Gampang Banget! Begini Cara Naik Bis Bandros di Bandung

thesilent1.com – Bandung adalah kota dengan sejuta pesona. Tak heran, kota yang dikelilingi oleh pegunungan ini menarik minat banyak wisatawan yang kian hari kian banyak jumlahnya. Selain terkenal sebagai surga kuliner di Indonesia, Kota Bandung pun tersohor sebagai destinasi wisata yang lengkap.

Bagaimana tidak, di Bandung, kamu bisa melakukan beragam aktivitas wisata yang berbeda. Mulai dari mengunjungi tempat-tempat wisata modern, wisata alam, melakukan wisata belanja sampai wisata kota.

Berbicara tentang wisata kota, pemerintah Kota Bandung menyediakan salah satu sarana untuk aktivitas wisata kota yang seru ini. Ya, sarana tersebut adalah Bandung Tour on Bus atau Bandros. Bandros ini bukanlah makanan khas Bandung yang terkenal itu, melainkan sebuah bus penumpang yang membawa penumpang untuk berkeliling Kota Kembang.

Banyak sekali wisatawan yang ingin menaiki bus unik dengan jendela terbuka ini. Namun, tak sedikit dari mereka yang kebingungan tentang cara naiknya. Apakah kamu salah satunya?

Tenang, kami akan membagikan informasi tentang cara naik Bandung Tour on Bus untukmu yang masih bingung bagaimana cara naik Bandros Bandung.

Selain itu, kami juga akan membahas rute berdasarkan shelter dan warna bus, harga tiket dan jam operasional Bandros, beserta informasi menarik lainnya tentang bus wisata yang keren ini. Yuk, simak langsung saja ulasannya di bawah ini!

Tentang Bandros

Bandros adalah bus wisata yang dihadirkan oleh pemerintah Kota Bandung, khususnya untuk para wisatawan yang ingin mengenal Kota Kembang lebih jauh. Bus Bandros sudah beroperasi kurang lebih selama tiga tahun sejak pertama kali diluncurkan di tanggal 18 Februari 2018 silam.

Bus wisata ini melayani para wisatawan yang ingin berkeliling Kota Kembang sembari mengetahui kisah dan sejarah tentang beberapa lokasi di Kota Bandung.

Dulunya bus Bandros merupakan bus bertingkat dua. Namun demi keamanan penumpang, kini bus unik dengan warna-warna yang berbeda ini hanya memiliki satu lantai saja.

Bus Bandros masih tetap beroperasi hingga sekarang. Menariknya, penumpang Bandros tak hanya turis dari luar Kota Bandung atau pun Jawa Barat saja, melainkan juga warga Kota Bandung sendiri.

Cara Naik Bandros

Setelah mengulas tentang Bus Bandros, kami akan membahas cara naik bus wisata ini, spesial buat kamu yang ingin naik Bandros namun masih bingung bagaimana caranya. Berikut langkah-langkahnya:

    Kunjungi Shelter Bandros

Langkah pertama, silakan kunjungi shelter bus Bandros terlebih dulu. Saat ini, ada dua shelter bus Bandros yang beroperasi, yakni di Jalan Diponegoro (Depan Museum Geologi) dan di kawasan Alun-alun Kota Bandung. Jangan lupa siapkan uang untuk beli tiketnya, ya.

    Beli Tiket dari Petugas Bandros

Setelah sampai, silakan langsung beli tiket bus Bandros dari petugasnya. Biasanya, petugas Bandros menggunakan pakaian khusus dengan tulisan ‘Bandros’ di bagian belakang bajunya. Setelah membeli tiket, kamu tinggal menunggu aba-aba dari petugas untuk naik ke busnya.

Rute Bandros Bandung Berdasarkan Shelter

Setelah membahas tentang tata cara naik Bandros Bandung, kami hendak berbagi informasi tentang rute yang dilalui oleh bus ini. Sekadar info, bus Bandros memiliki beberapa shelter yang tersebar di Kota Bandung.

Namun, saat ini hanya dua shelter yang beroperasi. Dua di antaranya ada di kawasan Alun-alun Bandung dan Museum Geologi. Berikut penjelasan lengkap tentang rute Bandros berdasarkan posisi shelter-nya:

    Rute Alun-alun Kota Bandung

Kalau kamu naik Bandros Bandung dari kawasan Alun-alun, rutenya mencakup Alun-alun Kota Bandung, sampai Jalan ABC dan Jalan Otista. Perjalanannya kembali berakhir di shelter Bandros Alun-alun Kota Bandung.

    Rute Museum Geologi

Selain naik dari Alun-alun Kota Bandung, kamu juga bisa naik Bandros di shelter Museum Geologi. Rutenya tak beda jauh dari shelter Bandros Alun-alun Bandung.

Tetapi perjalanannya dimulai dari kawasan Jalan DIponegoro, Jalan Aceh dan sekitarnya, Jalan Lombok, Rumah Kentang, Saparua, Taman Maluku, Jalan Sumatera, Jalan Braga dan sekitarnya,Taman Walikota, Jalan Dago hingga Gedung Sate. Perjalanannya kemudian berakhir di shelter Bandros Museum Geologi.

Rute Bandros Berdasarkan Warna Bus

Dulu, rute bus Bandros Bandung dibagi berdasarkan warna busnya. Bus Bandros sendiri memiliki lima warna yang berbeda, yakni biru, kuning, merah muda, hijau dan ungu. Berikut daftar rute Bandros Berdasarkan warnanya:

    Rute Bus Warna Kuning

Rute bus warna kuning dimulai dari Taman Dewi Sartika, lapangan Gasibu, kawasan Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun-alun Bandung, kawasan Braga dan berakhir di Taman Dewi Sartika.

    Rute Bus Warna Biru

Rute bus warna biru berawal dari Alun-alun Bandung, kemudian diteruskan menuju kawasan Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol, Kawasan Buah Batu dan bus akan kembali ke kawasan Alun-alun Bandung.

    Rute Bus Warna Ungu

Rute Bus Bandros warna ungu dimulai dari Taman Lansia, lapangan Gasibu, Taman Cikapayang, kemudian ke Alun-alun Ujungberung, Museum Geologi, Pusat Dakwah Islam (Pusdai) dan kembali lagi ke Taman Lansia Kota Bandung.

    Rute Bus Warna Merah Muda

Rute Bus Bandros ini diawali dari Gasibu dan Taman Lansia, kemudian melewati Taman Jomblo, Teras Cikapayang dan Teras Cihampelas untuk kemudian kembali lagi ke Taman Lansia.

    Rute Bus Warna Hijau

Rute warna hijau dimulai dari Alun-alun Kota Bandung, Pasir Kaliki, Alun-alun Cicendo, kawasan Kolam Renang Karang Setra, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), GOR Padjajaran dan berakhir kembali di Alun-alun Kota Bandung.