Dorong NFT Jadi Identitas Digital Web3, Unstoppable Domains Dapat Pendanaan US$65 Juta

thesilent1.com – Unstoppable Domains pada hari Rabu (27/7) mengumumkan bahwa mereka berhasil mengantongi dana segar senilai US$65 juta (Rp973,12 miliar) dalam putaran pendanaan Seri A dengan valuasi perusahaan mencapai US$1 miliar (Rp14,97 triliun).

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh investor baru yaitu Pantera Capital dengan partisipasi dari sejumlah investor termasuk Mayfield, Gaingels, Alchemy Ventures, Redbeard Ventures, Spartan Group, OKG Investments, Polygon, CoinDCX, CoinGecko, We3 syndicate, Rainfall Capital, Broadhaven, EI Ventures, Hardyaka, dan Sound Media Ventures, bersama sejumlah investor sebelumnya seperti Boost VC dan Draper Associates.

Unstoppable Domains dikenal sebagai platform untuk identitas digital web3 dengan lebih dari 2,5 juta domain non-fungible token (NFT) terdaftar. Suntikan dana segar ini akan digunakan untuk mendorong inovasi produk dan mengembangkan kemitraan di dunia web3 saat mereka terus membangun sebuah platform untuk identitas digital yang dimiliki pengguna dan portabel.

Partner di Pantera Capital, Paul Veradittakit, mengatakan, “Unstoppable Domains dengan cepat mendefinisikan kategori baru identitas terdesentralisasi yang akan mengubah internet seperti yang kita kenal. Kami bangga mendukung tim Unstoppable Domains yang membuat visi ini menjadi kenyataan.”

Berdasarkan catatan Crunchbase, Unstoppable Domains secara total telah mengumpulkan dana segar sekitar US$72 juta dari sedikitnya 26 investor dalam 3 kali putaran pendanaan.

Sekilas tentang Unstoppable Domains

Didirikan pada tahun 2018, Unstoppable Domains menawarkan domain NFT yang memberikan kepemilikan dan kendali penuh atas identitas digital kepada masyarakat. Domain ini merupakan NFT yang dicetak di blockchain tanpa biaya perpanjangan.

Dengan Unstoppable Domains, orang-orang dapat mengganti alamat dompet kripto alfanumerik yang panjang dengan nama yang dapat dibaca manusia dan masuk dan bertransaksi dengan dApp, crypto wallet, crypto exchange, maupun marketplace.

Setiap Unstoppable Domain mengambil bentuk aset NFT yang dicetak di Polygon yang merupakan layer-2 penskalaan blockchain Ethereum sehingga memungkinkan transaksi lebih cepat, lebih murah, dan lebih hemat energi.

Dengan definisi NFT merupakan token blockchain yang menyampaikan kepemilikan atas suatu item digital, dalam hal ini terkait dengan nama domain web3.

Setelah dicetak, NFT ini tetap berada dalam pengawasan pengguna dalam crypto wallet, dan tidak ada biaya pembaruan atau biaya pemeliharaan berkelanjutan untuk mempertahankan kepemilikan Unstoppable Domain. Para konsumen juga tidak membayar gas fee untuk mencetak domain di Polygon.

Merebut Kendali Identitas Digital Masyarakat

Founder & CEO Unstoppable Domains, Matthew Gould, mengatakan, “Sudah terlalu lama berbagai perusahaan mengendalikan identitas digital masyarakat. Unstoppable Domains mengembalikan kekuatan itu ke tangan mereka.”

Seiring ekonomi digital menjadi bagian yang lebih besar dari kehidupan masyarakat, Matthew Gould menilai inilah saatnya bagi masyarakat untuk memiliki identitas mereka di internet.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Pantera Capital dan investor lain yang memiliki visi yang sama dengan kami untuk memasukkan miliaran orang ke dunia web3 melalui domain NFT yang membuka identitas milik pengguna, pribadi, dan portabel,” jelas Gould.

Ada 2,5 juta domain yang telah didaftarkan dan dapat digunakan orang-orang untuk masuk ke lebih dari 150 aplikasi web3, menggantikan alamat crypto wallet yang panjang di lebih dari 80 crypto wallet dan crypto exchange, membuat situs web terdesentralisasi, serta membangun identitas web3 mereka.

Adapun Unstoppable Domains disebut telah membangun lebih dari 300 kemitraan dengan sejumlah perusahaan web3 terkemuka; seperti Polygon, Blockchain.com, MoonPay, dan lain sebagainya.

Mereka mengklaim telah berhasil menghasilkan lebih dari US$80 juta (Rp1,19 triliun) dalam penjualan sejak diluncurkan pada tahun 2019. Perusahaan ini dinobatkan oleh Forbes sebagai salah satu Perusahaan Startup Terbaik Amerika pada tahun 2022.