Daihatsu Beberkan Basic Painting dan Cara Merawat Cat Mobil yang Benar

thesilent1.com

Pengecatan yang dilakukan pabrikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggunakan standar Heat Polymerization dengan proses pengecatan yang dipanaskan dengan suhu minimal 140 derajat celcius

Kalau dilihat dari pengertian dan fungsi utama. Cat merupakan lapisan terluar bodi mobil yang berguna untuk melindungi plat bodi mobil dari cuaca dan karat. Pilihan warna pun mempercantik tampilan eksterior kendaraan. Dan perawatannya harus dilakukan secara benar. Nah, dalam perkembangannya, proses pengecatan di industri otomotif diawali menggunakan metode kuas atau brushing. Kemudian dengan metode spraying alias memanfaatkan udara bertekanan tinggi.

Seiring perkembangan zaman, pabrikan selanjutnya menerapkan teknologi semi robot. Bahkan hingga saat ini proses pengecatan melibatkan full robotic di keseluruhan bodi mobil. Kalau menurut tren Daihatsu. Warna yang paling disukai pelanggan dalam tiga tahun terakhir ini adalah putih, hitam, silver (perak) dan abu-abu.

Pengecatan yang dilakukan pabrikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggunakan standar manufaktur. Yakni Heat Polymerization dengan proses pengecatan yang dipanaskan dengan suhu minimal 140 derajat celcius. Perlu Anda ketahui, proses pelaburan di pabrik ADM memiliki empat proses. Mulai dari cleaning atau pembersihan bodi, pelapisan anti karat, surfacer & sealing dan lapisan terakhir adalah top coating.

Asal tahu juga, cat bodi kendaraan dapat dibagi menjadi beberapa karakter pigmen. Seperti warna solid, metallic dan pearl yang memiliki perbedaan dalam proses pengecatannya. Hal ini bergantung pada kebutuhan dan pemesanan unit. Yang tak kalah penting, Daihatsu membagikan bagaimana cara merawat cat mobil supaya tetap kilap.

Simpan kendaraan di garasi untuk menghindari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lain. Apabila tidak memiliki garasi, Anda dapat menggunakan cover mobil yang berbahan halus dan kuat terhadap cuaca (tidak luntur).

Mencuci mobil secara rutin minimum seminggu sekali menggunakan air bersih, shampoo mobil dan dilakukan di tempat yang sejuk. Mencuci di bawah terik dapat menimbulkan kerak di kaca dan bodi.

Periksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing maupun cairan. Usahakan selalu bersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber.

Perawatan seperti pemolesan perlu dilakukan paling tidak enam bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengilap. Anda dapat memilih material poles atau wax yang baik dan tidak berbahaya terhadap cat atau bebas amonia.

“Kami berharap, informasi kali ini dapat memberikan pemahaman yang baik tentang bagaimana dasar pengecatan di mobil. Termasuk tips and trick dalam menjaga cat bodi mobil kesayangan Anda. Sehingga penampilan tetap terjaga dan menambah kenyamanan dalam berkendara,” ucap Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM). (Alx/Odi)