BMW Astra: Kekhawatiran Beli Mobil Eropa Sudah Menurun

thesilent1.com – Rasa khawatir membeli mobil Eropa sudah mulai hilang. Kalau sebelumnya, banyak pertimbangan soal mahalnya biaya perawatan, layanan purnajual, penjualan kembali dan lain sebagainya. Tapi kini, menurut BMW Astra, ketakutan itu sudah mulai hilang. Alasannya, pihak APM dan diler sudah mulai menarik minat dengan berbagai program yang dinilai memberi ketenangan konsumen.

Diungkap Operation Manager BMW Astra, Teguh Widodo, ketakutan untuk membeli BMW mulai hilang. Sehingga banyak yang beralih dari merek Jepang ke entry level BMW. “Sekarang orang sudah mulai tidak takut, karena ya itu tadi, perawatan 5 tahun sudah dijamin. Biasanya, jangankan mobil Eropa, mobil Jepang saja pakai rata-rata 3 tahun sudah diganti. Ini 5 tahun sudah free maintenance-nya,” tutur Teguh saat dijumpai di diler Astra BMW Cilandak (19/9).

Perawatan 5 tahun yang dimaksud, berlaku untuk pembelian BMW di Astra, khususnya model entry level BMW X1 dan Seri 3. Menurut Teguh, keduanya jadi yang paling laris dan merupakan tulang punggung penjualan. “Sekarang ramai sebenarnya X1, baru kali inilah kami luncurkan X1 itu gratis BBN (Bea Balik Nama). Saat BBN naik, kami bilang free BBN; dengan harga kurang lebih Rp 710 juta, kalau yang biasa pakai produk Jepang yang biasa mereka pakai itu kan ganti oli bayar. Cuma jasanya gratis. Kalau X1 5 tahun sudah free semua, tak cuma jasanya, filternya free, olinya free, sampai micro filter AC pun kami kasih,” ujar Teguh.

Tambah lagi, masih kata Teguh, pihaknya punya program Buy Back Guarantee. Jaminan pembelian kembali BMW yang dibeli di BMW Astra di seluruh Indonesia. Setiap pembelian BMW di Astra, mendapat garansi 3 tahun, perlindungan ban 3 tahun, 5 tahun servis berkala dan 5 tahun keanggotaan AstraWorld dengan bantuan jalan raya 24 jam.

Fredy Handjaja, Chief Executive BMW Astra menjelaskan, saat ini siklus penyegaran pada BMW cukup cepat. Selang 3 tahun sudah ada facelift. Dengan program yang ia tawarkan memberi ketenangan bagi konsumen, menghilangkan rasa khawatir untuk membeli dan menjual kembali mobil BMW. Bahkan dengan warna tak lazim sekalipun, tak perlu takut ada penurunan nilai jual.

“Melalui program ini, pelanggan memiliki kesempatan untuk mencoba mobil baru dengan warna suka-suka, tanpa perlu khawatir terhadap nilai jual kembali. Karena warna apapun pasti diterima oleh BMW Astra Used Car,” ujar Fredy.

Salah satu program baru dengan sistem Buy Back Guarantee, BMW Astra bekerja sama dengan BRI Finance, menawarkan 320i Sport Shadow Edition. Nantinya, setelah pemakaian setahun atau lebih, konsumen bisa menukarnya dengan 320i baru (G20) tanpa tambahan harga. Dengan begitu, pihak BMW Astra bisa menghabiskan stok lama, sedang konsumen diuntungkan dengan mendapat dua mobil dalam satu pembelian. Bahkan jadi tak perlu inden, lantaran 320i G20 masih belum jelas kapan didatangkan. (Tom/Odi)