Ekosistem E-Money Dinilai Jangkau Masyarakat Unbanked

thesilent1.com – JAKARTA, Hadirnya ekosistem e-Money di Indonesia dinilai mampu menjangkau masyarakat yang selama ini belum terjangkau oleh bank atau unbanked. Commercial Partnership Div. Head MotionPay, Wendy Warisman menyebut, jika melihat perpindahan yang terjadi dari cash menuju cashless terutama di kota-kota besar di Indonesia prosesnya sangat cepat sekali.

“Kita melihat di kita itu shifting-nya sudah jauh banget terutama di wilayah ibu kota dan 10 kota besar. Itulah yang sebenarnya e-money ini lah yang lebih agile untuk masuk ke area yang unbank,” ujar Wendy dalam Podcast Aksi Nyata dengan tema ‘Cashless Society, Aman atau Rawan?’ melalui YouTube Partai Perindo, Sabtu (14/1/2023).

Wendy menambahkan, banyak masyarakat Indonesia yang kesulitan untuk menjadi nasabah bank karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, literasi terkait perbankan juga masih belum terlalu maksimal.

“Kalau bicara nasabah bank kan harus persyaratannya lengkap banget, sedangkan di Indonesia piramid paling bawah besarnya itu sebenarnya banyak yang enggak punya kelengkapan dan literasinya masih kurang secara banking,” ucapnya.

Dia menuturkan, hadirnya e-money sebenarnya merupakan jembatan menuju ke perbankan.

“Jadi memang e-money mau nge-grab yang unbank, sehingga pada saat di satu daerah misalnya di wilayah pedalaman, yang sulit dijangkau oleh ATM. Disitulah hadirnya e-money,” katanya.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News