Besaran dana yang perlu disiapkan untuk tiket mudik Lebaran

thesilent1.com – Platform perjalanan online Pegipegi memprediksi harga tiket transportasi untuk mudik Lebaran tahun ini tidak jauh berbeda dengan periode musim liburan yang sama pada 2022.

“Kami memprediksi pada tahun 2023 ini, kisaran harga tiket mudik akan mencapai level harga yang sama seperti tahun 2022 lalu. Berdasarkan data internal kami juga, biasanya harga tiket mudik akan naik lebih tinggi ketimbang periode normal,” kata Wakil Direktur Komersial dan Pemasaran Pegipegi Ryan Kartawidjaja dalam keterangan pers diterima di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan data-data tersebut, Pegipegi menyarankan masyarakat yang hendak mudik Lebaran untuk menyiapkan dana sekitar 20 sampai 70 dari harga tiket normal karena kecenderungan harga tiket transportasi naik pada musim libur Lebaran.

Ryan juga menilai antusiasme masyarakat untuk bepergian pada musim mudik Liburan tetap tinggi seperti tahun lalu karena pemerintah sudah mencabut aturan pembatasan aktivitas.

“Apalagi jika dibandingkan tahun 2020 dan 2021 lalu, di mana pemerintah juga melakukan kebijakan larangan bepergian sebagai langkah untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Saat ini, masyarakat sudah dapat melakukan perjalanan dengan tenang ke berbagai destinasi, baik domestik maupun internasional,” kata Ryan.

Secara year-on-year (YoY) harga tiket pesawat berdasarkan data internal Pegipegi menunjukkan kenaikan 43 persen pada 2022 dibandingkan 2021. Harga tiket pesawat menurut mereka 40 persen lebih mahal pada mudik Lebaran 2022 dibandingkan hari biasa.

Oleh karena itu, Pegipegi menyarankan masyarakat mengantisipasi kenaikan harga tiket pesawat sebesar 50 persen untuk mudik Lebaran tahun ini. Rata-rata harga tiket pesawat untuk rute populer adalah sebesar Rp1,3 juta pada mudik Lebaran 2022.

Sementara untuk tiket bus dan travel, Pegipegi melihat kenaikan 49 persen pada 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Dibandingkan hari normal, harga tiket saat mudik Lebaran naik sekitar 57 persen tahun lalu.

Harga tiket mudik Lebaran tahun lalu untuk bus berkisar di angka Rp250.000, bergantung pada jenis bus, fasilitas dan rute tujuan.

Rata-rata biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tiket mudik Lebaran dengan kereta api tahun 2022, menurut Pegipegi, sekitar Rp230.000. Dibandingkan hari normal, harga tiket kereta api naik sekitar 12 persen.

Harga tiket kereta juga ditentukan oleh kelas kereta dan rute tujuan.