Di Balik Kesepakatan Tambang Jerman yang Diprotes Greta Thunberg

thesilent1.com – Polisi di Jerman barat membawa aktivis iklim Swedia Greta Thunberg dan pengunjuk rasa lainnya pada Selasa (17/1/2023).

Dilansir dari Associated Press, Thunberg ditangkap di tepi tambang batu bara terbuka tempatmya berdemonstrasi menentang penghancuran desa yang sedang berlangsung untuk membuka jalan bagi perluasan tambang.

Thunberg termasuk di antara ratusan orang yang melanjutkan protes anti-penambangan di berbagai lokasi di negara bagian North Rhine-Westphalia, Jerman barat, sehari setelah dua aktivis iklim terakhir bersembunyi di terowongan di bawah desa Luetzerath meninggalkan lokasi.

Pemerintah Jerman mencapai kesepakatan dengan perusahaan energi RWE tahun lalu yang mengizinkannya menghancurkan desa sebagai imbalan untuk mengakhiri penggunaan batu bara pada tahun 2030, bukan 2038.

Keduanya berpendapat bahwa batu bara diperlukan untuk memastikan keamanan energi Jerman yang diperas oleh pemotongan pasokan. Gas Rusia akibat perang di Ukraina.

Namun, para pecinta lingkungan mengatakan membuldoser Luetzerath akan menghasilkan emisi gas rumah kaca yang sangat besar.

Jerman diperkirakan kehilangan target iklimnya yang ambisius untuk tahun kedua berturut-turut.

Di tengah perdebatan panas tentang batu bara di Jerman, Uni Eropa mendorong proyek industri teknologi bersih utama.

Proyek ini dirancang untuk meningkatkan rencananya untuk masa depan yang lebih hijau karena blok 27 negara tersebut mengejar tujuan netral iklim pada tahun 2050.

Di tempat lain di Jerman barat, lusinan aktivis iklim menempel di jalan utama di kota barat Jerman Cologne dan ke gedung pemerintah negara bagian di Duesseldorf.

Di dekat Rommerskirchen, sekitar 120 aktivis juga menduduki rel kereta api batu bara menuju pembangkit listrik Neurath, menurut polisi dan RWE.

Mereka yang menolak meninggalkan jejak dibawa pergi.

Selain itu, beberapa orang menduduki penggali raksasa di tambang batu bara Inden, sementara ratusan pengunjuk rasa lainnya bergabung dalam pawai di dekat Luetzerath.

Desa itu sendiri dievakuasi oleh polisi dalam beberapa hari terakhir dan ditutup.

Sekali lagi, ada beberapa bentrokan dengan polisi.

Beberapa aktivis berlari ke tambang terbuka Garzweiler.

Mereka berdiri di tepi lubang terbuka, yang ujungnya tajam. Polisi mengatakan itu berbahaya dan orang dilarang tinggal di sana.

Thunberg telah melakukan perjalanan ke Jerman barat untuk berpartisipasi dalam demonstrasi akhir pekan menentang perluasan tambang dan juga mengambil bagian dalam protes hari Selasa di dekat Luetzerath.

Polisi di dekat Aachen mengatakan sekelompok sekitar 50 pengunjuk rasa berada sangat dekat dengan tepi tambang dan tidak ingin pergi meskipun sudah diminta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.