Grand Launching Mei 2023, Kereta Pertama di Sulawesi Bakal Diresmikan Jokowi

thesilent1.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meresmikan Kereta Makassar-Parepare pada Mei 2023. Saat itu, layanan kereta pertama di Sulawesi ini akan tambah lengkap di mana kereta wisata, penumpang dan barang akan beroperasi.

Budi Karya belum secara detil menyebutkan jalur mana yang beroperasi saat diresmikan pada Mei 2023 nanti. Sementara, jalur yang baru saja diresmikan operasi secara terbatas yakni dari Stasiun Maros hingga Stasiun Garongkong dengan panjang lintasan 80 km.

“Insya Allah bulan Mei kita melakukan grand launching, kita akan mengundang Pak Presiden ke sini. Pada saat itu, kereta wisata, kereta penumpang dan kereta barang sudah paripurna,” terangnya di Stasiun Rammang-rammang, Sulawesi Selatan, Jumat (2/12/2022).

Budi Karya mengatakan, dalam beberapa bulan ini pihaknya akan fokus untuk mendukung sektor pariwisata. Kemudian, pihaknya juga akan menghadirkan kereta perintis dan kereta barang.

“Apa yang kita akan laksanakan, pada 2-5 bulan ini kita gunakan untuk soft launching dengan meningkatkan pariwisata, Sulawesi Selatan yaitu ikonnya Rammang-rammang. Ada kereta api sampai Maros, bahkan Mandai dan nanti dihubungkan ke bandara dengan bus. Tidak itu saja kita juga merencanakan untuk kereta perintis sampai ke Garongkong baru, pada bulan Mei dan juga kereta barangnya. Nanti ada kereta barang dari Maros dan juga Tonasa,” paparnya.

Dengan demikian, kata Budi, layanan kereta ini akan lengkap meliputi kereta wisata, penumpang perintis dan juga kereta barang.

“Sehingga diharapkan project prasarana ini juga KPBU, satu project yang juga dibiayai swasta, prasarananya dikelola oleh swasta, KAI mengelola perintis, tapi Kementerian Perhubungan masih mengelola yang namanya BLU. Jadi semua kereta barang, wisata dikelola Kementerian Perhubungan,” ungkapnya.