Daftar Brand Raksasa Dunia yang Jadi Sponsor Piala Dunia 2022

thesilent1.com – JAKARTA – Piala Dunia FIFA 2022 akan menjadi putaran final ke-22 Piala Dunia FIFA, turnamen sepak bola internasional empat tahunan yang diikuti oleh tim nasional pria senior anggota FIFA.

Adapun, dukungan atas turnamen yang dijadwalkan berlangsung di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022 ini pun mengundang banyak sponsor dari brand ternama, karena mampu menjangkau jutaan orang di lebih dari 200 negara. Sehingga, ini bisa menjadi media pemasaran skala internasional yang efektif.

FIFA sendiri membagi sponsor dalam tiga kategori, yakni FIFA Partners (Mitra FIFA), FIFA World Cup Sponsors (Sponsor Piala Dunia FIFA), dan Regional Sponsors (Sponsor Regional). Di mana, pembagian itu dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan dari Piala Dunia.

Lantas, apa saja deretan sponsor yang ada di Piala Dunia FIFA 2022? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

FIFA Partners

1. Adidas

Adidas menjadi brand olahraga paling populer di seluruh dunia, sepak bola jelas merupakan salah satu prioritas strategis utama adidas. Selama lebih dari 70 tahun, adidas telah memimpin semua perkembangan besar dalam teknologi sepatu bot, bola, dan pakaian.

2. Coca-Cola

Coca-Cola menjadi salah satu mitra perusahaan FIFA yang paling lama berdiri, dengan asosiasi formal sejak 1974 dan sponsor resmi FIFA World Cup™ yang dimulai pada 1978. Melansir dari FIFA, Coca-Cola telah memasang iklan stadion di setiap Piala Dunia FIFA sejak 1950.

3. Wanda Group

Wanda Commercial Properties adalah perusahaan real estate terbesar di dunia dan pemilik hotel bintang lima terbesar di dunia.

4. Hyundai

Hyundai kembali menjadi sponsor resmi FIFA World Cup 2022. Dalam siaran persnya, Hyundai menyebut akan menyediakan 616 unit kendaraan dalam FIFA World Cup 2022. Dari angka tersebut, sebanyak 446 unit merupakan kendaraan penumpang yang sebagiannya (226 unit) merupakan mobil elektrifikasi, baik hybrid electric vehicle (HEV) maupun battery electric vehicle (BEV).

5. Qatar Airways

Qatar Airways, maskapai nasional Negara Qatar, menjadi mitra resmi dan maskapai resmi FIFA pada Mei 2017.

6. QatarEnergy

QatarEnergy adalah perusahaan energi terintegrasi yang bertanggung jawab atas pengembangan sumber daya energi yang lebih bersih sebagai bagian dari transisi energi di Negara Qatar dan sekitarnya.

6. VISA

Sebagai mitra FIFA sejak 2007, Visa merupakan mitra layanan pembayaran resmi kegiatan FIFA di seluruh dunia.

7. Budweiser

Budweiser adalah perusahaan bir yang telah menjadi mitra Piala Dunia sejak 1986 dan dilaporkan telah membayar US$75 juta untuk kesepakatan sponsor terbarunya.

1. BYJU’s

BYJU’s adalah platform pendidikan multinasional terbesar di India dengan jangkauan wilayah operasi seluruh dunia

2. Anheuser-Busch InBev

Didirikan sejak 2008, perusahaan ini bergerak di bidang barang konsumsi dengan air minum sebagai komoditi utamanya. Sebanyak 140 pabrik sudah berdiri di 10 pasar utama dunia, termasuk Amerika Serikat dan Brasil dengan penjualan senilai 43,2 miliar dolar AS.

3. Cypto.com

Crypto.com adalah platform asal Singapur yang memfasilitasi pertukaran cryptocurrency dan pasar NFT.

4. Vivo

Kemitraan ini merupakan langkah lain vivo dalam perjalanan globalnya, untuk menjangkau audiens global sebanyak 5 miliar, termasuk 400 juta pengguna aktif smartphone Vivo.

5. Mengni

Sponsor Piala Dunia 2022 juga ada yang bergerak di bidang produksi olahan susu dan es krim, yaitu Mengniu Dairy. Didirikan pada tahun 1995 oleh Ning Gaoning, Perusahaan asal China ini berpusat di Hohhot, Mongolia.

6. Hisense

Selanjutnya adalah Hisense. Produsen elektronik ini berbasis di Qingdao, Shandong, China. Dengan beragam produk unggulan seperti televisi android dan kulkas.

7. Qatar National Bank

Sesuai namanya, QNB (Qatar National Bank) adalah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan dan keuangan yang bermarkas di Qatar.

8. Hublot

Hublot adalah sebuah produsen jam tangan mewah asal Swiss. Dalam Piala Dunia, Hublot akan menjadi alat pencatat waktu 64 pertandingan Piala Dunia FIFA. Bahkan, arloji ini akan di pakai oleh 129 wasit resmi Piala Dunia.

9. McDonald’s

McDonald’s telah menjadi sponsor Piala Dunia selama sekitar 25 tahun.

Menurut Caroline pada dalam gelaran Piala Dunia Qatar 2022 ini restoran ini meluncurkan kampanye dengan tema “Wanna Go To McDonald’s?” di lebih dari 75 negara.

Regional Sponsors

1. Nubank

Nubank merupakan salah satu lembaga keuangan ritel digital terbesar di kawasan Amerika Selatan yang menjadi sponsor regional resmi FIFA.

2. Claro

Claro adalah perusahaan telekomunikasi di Argentina, Brasil, Cile, Kolombia, Ekuador, Paraguay, Peru, dan Uruguay.

3. The Look Company

The Look Company adalah perusahaa branding yang berbasis di Amerika Utara dan bergabung dengan jajaran Suporter Regional FIFA World Cup Qatar 2022™

4. Ooredo

Ooredoo merupakan perusahaan telekomunikasi bernama resmi Timur Tengah & Afrika untuk FIFA World Cup Qatar 2022. Ooredoo menghadirkan layanan internet seluler, tetap, dan broadband yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan bisnis.

5. GWC Logistics

GWC adalah penyedia solusi logistik dan rantai pasokan terkemuka di Negara Bagian Qatar.

6. Algorand

Algorand adalah jaringan berbasis blockchain yang mandiri, terdesentralisasi, serta dapat mendukung berbagai aplikasi asal Amerika Serikat

7. Fritolay

Fritolay adalah produsen dari makanan ringan yang terafiliasi dengan PepsiCo.