Berlibur di Wisata Tertua Kota Malang, Taman Rekreasi Tlogomas

thesilent1.com – Alamat: Jl. Baiduri Pandan No.17, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Malang City, East Java, Kode POS 65144Google Maps: KlikDisiniHarga Tiket Masuk (HTM): Rp 30.000Jam Buka: Jumat – Rabu, 06.00 – 17.00Nomor Telepon: 0341-5800-74

Kota Malang telah menjadi tujuan wisatawan dari seluruh Indonesia. Keindahan alamnya serta objek wisatanya begitu memikat. Apalagi, suhu di Kota Malang tidak terlalu panas, sehingga nyaman untuk bermain di luar ruangan.

Saat ini, di Malang banyak berdiri kolam renang dan waterpark. Dengan banyak wahana permainan yang seru dan mengasyikkan. Kolam renang mulai kehilangan peminatnya.

Namun, masih banyak juga pengunjung yang menginginkan kolam renang sebagai olahraga dan tidak terlalu memikirkan wahana permainan, Taman Rekreasi Tlogomas Malang siap menjadi tujuan wisata.

Mengenal Taman Rekreasi Tlogomas Malang

Taman Rekreasi Tlogomas Malang sudah ada sejak tahun 1990an. Tentu bukan usia yang muda di tahun 2022 ini. Meski sudah berumur, objek wisata ini masih terawat dengan baik.

Bahkan, di sini terasa asri dan sejuk. Pengunjung dapat melihat pepohonan yang sangat rimbun dan besar, menandakan tuanya usia pohon tersebut. Di sekitar kolam pun suasananya sangat sejuk, meskipun di siang hari yang panas.

Objek wisata ini dulu menjadi primadona, karena fasilitas kolam renang yang memuaskan. Ada kolam renang anak – anak hingga orang dewasa. Inilah mengapa Taman Rekreasi Tlogomas disebut sebagai taman rekreasi wisata keluarga.

Meskipun di Jawa Timur telah banyak berdiri tempat wisata modern, Taman Rekreasi Tlogomas tetap ada di hati para penggemarnya. Ditambah lagi, Malang, Jatim, menjadi kota tujuan wisatawan saat ini. Bukan hal yang aneh jika Taman Rekreasi Tlogomas turut ramai dan tidak pernah sepi pengunjung.

Berenang di Kolam Renang Tertua Kota Malang

Di sini, terdapat kolam anak – anak dengan kedalaman 40 – 60 cm. Ada juga wahan apermainannya, berupa seluncuran mini dan ember tumpah yang siap mengeluarkan air dari dalam.

Untuk kolam dewasa, terdapat kolam renang dengan kedalaman 3,5 meter. Tetap berhati – hati meskipun sudah mahir berenang. Karena dikhawatirkan terjadi kram karena aktivitas di dalam air.

Meskipun di siang hari yang terik, kolam renang Tlogomas memiliki air yang tetap sejuk. Hal ini dikarenakan air yang digunakan untuk mengisi kolam adalah air dari sumber mata air asli. Oleh karena itu, kolam air pun tidak berbau.

Berfoto di Miniatur Unik Tlogomas Malang

Begitu memasuki kawasan wisata, pengunjung akan disambut dengan miniatur tujuh keajaiban dunia. Tidak hanya itu,a da juga miniatur candi seperti Candi Borobuddur.

Ada juga patung karakter dongeng, super hero seperti Batman dan Robin, serta patung pasejarah seperti patung tokoh pewayangan, patung Dewi Kwan In, Garuda Wisnu Kencana, patung alien, benda luar angkasa, dan tak lupa patung dinosaurus.

Ada juga patung naga yang ukurannya sangat besar. Berpose marah seolah ingin menyemburkan nafas apinya.Di tengah replika – replika ini, terdapat kolam yang dipenuhi dengna bunga teratai. Begitu indah ketika bunga ungunya menyembul ke permukaan.

Di sini pun terdapat jalan setapak, tepatnya di bagian tepi miniatur. Jalan setapak tersebut memiliki kontur naik turun menyerupai gua.

Pengunjung dapat menyiapkan peralatan foto dari rumah. Karena tentunya banyak spot foto unik yang siap menjadi objek foto.

Fasilitas di Tlogomas Park Malang

Pengunjung tidak perlu khawatir, di lokasi sudah terdapat fasilitas penunjang supaya berwisata lebih nyaman. Mulai dari fasilitas umum yang harus ada seperti mushola, toilet, dan tempat parkir.

Ada juga fasilitas gazebo yang ada di tepian danau, di bawah pohon rindang, yang mana berada di bawahnya terasa amat sejuk. Istirahat sambil menikmati kesejukan dan mengawasi putra – putri tercinta.

Pengunjung dapat menyantap bekal yang dibawa dari rumah. Jika tidak membawa bekal, di sini pun banyak warung makan dengan berbagai jualannya. Seperti soto, bakso, kacang rebus, jagung bakar, burger, brownies, dan makanan lainnya.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju ke Taman Rekreasi Tlogomas Malang sangatlah mudah. Pengunjung dapat menuju ke lokasi dengan kendaraan pribadi. Atau jika dari luar kota dan tidak membawa kendaraan pribadi, dapat menggunakan angkutan online atau sewa mobil.

Dengan naik kendaraan pribadi, pengunjung dapat menggunakan panduan dari Google Maps atau aplikasi GPS peta online lainnya. Tinggal mengetikkan lokasi tujuan dan ikuti petunjuk arahan dari Google Maps.

Jika ingin naik angkutan umum, pengunjung bisa naik angkutan umum kode AL, ADL, GL, atau LG. Angkutan umum ini akan melintasi Jalan Raya Tlogomas. Pengunjung dapat melanjutkan dengan sedikit berjalan kaki menuju Jalan Baiduri Pandan hingga ke Taman Rekreasi Tlogomas.