Hadir Generasi Baru, Bagaimana Toyota Vios Dibanding City, Mazda2 Sedan dan MG 5 GT?

thesilent1.com – JAKARTA – Pasar sedan Tanah Air kembali ramai setelah PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis generasi terbaru dari All New Vios. Terdapat sejumlah penyempurnaan yang menyeluruh pada generasi keempat All New Vios ini baik dari sisi eksterior, interior hingga peningkatan fitur terbaru. Bahkan menurut TAM, Vios terbaru kini tampil lebih elegan dan powerful berkat fastback silhoute yang dihadirkan pada tampilan luarnya.

Kehadiran kembali All New Toyota Vios di Tanah Air tentu saja merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh konsumen. Pasalnya, dalam 20 tahun terakhir, Toyota Vios telah menjadi model penting bagi pabrikan dan telah terjual sebanyak 130.000 unit sejak 2003 hingga kini. Namun Toyota Vios tidak sendirian, sejumlah brand lain juga masih mempertahankan sedan kompaknya untuk konsumen di Indonesia. Bahkan ada pendatang baru yang juga mengganggu segmen sedan yang kabarnya didominasi oleh Vios sebelumnya.

Berikut ini kami hadirkan sejumlah lawan-lawan All New Toyota Vios di pasar sedan kompak Tanah Air. Terdapat sejumlah elemen yang membuatnya cocok untuk diadu dengan sedan sejenis baik dari sisi dimensi, harga maupun mesin yang digendongnya.

All New Toyota Vios 2022

Sebelum membahas siapa saja lawan sekelasnya di Indonesia mungkin ada baiknya jika kita mengulas apa saja keunggulan dari All New Toyota Vios. Salah satu peningkatan yang paling signifikan pada All New Vios adalah dimensi yang lebih lebar, lebih rendah serta ruang kabin yang luas berkat penambahan wheelbase yang mencapai 2.620. Hal tersebut berkat penggunaan platform terbaru pada All New Vios demi memberikan pengendaraan yang lebih menyenangkan serta ruang kabin yang lebih nyaman.

Di samping itu, All New Vios juga menggunakan gaya desain fastback style pada bagian atapnya dan penggunaan ornamen modern di sejumlah bagian eksteriornya. Salah satunya ialah grille trapezoidal dengan gaya 3D dan diapit oleh dua lampu utama L-Shaped dengan teknologi LED. Selain itu, All New Vios menegaskan ruang kabin yang lega lewat 6-light window yang juga memberikan kesan elegan dari luar. Beberapa ornamen seperti diffuser dan lampu belakang LED L-Shape juga memberikan kesan yang lebih tebal pada All New Vios di bagian buritan.

Pada urusan performa, kini All New Vios mempercayakan mesin baru berkode 2NR-VE dengan konfigurasi 4-silinder berkapasitas 1.496cc Dual VVT-i. Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga maksimal 104 hp dengan torsi puncak yang mencapai 138 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda depan melalui dua pilihan transmisi yakni manual 5-percepatan dan otomatis dengan teknologi CVT.

Salah satu hal menarik yang terdapat pada All New Vios adalah penyematan fitur terbaru yakni Toyota Safety Sense (TSS) yang mengakomodasi kebutuhan berkendara di jalan raya. Sejumlah fitur TSS yang tersedia pada All New Vios ini terdiri dari Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam, Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control dan Front Departure Alert.

PT TAM memasarkan All New Vios di Indonesia dengan lima pilihan varian dengan pilihan transmisi otomatis, manual hingga paket lengkap dengan fitur TSS. Berkat peningkatan dan penyematan sejumlah fitur anyar tersebut, All New Vios dibanderol dengan harga berkisar Rp 314,9 Juta – Rp 369,9 Juta untuk varian teratas dengan fitur TSS.

Rival All New Toyota Vios 2022 di Indonesia

1. Honda City Sedan

Meski saat ini Honda City varian hatchback jauh lebih populer, namun Honda Prospect Motor masih menjual varian sedan untuk konsumen di Indonesia. Dalam dua dekade terakhir, Honda City Sedan adalah pesaing utama dari Toyota Vios, meskipun sejumlah pabrikan lain juga punya amunisi di segmen ini.

Jika melihat Honda City dari sisi dimensi mungkin lebih unggul dibandingkan dengan Toyota Vios terbaru. Meskipun jarak sumbu roda pada All New Vios juga unggul sedikit saja yang mencapai 2.620 mm sementara Honda City sekitar 2.600mm. Keduanya juga sudah dibubuhi dengan sejumlah sentuhan modern seperti aksen chrome serta lampu berteknologi LED pada bagian depan dan belakang.

Beralih ke bagian interiornya, Honda City Sedan menampilkan ruang kabin yang kental dengan nuansa sporty, termasuk pada tampilan speedometer yang masih analog. Di samping itu, terdapat layar hiburan berukuran 8-inci yang menyajikan sejumlah menu hiburan standar. Salah satu fitur yang menarik pada Honda City sedan adalah tersedianya Remote Engine Start meski tanpa dukungan fitur keselamatan Honda Sensing.

Sementara untuk urusan performa, Honda City sedan mempercayakan mesin 4-silinder 1.5 liter i-VTEC yang menghasilkan tenaga 119 hp dengan torsi puncak mencapai 145 Nm. Paket mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT yang menggerakan roda depan. Data di atas kertas, performa yang dimiliki City sedan jauh menggungguli All New Vios.

