Bank Sentral Spanyol Siap Uji Coba Euro Digital lewat Monei

thesilent1.com – Rencana bank sentral Eropa alias Europe Central Bank (ECB) untuk menggenjot peluncuran mata uang kawasan secara digital, euro digital langsung disambut positif oleh Spanyol. Pemerintah setempat, melalui Bank Sentral Spanyol, menyatakan siap untuk melakukan uji coba euro digital lewat salah satu perusahaan finansial berbasis teknologi (fintech), yaitu Monei.

Salah satu regulator keuangan di Negeri Matador itu juga sudah memberikan izin untuk Monei untuk melakukan penerbitan mata uang digital. Proses yang masuk dalam kerangka sandbox itu sudah dimulai sejak kemarin (18/1), dan digadang-gadang bakal menjadi cikal bakal dari euro digital yang masih dalam tahap desain oleh Bank Sentral Eropa.

Founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Monei, Alex Saiz Verdaguer, mengatakan mata uang digital yang akan dikeluarkan oleh Monei berbeda dengan central bank digital currency (CBDC) yang akan dirilis oleh ECB.

Pasalnya, dalam skema mata uang digital besutan ECB, euro digital akan secara resmi diakui sebagai mata uang kawasan, karena penerbitnya merupakan bank sentral. Sedangkan, konsep euro digital yang diusung oleh Monei lebih mirip dengan model stablecoin, karena mata uang digital tersebut menjaga keseimbangan pasokan antara jumlah euro digital dengan euro yang mendukungnya.

“Mereka (euro digital Monei) adalah proyek yang berbeda, namun sangat mungkin akan terdapat konvergensi di sepanjang jalan. Kami telah menjadi yang pertama di Eropa yang menjalankan proyek besar tersebut dan Bank Spanyol telah memutuskan bahwa terdapat entitas swasta yang akan memimpin proyek itu,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan dalam masa uji coba, euro digital milik Monei hanya akan digunakan oleh sekelompok orang. Proses yang berjalan juga tertutup. Artinya, tidak semua warga Spanyol akan berkesempatan melakukan uji coba.

Selain itu, dalam prosesnya, pengguna harus memasukkan nomor telepon untuk kemudian dilakukan verifikasi identitas lewat video. Kemudian, calon pengguna harus mengisi dompet virtual dengan euro asli melalui Bizum, yang merupakan sebuah aplikasi pembayaran seluler.

Monei Sediakan Solusi Pembayaran melalui Token Digital

Sumber yang berasal dari Bank Sentral Spanyol menambahkan bahwa proyek yang sedang dikerjakan Monei mampu memberikan solusi menggunakan teknologi blockchain untuk melakukan pembayaran lewat token digital yang stabil terhadap euro.

Dia juga menepis bahwa proyek Monei berhubungan dengan euro digital. Karena menurutnya, proyek yang baru saja berjalan itu bukan juga bagian dari percontohan euro digital atau menjadi prototipe dalam implementasi euro digital.

“Mata uang yang mereka keluarkan tidak bisa disebut sebagai euro digital dan hasil tes yang didapatkan juga tidak berdampak apapun terhadap pengembangan euro digital yang dipelajari oleh sistem euro,” tambah sumber Bank Sentral Spanyol itu.

Dalam mekanisme mata uang digital milik Monei, bank sentral akan menganalisis rincian proyek, termasuk di antaranya siapa saja yang akan menjadi peserta, tenggat waktu pengujian, dan juga jaminan yang disajikan.

Transaksi Tunai di Eropa Terus Turun

Mulai digenjotnya berbagai inisiatif untuk pengembangan mata uang digital di wilayah Eropa disandarkan pada terus turunnya transaksi tunai masyarakat di kawasan. Survei yang digelar ECB menyebutkan bahwa 55% konsumen yang ada di zona euro memilih pembayaran non tunai lainnya saat ada di toko. Sementara itu, 22% lainnya menggunakan uang tunai.

Meski demikian, mayoritas konsumen tetap menganggap bahwa memiliki uang tunai sebagai pilihan pembayaran tetap penting. Hal itu dkarenakan sifat anonimitas dan perlindungan privasi dari uang tunai yang masih sangat dibutuhkan. Selain itu, banyak orang juga masih mempersepsikan bahwa uang tunai bisa lebih mudah di kontrol pengeluarannya oleh masing-masing individu. Oleh karena itulah, mata uang digital yang akan dirilis oleh ECB juga akan bertindak layaknya uang tunai. Kehadirannya tidak akan menggantikan bentuk uang fisik yang sudah hadir sebelumnya.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.