Cuan dari Limbah Tempurung Kelapa

thesilent1.com – Julukan pohon seribu manfaat memang tepat untuk disematkan ke pohon kelapa karena tidak hanya buahnya saja , bahkan batang daun dan tempurungnya sekalipun dapat kita manfaatkan menjadi barang yang bernilai. Memang tidak ada habisnya jika kita membahas manfaat setiap bagian kelapa.

Oleh karena itu, kali ini kita tidak akan membahas seluruh bagian kelapa tetapi lebih khusus ke bagian tempurung kelapa. Mendengar kata tempurung kelapa yang terlintas di pikiran anda pasti benda yang keras dan kurang estetik. Tapi siapa sangka jika dikelola dengan baik tempurung kelapa dapat menjadi barang yang bernilai seni dan praktis, yang selain dapat di lihat dari segi keindahannya tapi juga dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya mangkok, pot tumbuhan, cangkir dan lainnya.

Tapi masih ada satu lagi barang dari tempurung kelapa yang dapat bernilai tinggi yaitu arang briket kelapa, mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang arang briket ini tapi siapa sangka jika barang ini memiliki potensi ekspor yang tinggi industri arang briket Indonesia bahkan cukup terkenal di berbagai negara.

Emang apa sih yang membuat arang briket ini istimewa atau berbeda dengan arang biasamya, sebab arang ini memiliki 6.700-7100 kilo kalori (kkal) yang bisa membuat proses pembakaran menjadi lebih cepat. Selain itu arang briket juga tidak meninggalkan abu dan kotoran serta tidak berasap.

Mengingat Indonesia adalah salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia pemerintah pun tidak mau melewatkan kesempatan ini untuk mendukung komoditas Indonesia agar mendapat tempat di pasar internasional dengan melakukan pendampingan produsen arang briket bahkan Pemerintah juga menjalin kerja sama dengan beberapa pihak untuk memberikan seminar motivasi kepada orang yang tertarik untuk terjun ke industri arang briket ini. Karena salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa dapat di nilai dari besarnya ekspor negara tersebut.

Arang briket sendiri mempunyai pasar yang sangat besar di luar negeri. Bahkan di negara berbagai benua di timur tengah misalnya, arang briket biasanya digunakan untuk barbeku, bahan bakar pengharum ruangan alias buhur, serta pemanas rokok sisha. Di eropa sendiri arang briket di gunakan sebagai bahan alternatif di tengah krisis energi yang melanda dunia. Di eropa dan amerika permintaan arang briket biasanya akan naik Ketika mendekati musim dingin karena dapat digunakan sebagai bahan bakar pengganti kayu bakar dan minyak bumi untuk penghangat ruangan selama musim dingin.

Dengan potensinya yang besar pebuatan arang briket kelapa ternyata cukup mudah yaitu

Langkah Pertama bakar tempurung kelapa lalu haluskan hingga berbentuk seperti bubuk. Kemudian dicampur air dan tepung tapioka sebagai perekat.

Selanjutnya adalah proses pengadukan setelah tercampur secara sempurna, adonan briket tersebut di letakkan dalam satu wadah dengan bentuk sesuai selera. Kemudian panaskan ke dalam oven pemanas supaya menjadi keras dan arang briket siap dijual.

Saat ini jumlah perusahaan arang briket kelapa di Indonesia sudah lebih dari 200, 80% nya merupakan umkm dengan kapasitas produksi 1-3 kontainer per bulan dan jumlah tenaga kerja langsung tidak kurang dari 100 ribu orang. petani yang terlibat langsung sebagai pemasok bahan baku sebesar 6 juta kepala keluarga di seluruh Indonesia.

Dengan menyimak cerita sukses arang briket kelapa ini diharapkan anak Indonesia dapat terus berinovasi untuk mengolah limbah di sekitar menjadi barang yang dapat bersaing di pasar internasional.

Promo Premium Desktop Read

Promo Premium Desktop Read

Promo Premium Payday Januari