Balikpapan untuk Para Pemburu Sunset

thesilent1.com – Balikpapan lebih terkenal sebagai kota penghasil minyak, tetapi Kota Balikpapan juga memiliki destinasi wisata pantai yang layak kamu kunjungi. Pantai-pantai ini bisa kamu jadikan tempat untuk bersantai dengan menikmati matahari tenggelam yang indah.

Ingin berburu sunset? Simak beberapa pantai yang dapat kamu kunjungi saat kamu bertandang ke Balikpapan berikut ini.

1. Pantai Kemala

Pantai Kemala merupaka pantai dengan kawasan pantai yang kecil, tidak terlalu luas. Tetapi pantai ini dapat kamu gunakan untuk bersantai selepas kerja. Di pantai ini anak-anak dapat bermain dengan pasir pantainya yang berwarna putih. Ada beragam wahana air yang dapat kamu mainkan di pantai ini

Pantai Kemala adalah pantai yang cukup ramai dikunjungi terutama di saat weekend, jadi jika kamu datang disaat weekday pantai ini akan jauh lebih tenang. Fasilitas makan di sekitar pantai pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu terdapat beragam pilihan penginapan yang disewakan.

    Alamat: Jl. Sudirman, Prapatan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur

    Jam buka: 08.00 – 22.00 WITA

    HTM: Rp15.000

    Parkir: Mobil Rp10.000, Motor Rp5.000

2. Pantai Manggar Segarasari

Pantai ini merupakan satu pantai yang sering dikunjungi oleh wisatawan di kala akhir pekan telah tiba. Pantai ini banyak dikunjungi oleh keluarga. Pantainya nyaman karena memiliki banyak ombaknya yang kecil dan memiliki pasir pantai yang putih kecokatan dengan air lautnya yang cukup jernih.

Pohon- pohon pinus yang berada di pinggir pantai memberikan keteduhan dan kesejukan bagi pengunjung pantai. Di pantai ini tak hanya bermain pasir dan air yang dapat kamu lakukan, tapi olahraga seperti bermain voli atau sepakbola, karena net telah disediakan di pantai ini.

    Alamat: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Kel. Mangga, Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim

    Jam buka: 06.00 – 18.00 WITA

    HTM: Dewasa Rp3.000, Anak-anak Rp2.000

    Parkir: Mobil Rp10.000, Motor Rp2.500

3. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru adalah pantai yang cocok untuk tempat berlibur anak-anak. Pantai ini memiliki bibir pantai yang landai dan ombaknya tidak terlalu tinggi, sehingga pantai ini aman untuk dikunjungi seluruh anggota keluarga. Selain itu pantai ini banyak banyak dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan.

Pantai Lamuru memiliki garis pantai yang panjang sehingga di saat sedang ramai pun kamu akan tetap nyaman berwisata di pantai ini. Fasilitas penunjang di sekitar pantai pun cukup lengkap sehingga kamu memilki banyak waktu untuk menikmati pantai yang rimbun dengan pohon cemara ini.

Selain berwisata menikmati keindahan pantai, di sini juga terdapat tempat bersejarah yang dapat kamu kunjungi. Di sekitar Pantai Lamuru juga terdapat pemakanan tentara Jepang yang gugur selama Perang Dunia II. Sekarang tempat ini dilindungi oleh Undang-undang dan dijadikan cagar budaya.

    Alamat: Jl. Mulawarman, Ds. Teritip, Kel. Lamaru, Balikpapan, Kalimantan Timur

    Jam buka: 06.00 – 17.30 WITA

    HTM: Rp15.000

    Parkir: Mobil Rp15.000, Motor Rp5.000, Bus Rp50.000

4. Pantai Batu Banua Patra

Pantai Banua Patra dikenal juga dengan nama Pantai batu, hal itu karena di pantai ini banyak sekali batu alam yang tersusun alami. Batuan tersebut membentuk seperti pulau di pinggiran pantai. Banyaknya batuan di sekitar pantai ini membuat kegiatan berenang berbahaya untuk dilakukan.

Tak banyak yang berwisata ketempat ini, sebagina besar yang berkunjung biasanya untuk kegiatan memancing. Tempat ini sangat cocok untuk kamu melihat matahari tenggelam dengan bebas tanpa terhalangi. Tempat ini juga jadi spot favorit untuk fotografi karena tempatnya yang tidak ramai.

    Alamat: Prapatan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur

    Jam buka: 24 Jam

    HTM: –

5. Pantai Melawai

Pantai Melawai bukalah pantai yang memiliki pasir putih yang landai, tetapi bibir laut yang dibatasi oleh tembok beton dan karang. Pantai Melawai merupakan spot yang terbaik untuk melihat matahari yang tenggelam. Dari pantai ini kamu akan melihat matahari yang tenggelam dengan indah.

Fasilitas di pantai ini memungkin kamu untuk melihat tenggelamnya matahari sambil menyantap kuliner berupa olahan seafood. Selain dari tempat melihat matahari tenggelam, di pantai ini juga terdapat beberapa pulau kecil yang dapat kamu kunjungi di saat pantai sedang surut.

    Alamat: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

    Jam buka: 24 Jam

    HTM: Gratis

6. Pantai AURI Sepinggan

Pantau Auri Sepinggan merupakan pantai yang cocok kamu kunjungi bersama kelaurga, karena pantai ini terbilang mudah untuk dijangkau. Fasilitas di sekitar pantai pun cukup lengkap. Pantai ini sendiri berada di daerah Perumahan TNI AU, untuk masuk kamu harus melewati pos TNI AU terlebih dahulu.

Jika kamu senang dengan fotografi kamu dapat singgah terlebih dahulu di jembatan kayu yang dengan pantai sebagai latar belakangnya. Pantai ini juga satu tempat yang cocok untuk berburu senja. Pantainya juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang serta ditemani semilirnya angin.

    Alamat: Kel. Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

    Jam buka: 24 Jam

    HTM: Rp10.000

    Parkir: Mobil Rp5.000, Motor Rp3.000

7. Pantai Monpera