Ingin Tingkatkan Brand Awareness, FTX Jalin Kemitraan dengan GameStop

thesilent1.com – GameStop pada hari Rabu (7/9) mengumumkan menjalin kemitraan dengan FTX US. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk memperkenalkan lebih banyak pelanggan GameStop ke komunitas dan marketplace digital aset FTX.

Selain berkolaborasi dengan FTX dalam inisiatif e-commerce dan marketing online, GameStop juga akan mulai menawarkan FTX gift cards di toko-toko tertentu mereka. Selama jangka waktu kemitraan ini, GameStop akan menjadi mitra ritel pilihan FTX di Amerika Serikat (AS).

Kabar ini menjadi langkah terbaru dari crypto exchange yang dimiliki Sam Bankman-Fried (SBF) dalam meningkatkan brand awareness mereka kepada khalayak yang lebih luas di AS. Dalam laporan Forbes yang terbit pada 22 Agustus lalu, konon salah satu prioritas utama SBF adalah ekspansi di AS, dengan menarik lebih banyak pelanggan ritel.

Menurut laporan keuangan yang bocor dan diterbitkan di CNBC, FTX US diketahui hanya menghasilkan kurang dari 5% dalam US$1 miliar pendapatan FTX pada tahun 2021.

“Kami hampir tidak sekuat beberapa pemain lain, termasuk Coinbase, Robinhood, dan Binance, dalam hal pengenalan brand, jumlah basis pengguna, dan adopsi konsumen,” jelas SBF kepada Forbes.

FTX Jalin Kolaborasi dengan Reddit

Sebelumnya, FTX pada 9 Agustus mengumumkan integrasi dengan Reddit Community Points di AS, Uni Eropa (UE), Australia, dan market global lainnya.

Kemitraan ini menampilkan integrasi FTX Pay sebagai solusi pembayaran dan pertukaran white label untuk mendukung pengguna dalam mendapatkan Reddit Community Points. Sebagai informasi, FTX Pay adalah layanan pembayaran kripto teregulasi yang dikelola oleh FTX.

Reddit Community Points merupakan ukuran reputasi di komunitas pengguna. Di berbagai subreddit, mereka ditampilkan di sebelah nama pengguna, sehingga kontributor komunitas terbesar menonjol dari yang lain. Karena Reddit Community Points ada di blockchain Arbitrum Nova, pengguna dapat mengambil reputasi mereka di mana pun mereka dikenali di internet.

Integrasi FTX Pay memungkinkan pengguna untuk membeli kripto Ether (ETH) dari aplikasi Reddit yang didukung, yang kemudian dapat digunakan untuk membayar gas fee atau biaya jaringan blockchain untuk transaksi Reddit Community Points mereka secara on-chain.

Penggemar GameStop: Gamer & Investor

GameStop selama ini dikenal sebagai perusahaan pengecer produk yang berkaitan dengan video game, konsol game, dan aksesorisnya, yang memiliki markas di AS. Sebenarnya, kinerja GameStop menurun selama pertengahan akhir 2010-an, karena pergeseran penjualan video game ke belanja online dan download, serta gagalnya investasi mereka di ritel smartphone.

Perusahaan yang telah go public di New York Stock Exchange ini kemudian menjadi terkenal selama pandemi Covid-19 sebagai meme stock. Para pihak yang terlibat dalam forum Reddit r/wallstreetbets memiliki andil besar atas hal ini.

Harga saham GameStop mencapai puncaknya di level US$347,51 pada Januari 2021. Padahal pada 31 Desember 2020, harga saham GME hanya mencapai US$18,84 per lembar. Setelah GameStop mencapai statusnya sebagai meme stock tahun lalu, basis penggemar perusahaan ini sebagian besar terbelah antara dua kelompok, yaitu gamer dan investor.

Ambisi GameStop Masuki Dunia Web3

Selain menjalin kemitraan dengan FTX, GameStop pada 23 Mei lalu telah mengumumkan meluncurkan self-custodial crypto wallet yang memungkinkan para gamer dan berbagai pihak lainnya menyimpan, mengirim, dan menerima, serta menggunakan cryptocurrency dan non-fungible token (NFT) di seluruh aplikasi terdesentralisasi (dApps) tanpa harus meninggalkan browser web mereka.

GameStop Wallet adalah self-custodial Ethereum wallet. Ekstensi dompet kripto ini dapat diunduh di Chrome Web Store serta sejumlah web browser lainnya berbasis Chromium. Situs GameStop Wallet mengindikasikan bahwa mereka juga akan menyediakan self-custodial crypto wallet sebagai aplikasi di iOS Apple.

Lalu pada 11 Juli 2022, GameStop resmi meluncurkan marketplace NFT. Adapun GameStop bermitra dengan Immutable X pada Februari 2022 untuk membangun marketplace NFT. Immutable X adalah jaringan Ethereum layer-2 untuk NFT yang dibangun dengan teknologi ZK-rollup StarkWare, yang dimaksudkan untuk meningkatkan skalabilitas dan menurunkan gas fee.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Sampaikan pendapat Anda kepada kami. Jangan lupa follow akun Instagram Be[In]Crypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!