Inilah 10 Tips liburan ke Bandung yang Wajib Kamu Tahu

thesilent1.com – Bandung atau biasa disebut kota kembang, merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh sebagian besar masyarakat, baik itu masyarakat lokal maupun mancanegara. Letak wilayahnya yang berada di pegunungan, membuat cuaca di kota ini relatif lebih dingin.

Tidak hanya terkenal dengan objek wisatanya saja, namun Bandung juga memiliki kuliner yang beraneka ragam, tidak heran jika kota ini menjadi incaran para wisatawan.

Namun bagi kamu yang baru pertama kali mengunjungi kota ini, mungkin akan sedikit kebingungan ketika hendak memulai liburan karena ada banyak sekali tempat wisata yang ditawarkan. Begitu pun dengan jenis kuliner yang akan di santap

Mengingat Bandung ini cukup besar, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum mengunjungi kota kembang ini. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena Keluyuran telah merangkumnya menjadi 10 Tips Liburan ke Bandung yang wajib kamu tahu!

1. Kenali Wilayah Menarik di Bandung

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk berlibur ke Bandung adalah dengan mengenali wilayah, atau tempat-tempat menarik apa saja yang ada di Bandung. Sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, namun akan lebih baik jika kamu menentukan terlebih dahulu, wilayah apa yang ingin kamu tuju.

Dengan begitu, liburanmu akan lebih terencana dan kamu pun bisa mengantisipasi beberapa hal yang mungkin akan terjadi. Sebagai informasi ada beberapa kawasan di kota bandung yang sangat terkenal dengan objek wisatanya yaitu kawasan Lembang, Dago, Asia afrika, Ciwidey, Cihampelas dan Braga.

Jika kamu lebih menyukai nuansa alam, ada baiknya kamu mengunjungi kawasan lembang dan dago. Namun jika kamu ingin memburu foto liburan dengan nuansa di tengah-tengah kota, kawasan Asia Afrika, Cihampelas, dan Braga bisa jadi salah satu alternatif yang bisa kamu pilih.

2. Pilihlah Transportasi yang Tepat dan Murah

Setelah berhasil menentukan wilayah mana yang akan dikunjungi, langkah selanjutnya adalah memilih transportasi yang tepat dan murah. Tentunya kamu bisa menyesuaikan transportasi yang cocok, sesuai dengan kebutuhanmu. Ada banyak sekali jenis transportasi yang bisa kamu pilih, mulai dari bus, travel, kereta api, hingga pesawat.

Bagi kamu yang memilih menggunakan transportasi umum, tentunya kamu akan membutuhkan kendaraan lain untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan transportasi online. Jika ingin lebih hemat lagi, maka kamu bisa memilih angkutan umum yang tersedia di sekitar kota bandung.

3. Memilih Penginapan Murah, Aman dan Nyaman

Bagi kamu yang ingin bermalam di Bandung, tentunya saja kamu harus memilih homestay atau penginapan. Apabila memungkinkan, ada baiknya kamu perlu mencari penginapan yang lokasinya dekat dengan tempat wisata yang hendak kamu tuju. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu dan juga terhindar dari macet.

Selain itu, pastikan juga untuk memilih tempat penginapan yang aman, nyaman dan juga harganya terjangkau. Tidak perlu khawatir, sekarang ini sudah banyak hotel di Bandung yang menawarkan harga murah dan juga fasilitas yang nyaman. Jadi, kamu hanya perlu menyesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan yang kamu inginkan ya.

4. Memulai Aktivitas Sejak Pagi Hari

Sangat penting untuk mengawali aktivitas di pagi hari, karena selain bisa lebih fresh dan semangat suasana dan cuaca di kota bandung, pada pagi hari sangat sejuk untuk dinikmati. Selain itu, arus lalu lintas kota Bandung di pagi hari juga jauh lebih lenggang dibandingkan siang hari. Jadi kamu bisa terbebas dari kemacetan lalu lintas.

Tidak hanya itu, di pagi hari suasana tempat wisata pun tidak akan terlalu ramai, dibandingkan siang hari. Sangat tidak nyaman bukan? Terlebih lagi ketika harus mengantri untuk membeli tiket, atau berdesak-desakan di tengah kerumunan banyak orang. Tapi sebelumnya kamu harus memastikan terlebih dahulu jam operasional tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

5. Hindari High Season atau Hari Libur

Mengingat banyaknya tempat wisata kekinian di kota Bandung, tentu saja kota ini menjadi incaran sebagian besar pariwisata. Apalagi saat hari libur dan hari hari besar, sudah pasti Bandung akan kebanjiran wisatawan dari berbagai daerah.

Untuk itu, ada baiknya kamu menghindari untuk pergi berlibur pada saat high season atau hari libur. Sangat tidak nyaman bukan jika harus berlibur dengan suasana pengunjung yang membludak? Apalagi disaat masa PPKM seperti sekarang ini, dimana kita dilarang untuk berkerumun.

Atau jika memang kamu hanya memiliki waktu di hari libur, usahakan memilih waktu berlibur di pagi hari atau di sore hari. Selain suasananya lebih bersahabat, kamu akan jauh lebih nyaman menikmati waktu liburan mu.

6. Menikmati Sajian Kuliner Badung

Belum afdol rasanya ketika kita mengunjungi suatu daerah, namun tidak mencicipi kulinernya. Sama halnya seperti kota-kota lain, tentunya Bandung juga memiliki makanan khas.

Ada banyak sekali makanan dan menu menarik khas Bandung yang bisa kamu coba seperti, bandros siomay, batagor, pisang bolen, surabi oncom, nasi tutug oncom, sate jando, mie kocok dan masih banyak lagi. Untuk kamu penggila kuliner dijamin akan ketagihan dengan ragam makanan yang ada di Bandung. Bagaimana? Sudah siap berburu jajanan?