Cyberjaya, “Silicon Valley Malaysia” yang Disebut Gagal oleh Media AS

thesilent1.com – pada Selasa (24/1/2023), Cyberjaya adalah kota digital cerdas pertama dengan Multimedia Super Corridor (MSC) yang didirikan oleh Pemerintah Federal Malaysia pada akhir 1990-an.

Namun, Cyberjaya sampai sekarang dikatakan belum bisa disamakan dengan Silicon Valley meski ada peningkatan besar di sana.

Sebuah artikel review oleh yang diterbitkan pada Kamis (12/1/2023), menyebut Cyberjaya sebagai “Silicon Valley Malaysia” yang gagal.

“Cyberjaya yang berlokasi di luar ibu kota, Kuala Lumpur, pernah dijuluki sebagai Silicon Valley-nya Malaysia. Tapi hari ini, kota itu disebut sebagai kegagalan oleh media dan think tank,” tulis artikel tersebut.

Penulis artikel itu mengunjungi Cyberjaya pada akhir 2022 dan mengulas hotel yang terbuat dari kontainer pengiriman di sana.

“Ini gagasan mantan perdana menteri dua kali Mahathir Mohamad, yang ingin menciptakan kota yang akan membawa Malaysia ke ‘ekonomi multimedia’,” lanjutnya.

“Saat ini, Silicon Valley Malaysia tidak sesuai dengan namanya. Meskipun ada lebih dari 100.000 orang tinggal di sini, kota ini tidak memiliki perusahaan rintisan (startup) dan kantor pusat teknologi besar seperti di California.”

Dikatakan bahwa sebaliknya, Cyberjaya dihuni kantor satelit dan pusat data panggilan didirikan.

Penulis menambahkan bahwa orang-orang yang bekerja di Cyberjaya dikatakan berpenghasilan 365 dollar AS (Rp 5,46 juta) sebulan.

Dia juga menggambarkan Cyberjaya sebagai “kota dengan tanaman hijau subur, mal mati, dan masyarakat berpagar tempat tinggal beberapa orang terkaya di kota”.

World of Buzz yang merupakan media Malaysia berbahasa Inggris menyayangkan review tersebut, karena menurut mereka Cyberjaya adalah salah satu tempat paling hijau di hutan beton ibu kota.

“Sungguh menyedihkan mendengar lokasi tersebut dijuluki sebagai kegagalan,” tulisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.