Baru Diluncurkan 6 Jam, Pendiri SudoRare Diduga Lakukan Rug Pull dengan Bawa Kabur 519 ETH

thesilent1.com – SudoRare, sebuah decentralized exchange untuk non-fungible token (NFT), telah offline pada hari Selasa (23/8) atau 6 jam setelah diluncurkan dengan token senilai lebih dari US$800.000 dihapus dari alamat crypto wallet platform tersebut.

Data dari PeckShield menunjukkan dana telah dikirim ke 3 crypto wallet berbeda. Salah satu crypto wallet telah diidentifikasi sebagai milik pengguna crypto exchange Kraken. PeckShield dan pihak lain berspekulasi bahwa para pendiri proyek berada di balik kehancuran SudoRare.

Pasalnya, karena mereka adalah satu-satunya orang yang mungkin memiliki akses ke liquidity pool atau kumpulan likuiditas proyek itu. Kemudian, peretasan terjadi tidak lama setelah proyek ini diluncurkan. Selain itu, mereka adalah tim anonim dan menghapus semua akun media sosial dan situs web terkait beberapa saat setelah kejadian.

Dengan demikian, hal ini kemungkinan terjadi adalah praktik yang disebut sebagai rug pull, yakni suatu peristiwa ketika para pendiri proyek mengambil semua dana yang mereka dapat dari proyek mereka sendiri dan lantas meninggalkannya.

Menguras 519 ETH

Aksi rug pull di SudoRare ini menguras Ether (ETH), LooksRare (LOOKS), dan USD Coin (USDC), dari platform NFT exchange tersebut. Token LOOKS dan USDC telah ditukar dengan ETH di Uniswap. Secara total, rug pull ini menyedot 519 ETH atau US$815.000 (Rp12,11 miliar) dari platform tersebut.

Rug pull ini datang hampir 6 jam setelah peluncuran platform NFT itu. Akun media sosial dan situs web platform juga telah offline, termasuk halaman blog Medium mereka.

SudoRare seharusnya merupakan gabungan dari SudoSwap dan LooksRare. Keduanya adalah NFT marketplace. SudoSwap berfungsi sebagai decentralized exchange untuk perdagangan NFT yang memungkinkan pembuatan liquidity pool untuk NFT.

Sementara LooksRare lebih merupakan NFT marketplace konvensional seperti OpenSea, tetapi memiliki native token yang disebut LOOKS yang digunakan untuk memberi penghargaan kepada para pengguna yang membeli atau menjual NFT mereka di platform tersebut.

Sudah Diperingatkan bahwa Proyek SudoRare Mencurigakan

Beberapa pihak dari komunitas kripto di Twitter telah memperingatkan agar tidak berinvestasi dalam proyek SudoRare dalam sepekan terakhir. Karena, proyek ini mungkin merupakan penipuan. Hal ini didasarkan pada tokenomics mereka, kehadiran pengikut online palsu, dan hasil tinggi yang ditawarkan kepada pengguna ritel.

Akun Twitter @yieldintern pada 15 Agustus lalu mengatakan, “Tunggu, apakah SudoRare itu sah? Sepertinya memalsukan Medium dan akun Twitter baru?”

“SudoRare mungkin scam, jadi saya menghapus tweet saya sebelumnya,” jelas akun Twitter @wabdoteth pada 17 Agustus kemarin.

Pada hari yang sama, Akun Twitter @Brentsketit menulis, “Terus mendapatkan DM tentang SudoRare. Saya cukup yakin ini adalah scam. Mereka akan mencuri kripto Anda.

Akun Twitter @2shabby menjadi salah satu pihak yang mempromosikan tentang proyek SudoRare. Pada akhir rangkaian cuitan yang dibuat, dia memperingatkan, “Tim SudoRare sepenuhnya anonim dan [identitasnya] tidak akan pernah diungkapkan. Saya tidak tahu siapa mereka dan apakah niat mereka baik atau tidak. Lakukan penelitian Anda sendiri dan buat keputusan Anda sendiri yang bertanggung jawab!”

Dalam laporan Chainalysis yang terbit pada 16 Agustus lalu, total pendapatan dari penipuan kripto pada 2022 sejauh ini mencapai US$1,6 miliar atau turun 65% dibandingkan pada akhir Juli 2021. Hal ini diperkirakan karena penurunan harga kripto dan keluarnya para pengguna kripto yang tidak berpengalaman dari market ini.

Namun, kondisinya berbalik dalam hal peretasan. kripto senilai US$1,9 miliar telah dicuri dalam berbagai aksi peretasan hingga Juli 2022. Angka ini meningkat dibandingkan dengan momentum yang sama pada tahun 2021 yang hanya di bawah US$1,2 miliar.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik kemungkinan rug pull di SudoRare ini? Sampaikan pendapat Anda kepada kami. Jangan lupa follow akun Instagram Be[In]Crypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!