Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggoreng dengan Wajan Anti Lengket

thesilent1.com – Ada yang mengatakan bahwa kita tidak bisa melakukan deep frying di wajan anti lengket.

Memang, wajan anti lengket sebenarnya dibuat untuk beberapa metode masak spesifik, seperti menggoreng telur atau menumis sayuran.

Food Network pun mengatakan, wajan anti lengket diciptakan dengan lapisan khusus yang membuat makanan yang kita goreng tidak akan menempel di wajan.

Intinya, wajan jenis ini memang tidak dibuat untuk menggoreng ayam atau kentang goreng yang dilakukan secara deep frying alias merendam makanan dalam minyak.

Namun, bukan berarti kita benar-benar tidak bisa melakukannya.

Hanya saja, kita perlu mengetahui beberapa fakta sebelum menggoreng deep frying dengan wajan anti lengket. Berikut faktanya.

  • Lapisan wajan bisa meleleh jika kita tidak hati-hati

Dikutip dari The Daily Meal, ada dua hal yang perlu diperhatikan saat ingin menggoreng deep fry di wajan anti lengket.

Pertama, jika wajan memiliki lapisan anti lengket, kita perlu memperhatikan suhu kompor.

Teflon, salah satu produsen wajan anti lengket populer pun sebenarnya sempat merilis berbagai aturan yang bisa dilakukan ntuk membuat pengalaman memasak kita lebih aman. Namun, tetap saja hal pertama yang perlu ditekankan adalah lapisan wajan bisa meleleh jika menghadapi suhu terlalu tinggi.

Unruk Teflon, suhu tersebut adalah 260 derajat Celsius, dan jika meleleh, wajan kita bisa menjadi beracun.

Suhu saat menggoreng deep frying sendiri biasanya berkisar antara 176 hingga 190 derajat Celcius, sehingga seharusnya wajan ini cukup aman saat digunakan untuk deep frying.

Namun, ingatlah bahwa suhu tinggi dapat merusak lapisan anti lengket, membuatnya tidak lagi anti lengket.

Jadi, pastikan untuk mengetahui suhu saat akan menggoreng, dan pastikan untuk selalu mengawasi seberapa panas minyak dalam wajan.

  • Terkadang, wajan terlalu datar

Hal lain yang perlu diperhatikan jika ingin sukses dalam menggoreng deep frying adalah apakah wajan kita cukup dalam untuk menggoreng makanan favorit kita.

Pasalnya, banyak wajan anti lengket yang terlalu dangkal untuk menggoreng deep frying.

Jadi saat ingin menggoreng deep frying dengan wajan anti lengket , cobalah pertimbangkan jumlah makanan yang ingin kita goreng dan seberapa besar potongannya.

Sebab, jika makanan tidak terendam sempurna oleh minyak, hasilnya bisa tidak sempurna, seperti kurang matang atau malah gosong.

Selain itu, wajan yang dangkal juga berpotensi membuat minyak terciprat ke manapun, meningkatkan risiko terciprat saat memasak atau malah menimbulkan api akibat terlalu banyak minyak yang tumpah.

Jadi, sebaiknya gunakanlah wajan anti lengket yang cukup dalam jika ingin membuat masakan matang dengan aman dan sempurna atau hanya menggunakannya untuk menggoreng makanan berukuran tipis, seperti kentang goreng.

Selain itu, Serious Eats menyarankan agar kita tidak membuat wajan terlalu penuh agar semua makanan bisa metang sempurna. Apalagi, suhu minyak bisa turun jika wajan terlalu penuh.

Terakhir, jangan pernah mencoba untuk mengisi wajan hingga penuh dengan minyak. Kita hanya bisa mengisinya hingga separuhnya saja guna memastikan minyak tidak tumpah.

Jika memperhatikan semua faktor ini, menggoreng deep frying dengan wajan anti lengket pun tidak akan menjadi masalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.