PT Honda Prospect Motor meluncurkan All New Honda City sedan pada tahun lalu dan hanya tersedia satu pilihan varian. Satu-satunya model tersebut dijual di Indonesia dengan harga Rp 355 jutaan dan nyaris setara All New Vios dengan fitur TSS. Sementara Honda City hanya membekali dengan peralatan keselamatan standar seperti pengereman ABS dan EBD, vehicle stability assist, hill start assist, emergency stop signal, rear view camera dan sistem airbag 6 titik.

2. Mazda2 Sedan

PT Eurokars Motor Indonesia baru saja merilis New Mazda 2 Sedan pada Juli 2022 lalu, ia bisa menjadi salah satu penjegal langkah All New Vios di Tanah Air. Pasalnya, selain menawarkan desain yang berbasis pada bahasa desain KODO: Soul of Motion, Mazda 2 Sedan juga dibekali dengan mesin berteknologi Skyactiv dan fitur i-Activesense yang cukup lengkap. Ok, kita akan bahas satu per satu hal menarik yang ditawarkan oleh Mazda2 Sedan pada konsumen di Tanah Air.

Dari sisi eksterior, Mazda 2 sedan tidak memiliki banyak perbedaan dengan yang ditawarkan oleh Mazda 2 hatchback, salah satunya ialah ruang bagasi yang lebih luas. Aura sporty memang langsung terpancar dari Mazda 2 sedan berkat guratan garis tegas di seluruh bodi dan penggunaan velg berukuran 16-inci yang dinamis. Di samping itu, lampu utamanya juga sudah didukung oleh teknologi LED dengan automatic on/off system.

Beralih ke bagian kabinnya kita akan disambut dengan nuansa yang serba hitam dengan material kulit di beberapa bagian seperti lingkar kemudi, door trim dan dashboard. Anda juga akan disuguhi oleh touchscreen di tengah kabin berukuran 7-inci dan sudah didukung oleh sambungan Apple CarPlay dan Android Auto. Tersedia pula layanan wireless smartphone integration untuk memudahkan sambungan smartphone.

Fitur keselamatan yang tersedia pada Mazda2 Sedan memang terbilang lengkap untuk kebutuhan konsumen. Salah satunya ialah Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Cruise Control, Traction Control System, Dynamic Stability Control serta sistem pengereman dengan ABS, EBD dan BA. Masih ada beberapa menu yang diambil dari i-Activsense dan disematkan pada Mazda2 Sedan.

Sementara untuk urusan performa, Mazda2 Sedan dibekali dengan mesin Skyactiv-G 4-silinder dengan kapasitas 1.5 liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan. Paket mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 111 hp dengan torsi puncak yang mencapai 144 Nm. PT EMI membanderol New Mazda 2 sedan dengan harga Rp 338 jutaan dan sudah termasuk layanan gratis perawatan selama 3 tahun atau 60.000 km.

3. MG 5 GT

Nah pendatang baru yang satu ini datang dari brand Inggris, Morris Garage (MG) yang sudah diakuisisi oleh perusahaan otomotif asal Tiongkok, SAIC Motor Corporation Limited. New MG 5 GT, sedan dengan gaya coupe ini baru saja dijual secara resmi pada tahun ini dengan banderol mulai dari Rp 339,9 jutaan.

Pada peluncurannya sendiri, MG Motor Indonesia menghadirkan tiga pilihan varian MG 5 GT yang terdiri dari MG 5 GT Active, Ignite dan Magnify. Jika melihat yang ditawarkan oleh MG 5 GT dari sisi eksterior memang sedan coupe 4-pintu ini memiliki karakter sporty berkat racikan Advanced Design Studio milik MG di Inggris. Secara dimensi, MG 5 GT jauh lebih melar jika dibandingkan dengan sedan kompak sekelasnya yakni dengan panjang sekitar 4.675mm, lebar 1.842mm dan tinggi mencapai 1.480mm.

Sedangkan pada soal performa, MG 5 GT dibekali dengan mesin 4-silinder 1.5 liter DOHC Vti-Tech yang mampu menghasilkan tenaga hingga 112 hp dengan torsi puncak 150 Nm. Lagi-lagi, MG 5 GT memiliki keunggulan pada urusan performa dibandingkan dengan sedan kompak lainnya di Tanah Air. Belum lagi, MG 5 GT juga menawarkan sejumlah paket fitur keselematan yang cukup lengkap.

Terdapat beberapa menu menarik pada paket fitur keselamatannya yang disebut juga dengan MG Pilot, salah satunya ialah Rear Driver’s Assitance System, Blind Spot Detection, Lane Change Assist, Rear Cross Traffic Alert dan Rear Collision Warning. Di samping itu masih tersedia pula fitur keselamatan standar yang tersedia di seluruh variannya seperti Traction Control System, Stability Control System, Hill Start Assist, Electronic Parking Brake dan Auto Vehicle Hold.

Memang jika melihat lebih detail, All New Vios memiliki hampir seluruh fitur keselamatan yang dimiliki oleh pesaingnya namun masih kalah dalam urusan performa dan dimensi. Tapi seperti inilah yang bisa kami gambarkan mengenai pasar sedan kompak di Tanah Air, yang diisi oleh Vios, City, Mazda2 dan MG 5 GT. Pasar sedan Tanah Air belakangan memang bukanlah yang populer buat konsumen. Namun dengan hadirnya kembali sejumlah model-model baru pada tahun ini, bisa memberikan warna baru yang sebelumnya hanya diramaikan oleh SUV dan MPV.(ALVANDO NOYA / WH)